Panduan Lengkap Memulai Bisnis Daur Ulang Plastik

Panduan Lengkap Memulai Bisnis Daur Ulang Plastik

Jika Anda berkomitmen untuk membantu lingkungan dan ingin menghasilkan uang ekstra dalam prosesnya, bisnis daur ulang plastik bisa menjadi opsi yang tepat untuk Anda. Banyak opsi tersedia yang bisa Anda pilih dalam menjalankan bisnis daur ulang plastik, mulai dari mengumpulkan plastik dan mengalihdayakan pemrosesan ke perusahaan lain, atau membeli peralatan pemrosesan dan melakukan pemrosesan sendiri.

Namun sebelum memulai, Anda harus memiliki pemahaman akan pasar dan persyaratan-persyaratan lokal yang harus dipenuhi. Hal itu penting guna membantu Anda dalam menentukan apakah terdapat permintaan plastik daur ulang di daerah Anda dan untuk menjalankan bisnis Anda sesuai dengan peraturan setempat.

Pada artikel ini, kami akan menghadirkan panduan lengkap langkah demi langkah tentang bagaimana memulai bisnis daur ulang plastik dengan investasi yang rendah biaya.

Rencana Bisnis Daur Ulang Plastik

Sebagaimana telah kita ketahui, setiap bisnis pasti membutuhkan strategi yang jelas dan terarah. Maka hal pertama yang harus dilakukan dalam memulai bisnis daur ulang sampah plastik adalah membuat rencana bisnis. Berikut beberapa komponen yang perlu diperhatikan sebelum memulai bisnis daur ulang plastik:

  • Apa ketentuan persyaratan untuk usaha daur ulang sampah plastik dari dinas terkait
  • Total investasi yang dibutuhkan untuk mendirikan pabrik daur ulang
  • Kebutuhan tanah atau pabrik 
  • Persyaratan utilitas dan mesin
  • Pengumpulan sampah plastik 
  • Jenis sampah plastik apa yang akan Anda daur ulang
  • Pasar dari produk hasil daur ulang Anda 
  • Margin keuntungan dalam daur ulang plastik
  • Return of Investment

Kesembilan poin di atas cukup merangkum keseluruhan strategi pembukaan pabrik daur ulang sampah plastik. Penting bagi Anda untuk menganalisis poin-poin ini terlebih dahulu dan mencari tahu kelayakan dari rencana yang telah diatur.

Keperluan untuk Membuka Pabrik Daur Ulang Sampah Plastik

  1. Hal mendasar pertama yang Anda perlukan untuk membuka pabrik daur ulang adalah tempat yang layak. Setidaknya harus ada area yang cukup luas untuk menyimpan semua limbah, produk dari limbah, juga peralatan produksi.

  2. Keperluan penting berikutnya adalah ketersediaan mesin yang akan digunakan untuk mendaur ulang sampah plastik Anda.

  3. Terakhir, pastinya Anda juga membutuhkan sampah plastik yang nantinya akan didaur ulang. Untuk ini, Anda bisa membuat jaringan pemasok sampah plastik yang bisa mensuplai jumlah sampah plastik yang dibutuhkan.

Persyaratan lainnya antara lain ketersediaan daya listrik yang memadai, generator untuk keadaan darurat, surat-surat dan izin untuk memulai bisnis daur ulang dari dinas atau otoritas terkait, staf teknis yang dapat memandu cara mendaur ulang plastik, beberapa tenaga kerja, wadah untuk menyimpan plastik daur ulang, produk, dan lainnya.

Kebutuhan Lahan dan Pabrik

Kebutuhan lahan akan bergantung pada skala pabrik yang akan Anda operasikan. Jika daur ulang yang dijalankan berskala kecil, maka ruangan seluas sekitar 15 meter persegi saja sudah cukup. Tetapi jika Anda ingin menjalankan daur ulang dengan skala besar, maka setidaknya diperlukan lahan sekitar 60 hingga 150 meter persegi yang akan digunakan sebagai lokasi proses daur ulang.

Anda juga harus memiliki ruang yang bersih dan tertutup untuk menyimpan mesin daur ulang Anda. Semua ruangan tertutup tersebut harus berventilasi untuk menjaga sirkulasi udara. Dibutuhkan juga tempat luas yang dikhususkan untuk menaruh sampah plastik, dan ruang bersih untuk menyimpan produk daur ulang.

