Mengenal Plastik Polivinil Klorida (PVC)

Mengenal Plastik Polivinil Klorida (PVC)

Artikel kali ini akan membahas mengenai plastik polivinil klorida yang merupakan salah satu polimer yang paling sering diproduksi di seluruh dunia (urutan ketiga setelah plastik PET dan PP). Saat ini, sekitar 40 juta ton plastik PVC diproduksi setiap tahunnya!

Apa sih yang membuat polivinil klorida begitu populer? Lalu bagaimana karakteristiknya, dan bagaimana cara memprosesnya? Dapatkan jawabannya di pembahasan di bawah ini.

Apa itu Plastik PVC?

Plastik polivinil klorida (PVC) adalah termoplastik ekonomis dan serbaguna yang lazim diaplikasikan pada industri konstruksi bangunan. Plastik PVC biasanya dipakai untuk memproduksi profil pintu dan jendela, pipa (air minum dan pembuangan), isolasi kawat dan kabel, peralatan medis, dan masih banyak lagi.

Plastik PVC pertama kali ditemukan oleh Eugene Baumann pada tahun 1872 dan dikomersialkan oleh B. F. Goodrich Company pada tahun 1920. Hal tersebut membuat polivinil klorida menjadi salah satu jenis plastik yang paling awal ditemukan. Sebagai perbandingan, plastik polimer lainnya baru ditemukan dan dikomersialkan 20 tahun setelahnya, sekitar tahun 1940-an.

Bentuk Dasar PVC

Polivinil klorida pada umumnya tersedia dalam dua kategori bentuk: Fleksibel dan Kaku (Rigid). Namun, masih banyak bentuk PVC lain di luar dari dua bentuk tersebut, contohnya CPVC, PVC-O, dan PVC-M.

  1. PVC Fleksibel (PVC-P) (Densitas: 1.1-1.35 g/cm3): PVC fleksibel, atau biasa juga disebut dengan plasticized PVC dibentuk dengan cara menambahkan plasticizer (aditif yang meningkatkan fleksibilitas dan ketahanan) sehingga menurunkan tingkat kristalinitasnya. Penambahan plasticizer pada PVC menghasilkan plastik yang lebih bening dan fleksibel.

  2. PVC Kaku (Densitas: 1.3-1.45 g/cm3): Plastik PVC dengan bentuk ini memiliki karakter kaku dan resisten terhadap benturan, air, pelapukan, dan korosi. PVC kaku dikenal juga dengan UPVC, PVC-U, atau uPVC.

Karakteristik Utama Plastik PVC

Plastik PVC adalah material yang cukup serbaguna dan terbilang rendah biaya. Beberapa karakteristik utama yang menjadi kelebihan plastik PVC antara lain:

  1. Resisten terhadap aliran listrik: sifat ini membuat polivinil klorida sangat cocok untuk dijadikan sebagai material isolator listrik.

  2. Awet: PVC tahan terhadap pelapukan, korosi, pembusukan kimiawi dan abrasi. Hal tersebut membuat plastik ini banyak digunakan untuk pengaplikasian outdoor.

  3. Cost-Effective: Polivinil klorida memiliki sifat fisik dan mekanis yang baik sehingga dapat bertahan lama dengan low maintenance.

  4. Tidak mudah terbakar: Plastik PVC tidak mudah terbakar karena kaya akan klorin.

  5. Resisten terhadap zat kimia: PVC tahan terhadap segala zat kimia anorganik seperti asam, alkali, dan hidrokarbon alifatik.

Proses Pembuatan Plastik Polivinil Klorida

Proses polimerisasi dari polivinil kloridaProses polimerisasi dari polivinil klorida

Polivinil klorida diproduksi lewat proses polimerisasi atas monomer vinil klorida. Terdapat dua metode yang lazim digunakan untuk memproduksi PVC secara komersial yaitu:

  • Suspension PVC (S-PVC)
  • BUlk atau Emulsion (E-PVC)

Proses Suspension PVC (S-PVC)

Monomer dimasukkan bersamaan dengan inisiator polimerisasi dan aditif lain ke dalam reaktor bertekanan tinggi. Konten dalam tabung reaktor tersebut akan dicampur terus menerus guna mempertahankan suspensi dan memastikan ukuran partikel resin PVC seragam.

PVC yang dihasilkan proses ini memiliki ukuran partikel rata-rata 100-150 µm dengan kisaran 50-250 µm.

Proses Bulk atau Emulsion PVC (E-PVC)

Proses emulsi dilakukan menggunakan senyawa surfaktan (senyawa yg menurunkan tegangan permukaan, contoh: sabun) Untuk memecah monomer vinil klorida dalam air. Monomer yang terperangkap dalam misel surfaktan / sabun akan terlindungi oleh sabun, dan polimerisasi berlangsung dengan inisiator yang larut dalam air.

Partikel primer yang dihasilkan berupa bidang padat dengan permukaan halus yang berkelompok tidak teratur, dengan ukuran partikel rata-rata 40-50 µm dengan kisaran 0,1-100 µm.

Begitulah sedikit penjelasan mengenai karakteristik plastik PVC. Jika Anda membutuhkan informasi mengenai plastik lainnya, atau sedang membutuhkan material plastik bermutu dengan harga bersaing, Tokoplas bisa menjadi solusi Anda.

© 2020 Tokoplas. All rights reserved