Alasan Memilih Plastik HDPE sebagai Material Kemasan

Alasan Memilih Plastik HDPE sebagai Material Kemasan

High Density Polyethylene (HDPE) merupakan salah satu polimer termoplastik paling serbaguna dengan rentang pengaplikasian yang cukup luas, termasuk sebagai bahan pembuatan kemasan. Harganya yang relatif rendah membuat para produsen lebih memilih menggunakan plastik HDPE untuk pembuatan produk kemasan plastik mereka ketimbang menggunakan plastik jenis lainnya.

Selain itu, berbagai karakteristik unggul dari plastik HDPE juga memungkinkan produsen untuk membuat produk kemasan plastik dengan kualitas yang baik. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai mengapa plastik HDPE sering digunakan dalam pembuatan produk kemasan plastik, simak pembahasan di bawah ini.

1. Ringan namun tetap kuat

Salah satu alasan mengapa HDPE menjadi plastik yang paling populer digunakan adalah karena plastik ini cenderung lebih kuat dari jenis plastik lainnya yang memiliki bobot serupa. Sebagai contoh, botol susu berbahan HDPE dengan berat 56 gram dapat menampung 2 galon susu. 

2. Tahan benturan

Plastik HDPE sangat cocok untuk diaplikasikan sebagai jerigen air karena sifatnya yang tahan bentur. Wadah yang terbuat dari plastik HDPE bisa bertahan dari benturan atau jatuh dari ketinggian tertentu tanpa mengalami kerusakan yang signifikan.

3. Awet

HDPE merupakan salah satu pilihan jenis plastik yang paling awet. Kemasan plastik HDPE dapat digunakan dalam rentang waktu yang cukup lama tanpa adanya perubahan kondisi fisik. Selain itu, karakteristiknya yang tahan bentur juga membuat plastik HDPE menjadi tidak mudah rusak.

4. Dapat didaur ulang

Faktor keberlanjutan lingkungan menjadi salah satu aspek pertimbangan konsumen untuk membeli sebuah produk. HDPE merupakan salah satu plastik polimer yang paling mudah untuk didaur ulang. Produk plastik HDPE yang telah habis masa gunanya dapat didaur ulang kembali menjadi produk plastik baru seperti tali, tempat sampah, pipa, dan mainan. Pembuatan produk plastik dari plastik HDPE daur ulang dapat lebih menghemat biaya jika dibandingkan dengan pembuatan produk plastik dari plastik HDPE virgin.

5. Memiliki ketahanan suhu yang baik

Beberapa tipe plastik HDPE dapat bertahan pada suhu 120°C untuk rentang waktu tertentu. Dengan kata lain, plastik HDPE tidak akan berubah bentuk atau struktur ketika terpapar oleh suhu panas atau cahaya matahari dalam waktu yang cukup panjang.

6. Rendah biaya

Tidak hanya unggul pada karakteristiknya saja, HDPE juga sangat populer digunakan karena cenderung rendah biaya. Plastik HDPE mudah untuk diproduksi dan banyak tersedia di pasaran untuk pengaplikasian di berbagai industri.

7. Resisten terhadap korosi dan zat kimia 

HDPE merupakan polimer non konduktif dan tahan terhadap zat kimia korosif. Hal tersebut membuat plastik HDPE cocok untuk digunakan sebagai produk wadah pengemas yang aman untuk zat kimia.

Demikian informasi mengenai beberapa alasan memilih plastik HDPE sebagai bahan material kemasan. Jelajahi website kami untuk menemukan berbagi informasi menarik terkait plastik lainnya. Bagi pebisnis plastik, Anda juga bisa mencari berbagai produk biji plastik ekstrusi mencakup HDPE, LDPE, LLDPE, PP, dan HIPS.

Temukan resin/biji plastik sesuai kebutuhan Anda hanya di Tokoplas!

© 2021 Tokoplas. All rights reserved