Mengenal Plastik Polistirena (PS)

Mengenal Plastik Polistirena (PS)

Polistiren adalah jenis polimer dengan yang termasuk kategori termoplastik. Dengan berbagai bentuk dan karakteristiknya, plastik yang satu ini dapat digunakan dalam berbagai aplikasi mulai dari pengemasan hingga insulasi bangunan.

Polistirena merupakan salah satu plastik yang paling banyak digunakan di seluruh dunia, dengan angka produksi mencapai 7 juta ton per tahunnya.

Apa itu Polistirena

Formula kimia dari polystyreneFormula kimia dari polystyrene

Plastik polistiren, atau plastik PS, merupakan sintetik-aromatic hidrokarbon-polimer yang dibentuk dari monomer stirena. Plastik PS tersedia baik dalam bentuk plastik solid pada umumnya, dan juga plastik busa (foam).

Polystyrene pertama kali ditemukan pada tahun 1839 oleh Eduard Simon, seorang apoteker dari Berlin. Ia menyuling zat berminyak yang diambil dari dari pohon Liquidambar Orientalis. Zat tersebut merupakan monomer yang ia beri nama styrol. Beberapa hari kemudian, Simon menemukan bahwa styrol tersebut telah mengental menjadi jelly yang dia namakan styrol oxide karena dianggapnya dihasilkan dari proses oksidasi.

Pada tahun 1845, kimiawan kelahiran Jamaika John Buddle Blyth dan ahli kimia Jerman August Wilhelm von Hofmann menemukan bahwa transformasi styrol yang sama terjadi tanpa adanya oksigen. Mereka menyebut produk tersebut dengan "meta styrol", zat yang identik secara kimiawi dengan Styroloxyd yang ditemukan oleh Eduard Simon.

Pada tahun 1866, Marcellin Berthelot mengidentifikasi bahwa pembentukan meta styrol / Styroloxyd dari styrol sebagai hasil dari proses polimerisasi. Sekitar 80 tahun kemudian disadari bahwa proses pemanasan styrol memicu reaksi berantai yang menghasilkan makromolekul. Hal ini akhirnya menyebabkan zat tersebut menerima namanya yang sekarang, polistirena.

Karakteristik Plastik Polistirena

Plastik polistirena memiliki karakter isolator listrik yang sangat baik, tahan akan zat dilutif, dan memiliki sifat optik yang sangat bening. Plastik ini juga cenderung mudah untuk diolah menjadi berbagai macam produk karena akan bertahan pada bentuk cair di atas glass transition temperature-nya, sehingga mudah untuk dicetak.

Namun, polistirena memiliki beberapa limitasi, diantaranya ketahanan akan oksigen dan sinar UV yang buruk, dan tidak tahan bentur. Selain itu, rentang suhu penggunaannya terbilang cukup rendah karena rendahnya kristalinitas dan glass transition temperature-nya, sekitar Tg = 373 K (100°C).

Beberapa kelemahan plastik PS tersebut bisa diatasi menggunakan proses kopolimerisasi dengan monomer lain. Sebagai contoh, polistirena bisa dikombinasikan dengan metil metakrilat, menjadi kopolimer poli(stirena-ko-metil metakrilat) (PSMMA) yang lebih tahan zat kimia dan sinar UV.

Untuk meningkatkan stabilitas suhu dan sifat mekanisnya, plastik PS bisa dipadukan dengan akrilonitril menjadi poli(strirena-ko-akrilonitril) (PSAN). Jika ditambahkan dengan butadiena, maka poli(stirena-ko-akrilonitril-ko-butadiena) akan memiliki tingkat tensilitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan polistirena murni.

Produk Komersial Polistirena

Polistirena merupakan salah satu komoditas plastik yang paling penting. Tiga grade stirena yang paling populer yaitu

GPPS (General Purpose Polystyrene)

General Purpose Polystyrene, atau yang biasa disebut dengan polistirena bening, memiliki sifat transparan dan memiliki tingkat ketahan bentur yang moderat. Plastik yang relatif rendah biaya ini biasanya diproduksi dengan bentuk biji plastik 2-5 mm.

HIPS (High Impact Polystyrene)

High Impact Polystyrene mengandung 5 sampai 10% karet (butadiena) dan biasanya digunakan untuk pengaplikasian yang membutuhkan material yang tahan bentur.

EPS (Expandable Polystyrene)

Expandable Polystyrene merupakan polistirena berbentuk busa dengan kadar udara mencapai 95%. Polistirena yang satu ini memiliki sifat isolator termal yang baik, dan juga dapat meredam benturan sehingga sering digunakan sebagai bahan pembuatan kemasan makanan sekali pakai dan kontainer.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai plastik polistirena dan jenis plastik lainnya, Anda bisa langsung menghubungi Tokoplas dan temukan solusi terbaik untuk kebutuhan plastik Anda.

© 2020 Tokoplas. All rights reserved