Syarat & Ketentuan

 

Syarat dan ketentuan (“Ketentuan Pengguna”) yang ditetapkan oleh PT. Tokoplas E-commerce Indonesia (“Kami”) merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dengan aplikasi ponsel pintar Tokoplas (“Aplikasi”) dan situs internet Kami dengan alamat www.tokoplas.com (“Situs”). Dengan mengakses, mengunduh, menggunakan, dan mendaftarkan diri pada Situs dan/atau Aplikasi Kami, maka Pengguna (“Anda”) dianggap telah mengetahui, membaca, sepakat dan oleh karenanya tunduk sepenuhnya dan mengikatkan diri dengan sukarela pada syarat dan ketentuan yang telah dibuat oleh Kami.

  1. Definisi

    1. Kami adalah suatu perseroan terbatas yang menjalankan kegiatan usaha perdagangan resin (untuk selanjutnya disebut “barang”) secara daring,yakni melalui Situs dan/atau Aplikasi Kami, termasuk tapi tidak terbatas pada mempertemukan pihak pembeli dengan penjual, mempromosikan serta mengupayakan terjadinya transaksi jual beli antara pihak pembeli dengan penjual.
    2. Ketentuan Pengguna adalah perjanjian antara Anda dan Kami yang berisikan seperangkat peraturan yang mengatur hak, kewajiban, dan tanggung jawab Anda dan Kami, serta tata cara penggunaan sistem layanan K
    3. Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan Kami, baik individu dan/atau badan hukum, yang meliputi pembeli dan penjual yang terdaftar pada Situs dan/atau Aplikasi Kami.
    4. Pembeli adalah Anda yang terdaftar pada Situs dan/atau Aplikasi Kami serta melakukan pembelian atas barang yang dijual oleh penjual di Situs dan/atau Aplikasi Kami.
    5. Penjual adalah Anda yang terdaftar pada Situs dan/atau Aplikasi Kami yang melakukan tindakan menjual atau melakukan penawaran atas barang kepada para pembeli pada Situs dan/atau Aplikasi Kami. Perjanjian kemitraan antara Penjual dengan Kami baik yang bersifat elektronik  maupun non-elektronik merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dengan Ketentuan Pengguna ini.
    6. Perjanjian non-elektronik adalah perjanjian yang ditandatangani dengan atau tanpa stempel langsung oleh para pihak dengan menggunakan tinta basah baik yang bersifat notarial maupun perjanjian bawah tangan sesuai dengan hukum kebiasaan dan perdata yang berlaku.
    7. Perangkat adalah peralatan elektronik yang digunakan oleh Pengguna untuk menggunakan atau menikmati layanan Kami melalui Situs dan/atau Aplikasi Kami.
    8. Payment Gatewayadalah media transaksi yang disediakan oleh layanan Situs dan/atau Aplikasi Kami untuk pembayaran langsung oleh Pembeli kepada Penjual melalui Kami dalam aktivitas bisnis yang dilakukan secara elektronik atau daring.
    9. Invoice adalah dokumen tagihan yang diberikan oleh Penjual kepada Pembeli, baik dalam bentuk elektronik maupun non-elektronik, yang setidaknya memuat keterangan mengenai nama, jumlah, jenis, harga, nilai total dari pembelian barang, dan biaya pengiriman barang (apabila ada) serta batas waktu untuk melakukan pembayaran.
    10. Hari Kerja adalah hari-hari dimana bank-bank di Indonesia beroperasi untuk melaksanakan kegiatan kliring.
    11. Hari Kalender adalah semua hari yang terdapat dalam penanggalan kalender Indonesia termasuk hari libur dan Hari Kerja.
    12. Kredit Perusahaan adalah fasilitas pinjaman yang didapatkan oleh Pembeli selaku Pemohon Kredit dari Lembaga Pembiayaan (bank dan/atau peer to peer lending/P2P) yang dapat digunakan untuk bertransaksi pada Situs dan/atau Aplikasi Kami.
    13. Syarat dan Ketentuan Pembiayaan adalah perjanjian antara Pemohon Kredit dengan Kami, yang berisikan seperangkat aturan yang mengatur hak, kewajiban, dan tanggung jawab Pemohon Kredit dengan kami.
    14. Lembaga Pembiayaan adalah Bank serta lembaga yang memberikan fasilitas pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan, termasuk namun tidak terbatas pada pinjaman berbentuk peer to peer lending.
  2. Akun Anda

