Cara Mengurangi Biaya Proses Pengolahan Injection Molding

Cara Mengurangi Biaya Proses Pengolahan Injection Molding

Mengurangi biaya produksi tentunya merupakan salah satu prioritas dari setiap bisnis manufaktur terlepas dari besar atau kecilnya skala produksinya. Menjaga pengeluaran untuk tetap pada rentang minimum sangatlah penting untuk dapat memberi ruang pada perbaikan atau penyempurnaan proses produksi untuk lebih memaksimalkan keuntungan.

Hal ini juga tentunya berlaku pada ranah industri manufaktur plastik. Dalam proses pencetakan plastik, terkadang tahap desain, prototyping, dan pembuatan mold seringkali menjadi yang paling banyak memakan pengeluaran. Namun, sebetulnya terdapat beberapa cara yang bisa digunakan untuk menekan biaya proses pengolahan plastik, khususnya ketika Anda menggunakan metode injection molding. Untuk selengkapnya, mari simak ulasan di bawah ini.

1. Mengeliminasi undercut

Ilustrasi proses mengeliminasi undercut dalam proses molding plastikIlustrasi proses mengeliminasi undercut dalam proses molding plastik

Dalam proses molding, undercut merupakan bagian lekukan atau tonjolan yang sengaja dibentuk untuk mencegah satu bagian tersebut terlepas mold. Menghilangkan undercut dapat menurunkan biaya tooling dan mengurangi waktu pengerjaan pembuatan mold. Salah satu alternatif untuk menggantinya bisa menggunakan sliding shutoffs.

2. Mengurangi fitur yang tidak begitu penting

Beberapa fitur seperti nomor bagian mold dan logo perusahaan pada mold memang bagus untuk dimiliki. Namun menambahkan beberapa fitur tersebut hanya akan memakan biaya lebih. Jika tujuan Anda adalah untuk meminimalisir biaya, gunakanlah desain yang lebih sederhana.

3. Memperhatikan ketebalan dan kualitas mold

Untuk memastikan bahwa mold dapat mendingin pada tingkat yang secukupnya, pastikan bahwa mold terisolasi dari hot runner. Selain itu, sebisa mungkin Anda juga harus mengurangi ketebalan mold.

4. Pemilihan material dan warna

Biaya pengolahan plastik dengan teknik injection molding akan sangat bergantung pada jenis plastik yang Anda gunakan. Selain itu, penggunaan aditif (seperti flame retardant dan plasticizer) dan pewarna juga akan menambah cost produksi Anda.

Untuk itu, Anda harus betul-betul memiliki gambaran jelas mengenai produk seperti apa yang nantinya ingin dihasilkan guna menghindari penggunaan material yang tidak sesuai, yang akhirnya hanya akan berujung pada pemborosan.

Anda bisa dengan mudah menemukan berbagai material plastik untuk injection molding di Tokoplas. Mulai dari HDPE, LDPE, LLDPE, PP Homopolymer, PP Copolymer, sampai dengan GPPS, semuanya tersedia untuk memenuhi kebutuhan plastik Anda.

5. Otomasi

Penggunaan teknologi smart injection molding dapat mengotomasi proses pencetakan produk Anda yang dapat meningkatkan efisiensi proses produksi. Mengotomasi proses pencetakan juga memungkinkan Anda untuk menjalankan produksi terus menerus selama 24 jam.

Terlebih lagi, menggunakan mesin smart injection molding akan menghemat biaya operasional Anda karena tenaga kerja yang dibutuhkan akan lebih sedikit. Anda juga bisa mengurangi risiko human-error yang secara tidak langsung akan meningkatkan kualitas dari produk olahan plastik yang Anda hasilkan.

6. Menerapkan overmolding

Overmolding merupakan suatu proses atau teknik pada injection molding guna menggabungkan beberapa bagian produk menjadi satu kesatuan. Menerapkan overmolding pada proses injection molding memang akan memakan biaya lebih di awal, namun akan menghemat pengeluaran produksi Anda jika dilihat dalam skema jangka panjang.

Dengan mengikuti enam tips yang di atas, Anda dapat memaksimalkan keuntungan Anda dengan pengeluaran yang lebih sedikit. Sebagai catatan tambahan, Anda tidak perlu memaksakan untuk menerapkan seluruh tips di atas, karena mungkin saja ada beberapa saran atau teknik yang tidak cocok dengan model bisnis Anda, Menerapkan satu atau dua teknik di atas sudah cukup untuk membantu mengurangi pengeluaran produksi injection molding Anda.

Tokoplas merupakan pasar digital resin/ biji plastik pertama dan terbesar di Indonesia yang memfasilitasi transaksi antara penjual dan pembeli resin/biji plastik dengan informasi yang lengkap, transparan, dan harga yang bersaing.

Temukan resin/biji plastik kebutuhan Anda hanya di Tokoplas!

© 2020 Tokoplas. All rights reserved