SYARAT DAN KETENTUAN PEMBIAYAAN

Syarat dan Ketentuan Pembiayaan (“Ketentuan Financing”) yang ditetapkan oleh PT. Tokoplas Ecommerce Indonesia (“Kami”) merupakan bagian dari dan merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dengan Syarat dan Ketentuan yang terdapat dalam Aplikasi maupun Situs Internet kami.

Ketentuan Pembiayaan ini diperuntukkan dan berlaku bagi Pembeli (“Pemohon Kredit”) yang menggunakan Kredit Perusahaan dan menggunakan pembayaran dengan metode kredit (“Kredit Perusahaan”) yang Kami sediakan pada situs internet Kami dengan alamat www.tokoplas.com (“Situs”). Dengan mengakses dan menggunakan metode pembayaran Kredit Perusahaan maka Pemohon Kredit dianggap telah mengetahui, membaca, sepakat, setuju dan oleh karenanya tunduk sepenuhnya dan mengikatkan diri dengan sukarela pada Ketentuan Pembiayaan ini.

  1. Ketentuan Umum

  1. Kami akan menjadi perantara antara Bank dan/atau Perusahaan peer to peer lending/P2P yang terafiliasi dengan Kami (“Lembaga Keuangan”) dengan Pemohon Kredit yang ingin mendapatkan kredit, dengan cara membantu mengumpulkan data awal dan dokumen yang diperlukan oleh Lembaga Keuangan, serta menyerahkan data dan dokumen yang diperlukan tersebut kepada Lembaga Keuangan yang menjadi mitra pembiayaan Kami.

  2. Beberapa definisi dari istilah yang dipakai dalam Ketentuan Financing ini mengandung arti sebagai berikut:

    1. Ketentuan Financing adalah perjanjian antara Pemohon Kredit dengan Kami, yang berisikan seperangkat aturan yang mengatur hak, kewajiban, dan tanggung jawab Pemohon Kredit dengan Kami

    2. Peer to Peer Lending (P2P) adalah penyelenggara layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi yang terdaftar, tunduk, dan diatur oleh Peraturan Otoritas Jasa Keuangan nomor 77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi yang kegiatannya dalam bidang keuangan adalah mempertemukan pemberi pinjaman dengan penerima pinjaman dalam rangka melakukan perjanjian pinjam meminjam dalam mata uang rupiah secara langsung melalui sistem elektronik dengan menggunakan jaringan internet.

    3. Kredit adalah cara menjual barang dengan metode pembayaran yang dilakukan secara tidak tunai yaitu pembayaran ditangguhkan

    4. Kredit Perusahaan adalah fasilitas pinjaman yang didapatkan oleh Pemohon Kredit dari Lembaga Keuangan yang dapat digunakan untuk bertransaksi di Tokoplas.

    5. Interview adalah wawancara yang dilakukan oleh Kami kepada Pemohon Kredit untuk keperluan verifikasi atas data-data yang diberikan Pemohon Kredit kepada Kami.

    6. Site Visit adalah kunjungan yang dilakukan oleh Kami dan/atau Lembaga Keuangan untuk melakukan pengecekan langsung terhadap seluruh data dan/atau dokumen yang diberikan oleh Pemohon Kredit kepada Kami.

    7. Daily Available Credit adalah Kredit yang tersedia setiap hari yang dapat yang dapat digunakan oleh Pemohon Kredit untuk melakukan pembelian di Tokoplas dengan cara pembayaran melalui Kredit Perusahaan.

    8. Limit Kredit adalah jumlah maksimal kredit yang diberikan oleh Lembaga Keuangan yang dapat digunakan oleh Pemohon Kredit untuk melakukan pembelian di Situs Kami.

    9. Kredit Terpakai adalah Kredit yang telah digunakan oleh Pemohon Kredit untuk melakukan pembelian di Tokoplas dan belum dibayarkan kembali ke Lembaga Keuangan (sehingga mengurangi Limit Kredit).

    10. Informasi Pembayaran Kembali adalah informasi yang diberikan oleh Lembaga Keuangan atas Kredit Terpakai yang sudah dibayarkan kembali oleh Pemohon Kredit/Pembeli.