    1. Sebelum menggunakan Situs dan/atau Aplikasi Kami, Anda harus mendaftarkan diri dengan memberikan informasi yang dibutuhkan oleh Kami, baik sebagai Pembeli maupun sebagai Penjual.
    2. Saat melakukan pendaftaran, Kami akan meminta Anda untuk memberikan nama lengkap dan alamat surat elektronik Anda, serta informasi lain yang mungkin kami anggap penting. Setelah melakukan pendaftaran, pihak Kami akan memberikan kode verifikasi secara otomatis dan mengirim kode verifikasi tersebut melalui alamat surat elektronik (“email”) yang telah didaftarkan oleh Anda pada Situs dan/atau Aplikasi Kami.
    3. Ketika melakukan pendaftaran, Anda harus menyediakan informasi yang akurat, lengkap dan terkini, serta setuju untuk menyerahkan kepada Kami dengan bukti identitas diri yang mungkin Kami minta dengan alasan keamanan atau alasan lain yang jelas demi kepentingan transaksi dan kelancaran prosesnya. Khusus bagi pengguna sebagai Penjual akan ada perbedaan data informasi yang diminta sebagai berikut
      1. Penjual berbentuk Badan Usaha:
        1. Mengisi formulir pendaftaran dengan data yang benar dan lengkap (wajib)
        2. Akta Pendirian dan Anggaran Dasar beserta pengesahan dari Kementerian terkait (wajib)
          1. Akta perubahan kepengurusan terbaru beserta surat bukti pemberitahuan dari Kementerian terkait (wajib)
          2. Ijin Usaha seperti NIB atau SIUP dan TDP (wajib);
          3. NPWP Perusahaan (wajib);
          4. KTP Pengurus Perusahaan (wajib)
          5. Laporan Keuangan 2 periode terakhir (opsional, jika diminta)
          6. Data dan dokumen lainnya yang diperlukan oleh Kami tetapi belum atau tidak tercantum pada butir ini.
          7. Menanda-tangani Perjanjian Konfirmasi Penyediaan Barang antara Penjual dengan Kami
    4. Anda dengan ini menyatakan bahwa Anda adalah Pengguna yang kompeten menurut hukum dan mampu untuk mengikatkan dirinya dalam sebuah perjanjian yang sah menurut hukum.
    5. Anda yang telah mendaftar berhak bertindak sebagai Pembeli dan/atau Penjual dengan menggunakan layanan Kami yang telah tersedia pada Situs dan/atau Aplikasi Kami.
    6. Akun Anda hanya dapat digunakan oleh Anda dan tidak bisa dialihkan kepada orang lain dengan alasan apapun.
    7. Kami memiliki kewenangan untuk menutup akun Anda, baik sementara maupun permanen apabila tidak didapati aktivitas loginmaupun aktivitas transaksi dalam jangka waktu tertentu, didapati adanya kecurangan dalam bertransaksi dan/atau tindakan pelanggaran terhadap Ketentuan Pengguna yang dibuat oleh Kami. Anda bertanggung jawab secara pribadi untuk menjaga kerahasiaan akun dan password Anda untuk semua aktivitas yang terjadi pada akun Anda.
    8. Apabila akun Anda diretas atau disalahgunakan oleh pihak lain atau apabila perangkat telepon genggam atau tablet atau perangkat pribadi Anda hilang, dicuri, diretas atau terkena virus, adalah kewajiban Anda untuk segera melaporkankepada Kami, sehingga Kami dapat segera mengambil tindakan yang diperlukan untuk menghindari penggunaan, penyalahgunaan atau kerugian yang timbul atau mungkin timbul kemudian. Kerugian yang disebabkan oleh kelalaian Anda untuk melaporkan kepada Kami baik secara sengaja maupun tidak merupakan tanggung jawab Anda sepenuhnya.

       

    9. Anda bertanggung jawab secara hukum atas setiap pernyataan Anda yang disampaikan melalui Situs dan/atau Aplikasi Kami termasuk namun tidak terbatas pada ulasan, pertanyaan, komentar, dan saran yang bersifat melanggar hukum dikarenakan mengandung unsur yang termasuk namun tidak terbatas pada pencemaran nama baik, fitnah, penghinaan, kebohongan, dan kejahatan siber sebagaimana yang dimaksud dalam Undang-Undang tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

       

