Mengenal Plastik Polikarbonat (PC)

Mengenal Plastik Polikarbonat (PC)

Polikarbonat merupakan material termoplastik yang dapat memberikan banyak pilihan untuk industri dalam merancang produk dengan berbagai pengaplikasian. Plastik polikarbonat, atau PC, dikenal dengan salah satu keunggulannya yaitu keawetannya, baik dalam segi warna maupun durabilitas.

Apa itu Polikarbonat (PC)?

Polikarbonat adalah termoplastik amorf yang secara alamiah memiliki sifat tembus pandang. Meskipun produk komersial dari plastik polikarbonat tersedia berbagai warna, namun sebetulnya bahan mentah polikarbonat memiliki tingkat transmisi cahaya yang hampir sama dengan material kaca.

Polimer polikarbonat lazimnya digunakan untuk memproduksi material yang membutuhkan karakteristik tahan bentur dan transparan, contohnya kaca anti peluru. PC juga sering diaplikasikan sebagai bahan untuk membuat lensa kacamata, peralatan medis, komponen otomotif, juga digital disks (CD, DVD, dan Blu-ray).

Karakteristik Plastik Polikarbonat

Karena polikarbonat termasuk dalam klasifikasi termoplastik, maka plastik PC akan meleleh ketika dipanaskan (dengan suhu 155 derajat celcius). Karena karakteristiknya tersebut, polikarbonat dapat dibentuk kembali setelah melalui proses pelelehan tanpa mengalami degradasi yang signifikan.

Tidak seperti plastik termoset yang terbakar jika terkena panas, polikarbonat akan mencair sehingga mudah untuk dicetak dengan metode injeksi dan didaur ulang. Berikut beberapa karakteristik utama lainnya dari plastik polikarbonat:

  • Tingkat kekuatan: Polikarbonat memiliki tingkat kekuatan yang cukup tinggi sehingga dapat tahan bentur dan tahan pecah. Plastik polikarbonat memiliki densitas 1.2-1.22 g/cm³, dan dapat mempertahankan bentuknya sampai pada suhu 140°C dan -20°C.
  • Transmisi: PC merupakan plastik yang sangat bening sehingga dapat mentransmisikan 90% lebih cahaya lewat permukaannya.
  • Tingkat keringanan: Polikarbonat jauh lebih ringan dibandingkan dengan material kaca. Hal tersebut membuat plastik ini memiliki nilai efisiensi yang tinggi karena dapat memudahkan proses instalasi dan mengurangi biaya distribusi.
  • Ketahanan terhadap sinar UV: Polikarbonat bisa dirancang sedemikian sehingga dapat tahan terhadap radiasi ultraviolet.
  • Sifat optik: Plastik PC memiliki sifat optik yang sangat baik dengan indeks bias mencapai 1.584.
  • Ketahanan kimiawi: Plastik polikarbonat memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap zat asam, hidrokarbon alifatik, dan alkohol. 
  • Ketahanan panas: Plastik PC cukup tahan panas, dan dapat stabil secara termal sampai pada suhu 135°C.

Proses Pembuatan Plastik Polikarbonat

Perpaduan polimer polikarbonat dari bisphenol A dan phosgenePerpaduan polimer polikarbonat dari bisphenol A dan phosgene

Polikarbonat diproduksi lewat proses polimerisasi kondensasi dari bisfenol A (BPA; C15H16O2), dan fosgen (COCl2).

Metode yang Umum digunakan untuk mengolah Plastik PC

  • Ekstrusi
  • Cetak injeksi 
  • Cetak tiup 
  • Thermoforming

Plastik PC dilelehkan dan dialirkan ke dalam mold dengan tekanan tinggi untuk mendapatkan bentuk produk yang diinginkan. Proses pengeringan dilakukan kurang lebih 2-4 jam pada suhu 120°C.

Untuk menghindari degradasi material, residence time maksimum yang ideal pada plastik PC adalah 6 sampai 12 menit tergantung pada suhu pelelehan yang telah ditentukan. Dua metode yang paling sering digunakan dalam memproduksi plastik polikarbonat adalah cetak injeksi dan ekstrusi.

Cetak Injeksi

Cetak injeksi merupakan metode yang paling lazim digunakan dalam memproduksi plastik PC. Dikarenakan polikarbonat memiliki viskositas yang tinggi, maka dibutuhkan temperatur yang tinggi dalam proses produksi untuk mereduksi sifat tersebut.

Dalam proses ini, polikarbonat yang telah mencair akan disuntikkan ke dalam mold dengan tekanan tinggi. Polikarbonat tersebut kemudian akan mencapai bentuk dan karakteristik sesuai desain ketika mold telah mendingin. Metode cetak injeksi pada polikarbonat biasanya digunakan untuk memproduksi botol, piring, dan sebagainya.

Ekstrusi

Pada proses ini, plastik PC yang telah meleleh dialirkan ke dalam rongga yang akan membantunya mencapai bentuk akhir yang diinginkan. Proses ini biasanya digunakan untuk memproduksi lembar plastik PC, pipa, dan masih banyak lagi.

Begitulah sedikit penjelasan mengenai karakteristik plastik polikarbonat. Jika Anda membutuhkan informasi mengenai plastik lainnya, atau sedang membutuhkan material plastik bermutu dengan harga bersaing, Tokoplas bisa menjadi solusi Anda.

© 2020 Tokoplas. All rights reserved