Plastik PET: pengertian, struktur, dan kegunaannya

Plastik PET: pengertian, struktur, dan kegunaannya

Di antara sekian banyak macam plastik, polietilena tereftalat (PET) adalah salah satu plastik yang memegang peran penting dalam kehidupan kita sehari-hari.

Plastik polietilena tereftalat (PET) sangat lazim digunakan sebagai bahan dasar produk-produk komersial dengan beragam pengaplikasian. Termasuk kemasan pangan dan nonpangan, kain, plastik lembaran, komponen kendaraan, alat elektronik, dan masih banyak lagi.

Mengingat ragam kegunaannya yang sangat luas, mari kita mengenal lebih dalam mengenai plastik polietilena tereftalat (PET) untuk mengetahui mengapa plastik yang satu ini cocok digunakan untuk kebutuhan Anda.

Apa itu plastik PET?

Polietilena tereftalat (PET) adalah polimer termoplastik serbaguna yang termasuk dalam kelompok polimer poliester. Resin poliester sendiri dikenal dengan beberapa sifat unggulnya dalam segi mekanis, termal, dan juga resisten terhadap zat kimia.

Jika Anda menemukan kemasan atau produk plastik dengan simbol daur ulang angka 1, maka artinya produk plastik tersebut terbuat dari bahan plastik polietilena tereftalat (PET).

Plastik PET merupakan termoplastik yang paling banyak didaur ulang jika dibandingkan dengan plastik lainnya. Plastik PET daur ulang bisa dibentuk menjadi fiber, kain, lembaran plastik, atau komponen kendaraan.

Secara struktur kimiawi, polietilena tereftalat (PET) memiliki kemiripan dengan plastik polibutilena tereftalat (PBT). PET pada umumnya memiliki karakter yang sangat fleksibel dan tembus pandang. Bergantung pada proses pembuatannya, plastik PET bisa dibuat menjadi produk dengan sifat kaku maupun semi-kaku.

Karakteristik dan Kelebihan dari Plastik PET

  • Lebih keras dan kaku dari PBT
  • Sangat keras dan ringan sehingga mudah dan efisien untuk dijadikan kemasan
  • Dikenal memiliki resistensi yang cukup baik terhadap udara (oksigen dan karbondioksida) serta kelembapan
  • Menunjukan sifat isolasi listrik yang sangat baik
  • PET memiliki rentang suhu penggunaan yang luas, dari -60 sampai 130 derajat celcius
  • PET cocok untuk diaplikasikan pada produk yang transparan
  • PET tidak mudah patah dan pecah sehingga cocok digunakan sebagai pengganti kaca pada beberapa pengaplikasian atau kebutuhan
  • PET mudah didaur ulang
  • PET aman digunakan untuk kemasan pangan

Kekurangan dari Plastik PET

  • Tidak tahan bentur jika dibandingkan dengan PBT
  • Lebih sulit dibentuk jika dibandingkan dengan PBT
  • Dapat berubah bentuk jika bersentuhan dengan air mendidih

Pengaplikasian Plastik PET

Polietilena tereftalat (PET) digunakan dalam berbagai macam pengaplikasian antara lain:

  • Botol air mineral dan soda, karena sifatnya yang tahan air dan tahan kelembapan
  • Plester atau perekat, karena memiliki tingkat kekuatan yang cukup tinggi
  • Kemasan makanan, karena sifatnya yang cukup kedap udara dan tahan terhadap zat kimia

PET juga sering digunakan dalam industri tekstil. Kain poliester PET memiliki beberapa keunggulan antara lain seperti: kuat, fleksibel, dan tidak mudah kusut dan mengkerut seperti kain kapas.

Selain industri tekstil, plastik PET juga dapat diaplikasikan ke dalam industri otomotif, yang dapat diolah menjadi: tangkai wiper, headlamp retainer, dan cover mesin.

Daur Ulang Plastik PET

Botol - botol plastik pet yang sudah tidak terpakai dikumpulkan dalam kotak untuk didaur ulangBotol - botol plastik pet yang sudah tidak terpakai dikumpulkan dalam kotak untuk didaur ulang

Produk yang terbuat dari plastik polietilena tereftalat sepenuhnya bisa didaur ulang. Plastik PET memiliki tingkat koefisien difusi yang cenderung rendah jika dibandingkan dengan material plastik lain.

Hal itu membuat plastik PET menjadi material yang cocok untuk didaur ulang. Atas alasan tersebut pula, plastik PET menjadi plastik yang paling banyak didaur ulang di dunia.

Produk atau kemasan plastik PET yang telah digunakan, akan dikumpulkan dan diproses melalui tahap pencucian khusus atau penanganan kimiawi lainnya. Proses tersebut ditujukan untuk mengurai PET menjadi bahan mentah yang selanjutnya guna diolah kembali menjadi plastik PET daur ulang dalam bentuk serpihan.

Serpihan plastik PET daur ulang tersebut kemudian diproses kembali menjadi berbagai macam produk antara lain:

  • Fiber untuk pembuatan karpet, fleece jacket, dan tote bags
  • Kontainer untuk produk pangan maupun non-pangan
  • Plastik gulungan dan lembaran

Begitulah sedikit penjelasan mengenai karakteristik plastik PET dan berbagai macam penggunaannya. Jika Anda membutuhkan informasi mengenai plastik lainnya, atau sedang membutuhkan material plastik bermutu dengan harga bersaing, Tokoplas bisa menjadi solusi Anda.

© 2020 Tokoplas. All rights reserved