  3. Transaksi Pembelian

    1. Pengguna yang bertindak sebagai Pembeli wajib bertransaksi melalui prosedur transaksi yang telah ditetapkan oleh Kami. Pembeli melakukan pembayaran dengan menggunakan metode pembayaran yang sebelumnya telah dipilih oleh Pembeli, dan kemudian Kami akan melanjutkan pembayaran kepada pihak Penjual setelah transaksi jual beli yang Pembeli lakukan telah selesai dan diterima pada sistem Kami.
    2. Dengan melakukan pemesanan melalui Situs dan/atau Aplikasi Kami, maka Pembeli menyetujui untuk membayar total biaya yang harus dibayarkan sebagaimana tertera dalam halaman pembayaran, yang terdiri dari harga barang, ongkos kirim, dan biaya-biaya lain yang mungkin timbul dan akan diuraikan secara tegas dalam halaman pembayaran.
    3. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa ketersediaan barang merupakan tanggung jawab penuh Penjual yang menawarkan barang. Ketersediaan barang dapat berubah sewaktu-waktu, dan jika ketersediaan barang kosong, maka Penjual akan menolak pesanan dan bilamana pembayaran telah dilakukan oleh Pembeli maka Kami akan mengembalikan uang yang sudah dibayarkan oleh Pembeli dalam waktu selambatnya 10 (sepuluh) Hari Kerja.
    4. Pembeli memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa segala transaksi pembayaran antara Pembeli dan Penjual dilakukan melalui payment gatewaybaik pembayaran secara tunai atau melalui kredit perusahaan.
    5. Konfirmasi atas pembayaran yang dilakukan oleh Pembeli akan didapatkan oleh Pembeli melalui payment gateway, serta melalui Lembaga Pembiayaan yang bersangkutan, sehingga Pembeli tidak perlu mengkonfirmasi pembayaran yang dilakukannya.
    6. Konfirmasi Pembelian diberikan dalam bentuk konfirmasi pesanan elektronik yang dapat diunduh oleh Pembeli secara mandiri pada Akun Pembeli di Situs dan/atau Aplikasi Kami.
    7. Setelah pengiriman selesai dan barang telah diterima dengan baik dan lengkap, maka untuk kelengkapan dokumen lain seperti surat jalan, invoice dan faktur pajak dari penjual dapat diunduh oleh Pembeli secara mandiri pada Akun Pembeli di Situs dan/atau Aplikasi Kami.
  4. Transaksi Penjualan dan Harga

    1. Penjual dilarang memanipulasi harga barang dengan tujuan apapun.
    2. Penjualdilarang memasarkan barang yang dilarang oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia.
    3. Penjual wajib memberikan foto dan informasi barang dengan lengkap dan jelas sesuai dengan kondisi dan kualitas yang sebenarnya dari barang yang dijualnya. Apabila terdapat ketidaksesuaian antara foto dan informasi barang yang diunggah oleh Penjual dengan barang yang diterima oleh Pembeli, maka Kami berhak membatalkan dan/atau menahan pembayaran.
    4. Penjual wajib memiliki ijin dan sertifikasi yang diperlukan sebagaimana diatur dan ditentukan oleh Undang-Undang yang berlaku atas barang yang hendak dipasarkan melalui Kami, ijin dan sertifikasi yang dimaksud adalah termasuk namun tidak terbatas pada Hak Cipta, Hak Paten, Merek Dagang bagi produsen, dan Lisensi resmi bagi importir.
    5. Berdasarkan seluruh ijin dan sertifikasi resmi yang dimiliki oleh Penjual atas produknya maka Penjual memiliki kewenangan penuh sesuai hukum yang berlaku untuk memberikan kuasa kepada Kami termasuk namun tidak terbatas pada pemasangan, penempatan, reproduksi terhadap merek, nama, dan logo produk yang akan dipasarkan dan dijual melalui Situs dan/atau Aplikasi Kami.  
    6. Harga barang yang dijual dalam Situs dan/atau Aplikasi Kami adalah harga yang ditetapkan oleh Penjual.
    7. Penjual bertanggungjawab penuh atas seluruh kerugian yang mungkin akan timbul sebagai akibat dari kelalaiannya dalam memenuhi seluruh kewajiban hukum yang berhubungan dengan aktivitasnya sebagai Penjual dalam Situs dan/atau Aplikasi Kami.
    8. Penjual memberikan hak dan kewenangan kepada kami untuk membekukan sebagian atau seluruh pembayaran yang seharusnya diterima oleh Penjual, bilamana dijumpai adanya kecurangan dan/atau pelanggaran terhadap Ketentuan Pengguna, seluruh Perjanjian antara Penjual dengan kami beserta lampirannya, serta transaksi perdagangan yang sehat dan wajar menurut aturan hukum yang berlaku.
  5. Metode Pembayaran