    11. Hari Kerja adalah hari-hari dimana bank-bank di Indonesia beroperasi untuk melaksanakan kegiatan kliring.

 

  1. Hak dan Kewajiban Pemohon Kredit

  1. Sebelum menggunakan Kredit Perusahaan, Pemohon Kredit wajib terlebih dahulu mendaftarkan diri pada Aplikasi Kami dengan memberikan informasi yang dibutuhkan oleh Kami, agar dapat mengajukan Permohonan Kredit.

  2. Saat melakukan interview dan/atau site visit, Pemohon Kredit wajib untuk memberikan data dan/atau dokumen pribadi, data pasangan (apabila Pemohon Kredit menggunakan nama individual), data perusahaan, data pemegang saham perusahaan, data keuangan (rekening bank serta laporan keuangan) serta dokumen jaminan lainnya (apabila diperlukan).

  3. Pemohon Kredit wajib mengizinkan dan/atau memberikan kuasa kepada Kami untuk dapat memberikan seluruh data dan/atau dokumen tersebut kepada Lembaga Keuangan.

  4. Setelah Pemohon Kredit setuju dengan Limit Kredit yang diberikan oleh Lembaga Keuangan pemberi kredit dan menyetujui semua syarat dan ketentuan yang diberikan oleh Lembaga Keuangan pemberi kredit maka Pemohon Kredit wajib melakukan penandatanganan perjanjian kredit dengan Lembaga Keuangan yang memberikan kredit.

  5. Pemohon kredit wajib mengizinkan dan/atau memberikan kuasa kepada Kami untuk dapat memberikan seluruh data dan/atau dokumen terkait transaksi pembelian di Tokoplas kepada Lembaga Keuangan yang memberikan kredit, sehingga pencairan kredit untuk pembayaran transaksi pembelian di Tokoplas dapat diproses lebih lanjut.

  6. Pemohon Kredit berupa perusahaan wajib memastikan bahwa pembayaran dengan metode Kredit Perusahaan yang dilakukan di Situs Kami dilakukan oleh pihak yang berwenang sesuai akta perusahaannya.

  7. Pemohon Kredit wajib mengizinkan Lembaga Keuangan untuk memberikan data pinjaman kepada Kami, yaitu mencakup total Limit Kredit yang disetujui, Daily Available Credit, Kredit Terpakai, Informasi Pembayaran Kembali, serta wanprestasi

  8. Pemohon Kredit wajib menerima Site Visit atau permintaan Interview dari Lembaga Keuangan.

  9. Pemohon Kredit berhak memperoleh Limit Kredit paling banyak melalui 5 (lima) Lembaga Keuangan yang berbeda.

  10. Pemohon Kredit berhak mendapatkan informasi yang jelas dan lengkap mengenai proses pengajuan kredit yang diajukan oleh Pemohon Kredit.

 

  1. Hak dan Kewajiban Kami

  1. Kami berhak untuk mengumpulkan data dan/atau dokumen awal yang diperlukan dari Pemohon Kredit yang mengajukan permohonan untuk mendapatkan kredit, dan menyerahkan data dan/atau dokumen tersebut kepada Lembaga Keuangan.

  2. Kami berhak untuk melakukan Interview dan/atau Site Visit ke lokasi usaha Pemohon Kredit yang mengajukan kredit, untuk keperluan verifikasi usaha Pemohon Kredit.

  3. Kami berhak, atas pemberitahuan dari Lembaga Keuangan, melakukan penolakan pembelian yang menggunakan kredit, apabila Lembaga Keuangan yang bersangkutan memberitahukan kepada pihak Kami bahwa Pemohon Kredit terbukti melakukan wanprestasi, sehingga Limit Kredit Pemohon Kredit dibekukan dan Pemohon Kredit sama sekali tidak bisa melakukan transaksi di Situs Kami, sampai Pemohon Kredit melakukan pembayaran kepada Lembaga Keuangan yang bersangkutan.

  4. Kami berhak menolak untuk memproses lebih lanjut transaksi yang dilakukan oleh Pemohon Kredit di Situs Kami, apabila kami menerima pemberitahuan dari Lembaga Keuangan yang bersangkutan bahwa permohonan pencairan kredit milik Pemohon Kredit untuk melakukan transaksi di Tokoplas ditolak.