Keperluan Operasional

Setelah mendapatkan lahan pabrik, maka hal yang perlu Anda perhatikan selanjutnya adalah kelengkapan keperluan operasional untuk menjalankan pabrik Anda. Hal terpenting yang Anda butuhkan adalah sambungan listrik yang baik. Pastikan lokasi yang dipilih memungkinkan Anda untuk mengambil daya listrik yang diperlukan berdasarkan kebutuhan daya Anda.

Penting juga bagi Anda untuk memikirkan akses ketersediaan air. Untuk kasus darurat, Anda juga harus menyimpan generator. Keperluan operasional lainnya yang juga butuh dilengkapi antara lain suku cadang mesin daur ulang, perkakas, kompresor, dan lain-lain.

Mesin Pengolah Sampah Plastik

Mesin thinktank sedang berproses yang umum digunakan dalam bisnis daur ulang plastik Mesin thinktank sedang berproses yang umum digunakan dalam bisnis daur ulang plastik

Tentunya Anda perlu membeli mesin yang diperlukan untuk mendaur ulang sampah plastik. Setiap langkah pendaurulangan plastik biasanya membutuhkan mesin pengolahan yang berbeda, namun hal ini akan bergantung pada metode daur ulang yang Anda gunakan.

Pemilihan mesin juga bergantung pada jenis plastik yang digunakan, dan pada skala produksi yang dijalankan. Jika daur ulang dilakukan dengan skala besar, maka sebaiknya Anda memilih mesin yang dapat mengolah bahan baku Anda dengan lebih cepat.

Mengingat banyaknya faktor yang harus dipertimbangkan dalam memilih mesin pengolahan, maka baiknya Anda berkonsultasi terlebih dulu dengan staf teknis Anda untuk menentukan mesin yang cocok untuk model produksi Anda.

Proses yang terlibat dalam daur ulang sampah plastik

Berikut tahapan dari proses daur ulang plastik mulai dari awal sampai menjadi produk akhir:

  1. Pengumpulan sampah plastik
  2. Pemilahan dan pemisahan sampah plastik seperti PVC, ABS, LD, dll
  3. Penggilingan
  4. Memasok bahan baku plastik ini ke unit daur ulang
  5. Memulai proses daur ulang
  6. Kompresi dan pelelehan bahan baku setelah proses penggilingan
  7. Pembentukan pelet (biji plastik)
  8. Pembuatan produk baru seperti kursi, meja, botol, dll.

Cara mengumpulkan sampah plastik untuk didaur ulang

Cara yang paling mudah untuk mengumpulkan sampah plastik adalah bekerjasama dengan pemulung dan pengepul sampah plastik. Buatlah jaringan dengan mereka sehingga mereka dapat menyediakan sampah plastik dalam jumlah yang Anda butuhkan. Jika dimungkinkan, pastikan juga pemasok Anda menggunakan kompresor limbah plastik untuk mengurangi biaya transportasi Anda.

Jenis plastik apa yang akan Anda daur ulang?

Tentukan jenis sampah plastik yang akan Anda daur ulang. Cobalah untuk memulai dengan pabrik daur ulang skala kecil yang mendaur ulang botol plastik, polybag, wadah plastik kecil, dan sejenisnya. Kedepannya, Anda dapat juga menambahkan pipa PVC, plastik lembaran, tangki plastik, sebagai bahan daur ulang.

Hal ini dikarenakan jenis plastik yang berbeda membutuhkan metode dan mesin pengolahan yang berbeda pula. Beberapa jenis plastik dapat didaur ulang dengan metode dan mesin yang sederhana, sementara jenis plastik lainnya membutuhkan metode dan mesin yang lebih kompleks.

Demikianlah panduan lengkap dalam memulai bisnis daur ulang plastik. Anda tidak perlu ragu untuk memulai bisnis daur ulang plastik karena memiliki masa depan yang aman dan cerah yang didukung oleh pemerintah.

Temukan solusi tepat lainnya untuk memenuhi kebutuhan produk plastik Anda hanya di Tokoplas.

© 2020 Tokoplas. All rights reserved