Mengenal Apa itu Produk Masterbatch dan Kegunaannya

Mengenal Apa itu Produk Masterbatch dan Kegunaannya

Bagi Anda yang menggeluti bisnis plastik, mungkin pernah mendengar mengenai produk-produk masterbatch. Namun apakah Anda telah mengenal betul apa itu masterbatch, dan bagaimana penggunaannya dalam industri plastik? Artikel ini akan mengulas secara komprehensif mengenai apa itu masterbatch, manfaat penggunaannya, dan pengaplikasiannya di industri plastik saat ini.

Apa itu Masterbatch?

Secara umum, masterbatch adalah aditif plastik—cair maupun padat—yang digunakan untuk memberikan warna pada plastik (color masterbatch) atau menambahkan karakteristik tertentu pada plastik (masterbatch aditif). Masterbatch merupakan konsentrat campuran pigmen dan/atau aditif yang ditambahkan pada resin pada proses pemanasan dan kemudian didinginkan menjadi bentuk granul.

Macam-Macam Jenis Masterbatch

Masterbatch sendiri memiliki jenis bermacam-macam, yang setiapnya memiliki fungsi tersendiri. Berikut beberapa jenis masterbatch yang paling sering ditemukan di pasaran.

Masterbatch Putih

Masterbatch putih digunakan untuk mencapai transparansi dan kecerahan pada produk akhir plastik. Masterbatch ini mengandung titanium oksida dengan rerata ukuran partikel 0.19 hingga 0.22 mikron, dan memiliki indeks refraksi yang tinggi.

Masterbatch Hitam

Masterbatch hitam digunakan sebagai pemberi pigmen hitam, yang penting untuk melindungi produk plastik dari sinar UV. Masterbatch hitam biasanya digunakan pada injection molding, blow molding, monofilamen, dan pipa HDPE.

Masterbatch Warna

Masterbatch warna digunakan untuk memberi warna pada produk plastik. Masterbatch warna biasa digunakan pada botol blow molding, alat alat rumah tangga injection molding dan kabel berisolasi.

Masterbatch Aditif

Masterbatch aditif memiliki berbagai variasi, yang setiapnya memiliki tujuan untuk memodifikasi karakteristik tertentu dari produk plastik. Mulai dari membuat plastik menjadi tahan bakar, resisten terhadap sinar UV, menambah kekuatan produk, dan masih banyak lagi.

Manfaat Penggunaan Masterbatch

Mengurangi risiko penanganan material yang berbahaya

Tidak seditkit aditif plastik yang merupakan material yang berbahaya. Masterbatch ‘mengemas’ aditif tersebut ke dalam resin polimer. Oleh karena itu, risiko kontak terhadap aditif berbahaya tersebut dapat tereduksi bahkan tereliminasi.

Proses produksi menjadi lebih bersih

Selain penanganannya lebih aman, penggunaan masterbatch juga membuat proses produksi menjadi lebih bersih. Karena sudah dalam berbentuk granul, tidak ada lagi pigmen warna atau aditif bubuk lainnya yang akan tercecer, tumpah atau menempel di permukaan. Hal tersebut membuat area produksi menjadi lebih bersih, dan juga mereduksi kontaminasi.

Meningkatkan stabilitas dan waktu simpan aditif

Proses enkapsulasi aditif pada masterbatch juga mendatangkan keuntungan bagi aditif yang terkandung di dalamnya. Masterbatch membantu menjaga aditif dari paparan suhu lembap, dan sinar UV pada masa penyimpanan. Hal tersebut dapat membuat masa simpan aditif pada masterbatch bertambah secara signifikan. Tentu hal ini akan sangat menguntungkan bagi produsen karena dapat mereduksi biaya yang terkuras akibat membuang material yang terdegradasi.

Menghemat pengeluaran

Masterbatch dengan kandungan CACO3 (kalsium karbonat) dapat membantu produsen dalam mereduksi pengeluaran produksi karena energi yang dibutuhkan untuk menjalankan mesin akan lebih kecil.

Pengaplikasian Masterbatch

Masterbatch dapat digunakan untuk memodifikasi beberapa karakteristik plastik seperti:

  • Resistensi terhadap sinar UV

  • Tahan bakar

  • Anti-static

  • Lubrikasi

  • Anti-mikrobial

  • Anti-oksidan

  • Warna produk

  • Dll.

Jelajahi website kami untuk menemukan berbagi informasi menarik terkait plastik lainnya. Bagi pebisnis plastik, Anda juga bisa mencari berbagai kebutuhan bahan baku plastik Anda di Tokoplas, mulai dari PE, PP, PS, biji plastik daur ulang, sampai dengan aditif plastik.

Temukan resin/biji plastik sesuai kebutuhan Anda hanya di Tokoplas!

© 2021 Tokoplas. All rights reserved