Macam-Macam Kegunaan Polistirena PS

Macam-Macam Kegunaan Polistirena PS

Kemasan pembungkus daging di supermarket, cup plastik untuk kopi dan teh di cafe, kotak kaset dan CD musik atau film favorit Anda, semuanya terbuat dari polimer bernama polistirena.

Polimer yang satu ini terbuat dari polimerisasi atas monomer stirena yang didapat dari minyak bumi. Polistirena memiliki ragam pengaplikasian yang sangat luas, dan hampir setiap industri bergantung pada penggunaan polimer ini.

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai ragam kegunaan polistirena, mari simak pembahasan di bawah ini.

Ragam Kegunaan Polistirena

Manufaktur

Peralatan makan sekali pakai memiliki nilai praktis yang tinggi. Keberadaan alat makan sekali pakai memungkinkan Anda untuk tidak membawa alat makan logam jika berencana makan di luar. Produksi peralatan makan tersebut dimungkinkan dengan adanya polimer polistirena. Polistirena berbentuk lembaran atau cetakan banyak digunakan untuk memproduksi peralatan makan plastik yang didesain untuk penggunaan sekali pakai.

Polistirena juga sering digunakan pada proses manufaktur beberapa peralatan rumah tangga seperti blender, air conditioner, kulkas, oven, dan masih banyak lagi. Beberapa peralatan rumah tangga lain seperti aksesoris kamar mandi dan peralatan berkebun juga diproduksi dengan menggunakan polistirena pada proses manufakturnya.

Karena harganya yang relatif murah dan kemudahannya untuk dicetak menjadi berbagai bentuk, polistirena juga sering dipakai untuk memproduksi mainan anak. Housing TV, kotak CD, dan beberapa alat elektronik lainnya juga bergantung pada polistirena dalam proses pembuatannya.

Pengemasan

Terdapat banyak produk makanan di supermarket yang dikemas menggunakan kemasan plastik polistirena. Kemasan berbahan plastik polistirena biasanya digunakan untuk membungkus produk makanan yang mudah rusak seperti daging, ikan, telur, buah, dan sayuran, karena dapat mencegah bahan makanan tersebut cepat busuk. Maka dari itu, pengemasan menggunakan plastik polistirena menjadi salah satu cara paling efektif dan rendah biaya untuk menjaga produk makanan tetap segar.

Plastik polistirena juga sering dipakai untuk mengemas produk-produk peralatan elektronik karena dapat menjaga produk dari kerusakan pada saat distribusi maupun di display.

Konstruksi Bangunan

Plastik polistirena memiliki sifat isolasi yang baik sehingga dapat diaplikasikan pada proses konstruksi sebagai bahan penyekat plafon, dinding, lantai, dan sebagainya. Penyekatan menggunakan polistirena dapat menjaga ruangan dari fluktuasi suhu dan kelembapan. Polimer yang satu ini juga sering diaplikasikan pada bagungan dengan dinding kedap suara.

Peralatan Medis

Karena karakteristiknya yang memiliki tampilan bening dan tahan proses sterilisasi, polistirena juga digunakan untuk memproduksi berbagai peralatan medis. Beberapa diantaranya seperti tabung tes, cawan petri, dan gelas medis.

Kerajinan

Polistirena ekstrusi berbentuk foam sangat mudah untuk dipotong dan dipangkas menjadi berbagai macam bentuk dan ukuran. Atas alasan tersebut, polistirena jenis tersebut sering digunakan untuk membuat kerajinan seperti tatakan lilin, atau ornamen pohon natal.

Polistirena berbentuk busa juga lazim digunakan untuk membuat model design arsitektur sebagai pengganti dari karton.

Begitulah sedikit penjelasan mengenai berbagai macam kegunaan dari plastik PS. Jika Anda membutuhkan informasi mengenai plastik lainnya, atau sedang membutuhkan material plastik bermutu dengan harga bersaing, Tokoplas bisa menjadi solusi Anda.

© 2020 Tokoplas. All rights reserved