      1. Pembeli wajib membayar total biaya yang harus dibayarkan sesuai dengan total tagihan yang tertera pada halaman pembayaran dan membayarnya sesuai dengan metode yang disediakan pada Situs dan/atau Aplikasi Kami.
      2. Pembeli wajib melakukan penerimaan dan pembongkaran atas Barang pada hari yang sama dengan hari pengiriman yang telah ditentukan oleh Pembeli melalui Situs dan/atau Aplikasi Kami. Dalam hal penerimaan dan pembongkaran Barang dilakukan tidak pada hari pengiriman Barang yang telah ditentukan. Pembeli menyetujui untuk membayar total biaya tambahan yang timbul akibat keterlambatan penerimaan dan pembongkaran Barang tersebut, berdasarkan dokumen tagihan yang akan diberikan oleh Kami.
      3. Kami memberikan batasan waktu untuk penyimpanan barang yang telah dipesan oleh Pembeli di gudang kami maksimal 10 Hari Kerja setelah tanggal transaksi sehingga untuk permintaan pengiriman barang yang melebihi 10 Hari Kerja akan dikenakan tambahan biaya yang wajib dibayarkan oleh Pembeli berdasarkan dokumen tagihan yang akan diberikan oleh Kami.
      4. Setiap Pembayaran yang sudah dilakukan oleh Pembeli dan telah diproses oleh Kami, tidak dapat dibatalkan oleh Pembeli dengan alasan apapun.
  6. Tanggung Jawab Anda

    1. Anda bertanggung jawab penuh atas akun Anda yang terdapat dalam Situs dan/atau Aplikasi Kami pada saat penggunaan maupun saat mengakses Situs dan/atau Aplikasi Kami.
    2. Anda bertanggung jawab penuh atas seluruh informasi data pribadi yang diberikan kepada Kami, yang terdapat dalam Situs dan/atau Aplikasi, termasuk akibat hukum yang ditimbulkan, khususnya yang bersifat merugikan Kami dan pihak lain yang terafiliasi dengan Kami.
    3. Anda bertanggung jawab atas setiap kerugian yang ditimbulkan sebagai akibat dari kelalaian dalam penggunaan Situs dan/atau Aplikasi Kami, baik secara langsung maupun tidak langsung, termasuk jika terjadi peristiwa diretasnya akun pribadi Anda.

  7. Pembatasan Tanggung Jawab Kami

    1. Kami menyediakan Situs dan/atau Aplikasi sebagaimana adanya dan tidak menyatakan atau menjamin bahwa keandalan, ketepatan waktu, kualitas, kesesuaian, ketersediaan, akurasi, kelengkapan atau keamanan dari Situs dan/atau Aplikasi Kami dapat memenuhi kebutuhan dan akan sesuai dengan harapan Anda, termasuk tapi tidak terbatas pada  Layanan,  Konten  Pihak  Ketiga, Penawaran dan Metode Pembayaran  yang sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penyedia Layanan,Penyedia Konten Pihak Ketiga, Penyedia Penawaran, dan Penyedia Metode P
    2. Kami tidak bertanggung jawab atas setiap keterlambatan, kegagalan pengiriman, kerugian atau kerusakan  yang  disebabkan oleh keadaan  yang  berada diluar kendali Kami termasuk namun tidak terbatas pada Keadaan Kahar (Force Majeure), kegagalan maupun kesalahan yang dilakukan oleh Penyedia Layanan, Penyedia Konten Pihak Ketiga, Penyedia Penawaran, dan Penyedia Metode Pembayaran ataupun kegagalan atau kesalahan Pengguna dalam mematuhi Ketentuan Pengguna, Penyedia Layanan, Penyedia Konten Pihak Ketiga, Penyedia Penawaran, Penyedia Metode Pembayaran, dan Pengakhiran sepihak oleh Pengguna sebelum layanan selesai dilakukan.
    3. Kami akan selalu mengusahakan yang terbaik dalam menyediakan informasi terkini sesuai dengan pengetahuan Kami berdasarkan data yang kami terima termasuk namun tidak terbatas pada perubahan harga, jumlah persediaan, dan spesifikasi produk. Namun bila terjadi perubahan harga atau jumlah persediaan secara tiba-tiba yang terjadi diluar kendali dan pengetahuan Kami pada saat telah dipesan dan/atau telah dibayarkannya suatu atau sejumlah produk oleh Anda maka Kami akan menawarkan beberapa pilihan kepada Anda yaitu sebagai berikut:
      1. Transaksi dapat tetap dilanjutkan dengan penyesuaian harga terkini yang disertai dengan pengembalian kelebihan pembayaran Anda bila harga terkini lebih rendah daripada harga terakhir yang tercantum dalam Situs dan/atau Aplikasi Kami atau kewajiban Anda untuk melakukan tambahan pembayaran bila harga terkini lebih tinggi daripada harga terakhir yang tercantum dalam Situs dan/atau Aplikasi Kami.

