Macam-Macam Kegunaan Plastik ABS

Macam-Macam Kegunaan Plastik ABS

Setiap jenis plastik memiliki kegunaan yang berbeda sesuai dengan keunggulan sifatnya. Beberapa lebih kuat dari yang lainnya, beberapa memiliki tekstur yang cenderung lunak, dan beberapa lainnya bersifat transparan seperti kaca. Banyaknya variasi tersebut menghadirkan opsi bagi Anda untuk memilih material plastik yang sesuai dengan spesifikasi kebutuhan.

Penting untuk memilih salah satu yang sesuai dengan bujet bisnis Anda dan merupakan plastik terbaik untuk jenis aplikasi yang diinginkan. Plastik acrylonitrile butadiene styrene (ABS), yang merupakan plastik rekayasa, seringkali dapat menggantikan plastik lain sebagai alternatif material berbiaya rendah yang lebih tahan lama.

Plastik yang satu ini dapat ditemukan pada barang yang sering digunakan sehari-hari seperti keyboard komputer, peralatan dapur, mainan LEGO, pelindung plastik pada stop kontak dinding, dan pada kotak pelindung perkakas listrik. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa ulasan aplikasi yang lebih cocok untuk plastik ABS dibandingkan dengan bahan plastik lainnya.

Material 3D Printing

Filamen berbahan ABS dengan berbagai macam warna digunakan untuk 3d printing hanya salah satu dari beragam kegunaan plastik absFilamen berbahan ABS dengan berbagai macam warna digunakan untuk 3d printing hanya salah satu dari beragam kegunaan plastik abs

Plastik ABS sering digunakan sebagai material untuk 3D printing karena suhu titik lelehnya yang cenderung rendah. Percetakan 3D biasanya memilih lembaran plastik ABS dibandingkan dengan plastik PLA (polylactic acid), karena PLA memiliki titik leleh yang terlalu rendah, sehingga sulit untuk disimpan dalam kondisi yang lebih hangat. Plastik ABS juga jauh lebih kuat dari plastik PLA dan tidak mudah pecah atau patah.

Industri Otomotif

Karena plastik ABS jauh lebih ringan dari plastik lainnya, penggunaan plastik ABS pada komponen kendaraan dapat dengan efektif menurunkan bobot kendaraan hingga 10%. Dengan bobot yang lebih rendah, maka kendaraan akan lebih hemat bahan bakar.

Biasanya, plastik ABS digunakan pada dashboard, wheel cover, dan bagian bodi karena sifatnya yang kuat, dan permukaannya yang kokoh sehingga tidak mudah tergores.

Pembuatan Prototipe Mesin

Karena ABS lebih mudah dibentuk dibandingkan dengan plastik lainnya, maka ABS sering digunakan untuk membuat prototipe, terutama dalam industri permesinan. Penggunaan plastik ABS dapat menciptakan permukaan yang bersih untuk prototipe sehingga lebih mudah dicat jika dibandingkan dengan jenis plastik lainnya.

Perpipaan

Pipa saluran air berwarna hitam yang umum digunakan berbahan dasar plastik absPipa saluran air berwarna hitam yang umum digunakan berbahan dasar plastik abs

Plastik ABS merupakan pilihan yang lebih baik untuk pembuatan pipa dibandingkan dengan plastik dan logam lainnya. Hal itu disebabkan karena sifatnya yang ringan, tahan jamur, tidak korosi, terutama saat digunakan sebagai pipa limbah. Plastik ABS cenderung lebih tahan lama jika dibandingkan dengan plastik PVC, dan jauh lebih tahan terhadap benturan dan kerusakan dalam situasi suhu rendah.

Peralatan Kantor

Plastik ABS memiliki sifat yang mudah dibentuk dan mengkilap. Atas sifatnya tersebut, plastik ABS umum digunakan sebagai bahan pembuatan peralatan kantor yang harus memiliki tampilan cantik dan nyaman digunakan, seperti gagang telepon, clipboard, document holder, dan masih banyak lagi. Sebagian besar komputer, fax dan printer juga menggunakan komponen yang terbuat dari plastik ABS.

Begitulah sedikit penjelasan mengenai pengaplikasian umum dari plastik ABS. Jika Anda membutuhkan informasi mengenai plastik lainnya, atau sedang membutuhkan material plastik bermutu dengan harga bersaing, Tokoplas bisa menjadi solusi Anda.

© 2020 Tokoplas. All rights reserved