Color Masterbatch: Pengaplikasian dan Keuntungan Penggunaannya

Color Masterbatch: Pengaplikasian dan Keuntungan Penggunaannya

Masterbatch warna (color masterbatch) merupakan granul plastik yang utamanya digunakan untuk memberikan warna pada plastik. Color masterbatch terbuat dari dua komponen: pewarna (colorant) dan resin polimer. Pada beberapa formula juga didapati beberapa campuran aditif seperti zinc, minyak, wax, dan filler (kebanyakan kalsium karbonat).

Jenis masterbatch ini banyak digunakan di hampir setiap aspek kehidupan dengan berbagai aplikasi. Namun sudahkah Anda mengetahui proses pembuatannya, dan kiat memilih masterbatch warna yang berkualitas? Artikel ini menghadirkan pengetahuan tersebut untuk Anda.

Apa yang Terkandung dalam Color Masterbatch?

Sebelum masuk pada penjelasan lebih dalam, terdapat kesalahpahaman dalam industri plastik tentang masterbatch warna yang perlu diklarifikasi. Masterbatch warna bukanlah pewarna murni. Sebaliknya, pewarna murni hanyalah salah satu kandungan dari masterbatch warna, yang dicampur dengan resin. Dengan begitu, warna pada color masterbatch memiliki konsentrasi yang lebih rendah dibandingkan dengan pewarna murni.

Apa Kegunaan Utama dari Color Masterbatch?

Pemberian warna dapat meningkatkan nilai estetis dari produk. Dalam industri plastik, color masterbatch digunakan untuk tujuan tersebut—memberikan warna pada produk plastik agar terlihat lebih indah. Masterbatch warna saat ini digunakan di berbagai industri dan bisnis dengan berbagai pengaplikasian mulai dari tekstil, otomotif, pengemasan, konstruksi, elektronik dan listrik, dan masih banyak lagi.

Perbedaan antara Color Masterbatch dan Colored Resin

Meskipun keduanya memiliki bahan utama yang sama, masterbatch warna dan colored resin memilki sedikit perbedaan. Masterbatch warna mengandung 20% hingga 70% perwarna (dalam bentuk pigmen bubuk maupun cair), sedangkan kandungan pewarna pada colored resin yang digunakan untuk produk plastik relatif lebih kecil.

Manfaat yang Didapatkan dari Penggunaan Masterbatch

Menghemat bahan baku

Menggunakan color masterbatch untuk memberikan warna pada produk plastik dapat mendatangkan keuntungan bagi para produsen. Hal tersebut dimungkinkan karena produsen dapat menghemat plastik primer yang digunakan dalam proses produksi dengan mengantikannya sebagian menggunakan masterbatch warna.

Proses penyimpanan dan penggunaan yang lebih rapi

Karena berbentuk granul, penyimpanan dan penanganan masterbatch warna akan jauh lebih rapi jika dibandingkan dengan penggunaan pewarna bubuk. Staf operasional di pabrik Anda dapat dengan mudah mengontrol jumlah masterbatch yang digunakan sehingga meminimalisir kemungkinan penggunaan bahan yang terlalu banyak.

Lebih mudah memanipulasi tampilan produk akhir

Masterbatch dipercaya dapat meningkatkan dispersi pewarna plastik dan aditif plastik yang digunakan sampai pada tingkat optimal. Dengan begitu, produk akhir akan memiliki konsistensi warna yang baik sehingga produsen dapat mengatur tingkat transparansi dan kekaburan (opacity) produk dengan lebih mudah.

Apa Saja Kriteria Color Masterbatch Berkualitas?

Produk color masterbatch dikatakan berkualitas baik ketika memenuhi beberapa kriteria,

salah satunya yaitu memiliki ukuran granul yang sama rata (sekitar 3mm). Color masterbatch berkualitas baik juga harus memiliki dispersi warna yang baik. Masterbatch yang mengandung bahan berkualitas tinggi dengan plastik virgin 100% dapat membantu produk akhir untuk memilki permukaan produk yang halus, printability yang baik, dan juga awet.

Demikian sedikit ulasan mengenai masterbatch warna beserta jenis-jenisnya. Jelajahi website kami untuk menemukan berbagi informasi menarik terkait plastik lainnya. Bagi pebisnis plastik, Anda juga bisa mencari berbagai kebutuhan bahan baku plastik Anda di Tokoplas, mulai dari PE, PP, PS, biji plastik daur ulang, sampai dengan aditif plastik.

Temukan resin/biji plastik sesuai kebutuhan Anda hanya di Tokoplas!

© 2021 Tokoplas. All rights reserved