         

      2. Transaksi dapat dibatalkan dan dengan demikian Kami akan mengembalikan pembayaran Anda yang telah Kami terima.

  8. Garansi

    Pembeli dapat mengajukan garansi terkait dengan kuantitas barang (jumlah dari barang) dalam jangka waktu 1 (satu) Hari Kerja setelah barang diterima dan diperiksa oleh Pembeli, apabila Pembeli menerima barang yang tidak sesuai dengan jumlah yang dipesan, maka Kami dan atau Penjual yang bermitra dengan kami akan mengirimkan kekurangan dari pesanan yang seharusnya diterima Pembeli.

    Pembeli dapat mengajukan garansi terkait dengan kualitas barang (mutu dari barang) dalam jangka waktu 5 (lima) Hari Kerja setelah barang diterima oleh Pembeli, apabila Pembeli menerima barang yang kualitasnya tidak sesuai dengan kualitas barang yang dipesan dan penurunan kualitas terbukti terjadi akibat kelalaian dari Penjual yang bermitra dengan kami, maka Penjual yang bermitra dengan kami akan menggantikan dan mengirimkan kembali barang dengan kualitas sebagaimana yang dipesan oleh Pembeli.

  9. Hak atas Kekayaan Intelektual Kami

    Situs dan/atau Aplikasi Kami termasuk nama dan logo, seluruh kode program, aplikasi, desain, basis data, model bisnis dan layanannya, dilindungi oleh hak cipta, merek dagang dan hak-hak lain yang disediakan berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia sehingga segala bentuk penyalahgunaan oleh pihak manapun selain pihak Kami dan/atau tanpa izin tertulis yang sah serta dapat dibuktikan oleh dan dari Kami sesungguhnya merupakan bentuk pelanggaran hukum.  

  10. Diskresi Kami

    Kami berhak secara sepihak mengubah termasuk namun tidak terbatas pada kebijakan privasi dan tarif layanan, metode pembayaran, model bisnis, ketentuan pengguna, lamanya penangguhan akun Anda yang terjadi akibat investigasi Kami, pemerintah, institusi penegak hukum yang berwenang, dan laporan tentang terjadinya peretasan akun, dan/atau apabila Anda telah meninggal dunia.

  11. Perangkat Lunak Aplikasi

    Kami hanya menyediakan perangkat lunak Aplikasi yang resmi pada pasar resmi digital seperti “PLAY STORE milik GOOGLE LLC.” dan/atau “APP STORE milik APPLE INC.”.

  12. Keadaan Kahar

    Keadaan Kahar (Force Majeure) adalah seluruh keadaan yang terjadi diluar kendali dan kemampuan wajar manusia termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam (banjir, gempa bumi, tanah longsor, wabah, dll.), kerusuhan, pernyataan perang, aksi militer, tindakan teroris, embargo, sanksi, perubahan undang-undang atau peraturan,  petir, badai/topan/siklon,  mogok kerja, demonstrasi, masalah-masalah lain yang disebabkan oleh Pihak Ketiga baik yang terdapat dalam penggunaan internet dan komunikasi elektronik, termasuk perangkat Anda, Penyedia Layanan, Penyedia Konten Pihak Ketiga,  Penyedia Penawaran atau Penyedia Metode Pembayaran rusak, tidak terhubung dengan internet, berada di luar jangkauan, dimatikan atau tidak berfungsi.   

  13. Penutup dan lain-lain

    Perjanjian ini akan diatur dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Negara Republik Indonesia

    Dalam hal terjadi perselisihan, perbedaan pendapat dan/atau pertentangan sehubungan dengan isi antara versi bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, maka versi bahasa Indonesia yang akan berlaku.

    Dalam hal terjadinya pertentangan dan/atau ketidaksetujuan oleh Pengguna terhadap Ketentuan Pengguna ini maka Pengguna wajib menghapus Aplikasi Kami dari perangkat dan mengirimkan surat elektronik kepada Kami untuk menghapus akun Pengguna dari Situs dan/atau Aplikasi Kami.

     

    Last updated July 3rd, 2020

© 2020 Tokoplas. All rights reserved