Mengenal plastik HIPS (High Impact Polystyrene)

Mengenal plastik HIPS (High Impact Polystyrene)

Anda pasti pernah melihat melihat akronim 'HIPS' di berbagai situs web plastik, tapi apa Anda mengerti apa artinya?

'HIPS' adalah singkatan dari High Impact Polystyrene Sheet, atau 'Lembar Polistiren Daya Tahan Tinggi'. HIPS adalah salah satu plastik paling serbaguna dan ekonomis yang tersedia. Maka dari itu, pada artikel ini kami akan menjelaskan serba-serbi mengenai plastik HIPS dan dimana Anda bisa menemukannya.

Apa itu Plastik HIPS?

High Impact Polystyrene, yang umumnya dikenal sebagai HIPS, sebetulnya adalah General Purpose Polystyrene (GPPS) yang dimodifikasi dengan karet.

Plastik HIPS biasanya mengandung 5-15% karet (butadiena) dalam molekulnya. Penambahan karet tersebut membuat durabilitas termoplastik yang satu ini meningkat sehingga memiliki ketahanan benturan yang jauh lebih tinggi daripada senyawa sebelumnya.

Polistirena sendiri pertama kali diindustrialisasi pada tahun 1931 oleh perusahaan I. G. Farben, hampir satu abad setelah penemuannya. Polistirena murni memiliki sifat alamiah yang cenderung rapuh sehingga tidak cocok digunakan pada pengaplikasian yang membutuhkan material yang kuat.

Atas dasar itu, maka polistirena dikombinasikan dengan polibutadiena atau karet dengan proses kopolimerisasi. Penggabungan tersebut memperkuat plastik PS secara signifikan dan mengubah polistirena murni menjadi HIPS, bahan yang sangat kaku yang berguna untuk aplikasi pengemasan.

HIPS biasanya sebagai material alternatif rendah biaya dari produk yang terbuat dari seng cetak. Saat ini, plastik HIPS juga dapat ditemukan di beberapa bagian mobil, elektronik, casing laptop, gelas soft drink, sendok dan garpu plastik juga kemasan makanan..

HIPS tidak hanya populer karena sifat produk akhirnya yang berkualitas, tetapi juga karena kemudahan pada proses pengolahannya. HIPS dapat dengan mudah dibentuk dengan thermoforming dan 100% dapat didaur ulang.

Karakteristik Utama Plastik HIPS

  • Stabilitas dimensi yang baik bahkan pada suhu rendah
  • Ketahanan benturan yang lebih tinggi daripada General Purpose Polystyrene (GPPS)
  • Durabilitas yang sangat baik
  • Relatif mudah untuk diolah
  • Lebih lentur dan tahan lama awet jika dibandingkan dengan General Purpose Polystyrene (GPPS)

Pengaplikasian dari Plastik HIPS

Beberapa karakteristik unggul yang dibahas di atas membuat High Impact Polystyrene (HIPS) dapat digunakan di berbagai industri dengan pengaplikasian yang bervariasi. Berikut beberapa pengaplikasian plastik HIPS di antaranya adalah:

Pengaplikasian Plastik HIPS pada Kemasan

Plastik HIPS lazim diaplikasikan sebagai bahan kemasan pangan (kemasan produk dairy, baki daging dan buah, kotak telur), dan kemasan non-pangan (kotak kaset dan CD, kotak perhiasan, dll.).

Pengaplikasian Plastik HIPS pada Alat Elektronik

Pengaplikasian HIPS pada alat elektronik meliputi housing TV, housing komuter, juga liner freezer dan kulkas.

Pengaplikasian Plastik HIPS pada Alat Kesehatan / Medis

Dalam aplikasi medis, High Impact Polystyrene (HIPS) digunakan dalam cawan petri, tabung limbah, dll.

Solusi Plastik HIPS Terbaik

HIPS bermutu tinggi penting untuk mendukung berbagai kegiatan usaha dan bisnis. Anda bisa mendapatkan solusinya lewat Tokoplas, penyedia plastik HIPS berkualitas. Dapatkan material bermutu dengan harga paling bersaing dan rasakan manfaatnya untuk kegiatan Anda.

© 2020 Tokoplas. All rights reserved