  5. Kami wajib memberikan informasi yang jelas dan lengkap kepada Pemohon Kredit mengenai keputusan dari Lembaga Keuangan yang bersangkutan terkait dengan permohonan yang diajukan oleh Pemohon Kredit.

 

  1. Proses Pengajuan Permohonan Kredit

  1. Setelah dilakukan Interview dan/atau Site Visit, maka perwakilan Kami akan menghubungi Pemohon Kredit untuk memintakan data dan/atau dokumen tambahan yang diperlukan. Setelah data dan/atau dokumen tersebut lengkap, maka dalam jangka waktu 2 (dua) Hari Kerja setelah penerimaan data dan/atau dokumen tersebut, seluruh data dan/atau dokumen yang diperlukan akan dikirimkan kepada Lembaga Keuangan yang bersangkutan untuk diproses lebih lanjut. Keputusan diterima atau ditolaknya permohonan pengajuan Kredit Perusahaan memerlukan waktu kurang lebih antara 5 (lima) Hari Kerja sampai dengan 30 (tiga puluh) Hari Kerja, tergantung dari kebijakan Lembaga Keuangan yang bersangkutan.

  2. Selama proses pengajuan permohonan kredit berlangsung, Pemohon Kredit tidak diperkenankan untuk memberikan tips/hadiah/hal serupa kepada pihak Kami dalam rangka memperlancar proses pengajuan kredit.

 

  1. Pembatasan Tanggung Jawab Kami

  1. Seluruh keputusan yang berkaitan dengan diterima atau ditolaknya pengajuan Kredit Perusahaan oleh Pemohon Kredit adalah kewenangan mutlak dari Lembaga Keuangan yang bersangkutan,

  2. Seluruh keputusan yang berkaitan dengan diterima atau ditolaknya permohonan penarikan atau pencairan pinjaman yang dilakukan setelah adanya Limit Kredit oleh Pemohon Kredit, adalah sepenuhnya wewenang dari Lembaga Keuangan yang bersangkutan

  3. Dengan menyerahkan data dan/atau dokumen yang diperlukan kepada Kami, tidak berarti bahwa Limit Kredit yang diminta oleh Pemohon Kredit secara langsung telah disetujui. Perjanjian Kredit antara Pemohon Kredit dan Lembaga Keuangan ditangani oleh Pemohon Kredit dan Lembaga Keuangan yang bersangkutan tanpa melibatkan Kami

 

  1. Keadaan Kahar (Force Majeure)

Keadaan kahar (Force Majeure) adalah suatu keadaan atau peristiwa yang tidak dapat dihindari atau diatasi dengan upaya-upaya yang sungguh-sungguh yang lazim dilakukan oleh manusia, atau kejadian yang terjadi karena diluar kehendak, kemampuan dan/atau kekuasaan manusia, yaitu antara lain meliputi bencana alam seperti gempa bumi, taufan, petir, banjir atau hujan terus menerus, wabah penyakit, perang, peledakan, huru-hara yang secara nyata-nyata berpengaruh terhadap pelaksanaan kewajiban masing-masing Pihak berdasarkan Ketentuan Financing ini.

 

Setiap kegagalan masing-masing pihak untuk melaksanakan kewajibannya berdasarkan perjanjian ini, tidak akan dianggap sebagai pelanggaran perjanjian atau wanprestasi ataupun kejadian kelalaian, jika kegagalan tersebut disebabkan secara langsung oleh Force Majeure dan dapat dibuktikan dengan adanya pernyataan dari institusi Kepolisian setempat yang mengkonfirmasi bahwa peristiwa tersebut adalah Force Majeure, serta apabila pihak yang bersangkutan telah melakukan semua langkah-langkah pengamanan yang sesuai, telah betul-betul menjaga dan mengambil langkah-langkah pilihan yang wajar dengan tujuan untuk menghindarkan kegagalan tersebut dan untuk melaksanakan tanggung jawabnya berdasarkan Ketentuan Financing ini.

 

  1. Penutup dan lain-lain

Perjanjian ini tunduk, diatur dan ditafsirkan sesuai dengan Hukum Republik Indonesia.

 

Terakhir diperbarui tanggal 5 Maret 2020.

© 2020 Tokoplas. All rights reserved