Pemanfaatan Kalsium Karbonat untuk Plastik PVC dan PP

Pemanfaatan Kalsium Karbonat untuk Plastik PVC dan PP

Kalsium Karbonat (CaCO3) merupakan salah satu filler mineral yang paling banyak digunakan dalam industri plastik. Mineral yang satu ini memiliki ketersediaan yang cukup banyak sehingga memiliki harga yang cukup murah. Sifatnya yang mudah untuk digiling atau dilebur menjadi ukuran tertentu juga membuat kalsium karbonat cocok untuk diaplikasikan pada berbagai jenis polimer.

Sebagai bahan aditif plastik, kalsium karbonat dapat membantu memberikan opasitas dan kilap permukaan, sehingga meningkatkan hasil akhir permukaan produk. Ditambah lagi, jika ukuran partikel dikendalikan dengan baik, CaCO3 dapat membantu meningkatkan ketahanan bentur dan kekakuan produk plastik.

Kalsium karbonat dapat diaplikasian pada berbagai jenis resin termoplastik. Dua jenis plastik yang paling umum menggunakan kalsium karbonat adalah Polivinil Klorida (PVC) dan Polipropilena (PP). Di bawah ini merupakan penjelasan mengenai pengaplikasian kalsium karbonat pada plastik PVC dan plastik PP.

Pengaplikasian Kalsium Karbonat pada PVC

Kalsium karbonat digunakan pada beberapa pengaplikasian produk PVC seperti pipa dan rigid foam. Penggunaan mineral ini juga cocok untnuk berbagai teknik pengolahan seperti injection molding, ekstrusi, dan metode pengolahan lainnya.

Pressure Pipe

Kalsium karbonat bisa dimasukkan ke dalam formulasi untuk pembuatan pressure pipe dimana penambahan sekitar 2-3 phr (Parts per Hundred Rubber) dapat meningkatkan sifat pemrosesan dan memastikan gelasi yang lebih lengkap.

Rigid PVC Foam

Penggunaan kalsium karbonat dapat memberikan berbagai keuntungan karakteristik pemrosesan pada rigid cellular PVC. Beberapa keuntungan dari penggunaan kalsium karbonat pada rigid PVC foam antara lain:

  • Berperan sebagai nucleating agent

  • Meningkatkan ketahanan bentur secara signifikan

  • Memperbaiki hasil permukaan produk

Pengaplikasian Kalsium Karbonat pada PP

Produk tas atau karung plastik propilena yang biasa ditemukan mengandung kalsium karbonat sebagai bahannyaProduk tas atau karung plastik propilena yang biasa ditemukan mengandung kalsium karbonat sebagai bahannya

Kalisum karbonat biasanya digunakan pada pembuatan tas atau karung plastik polipropilena, dan tas FIBC (Flexible Intermediate Bulk Container). Mineral yang satu ini digunakan pada pembuatan produk-produk tersebut dengan tujuan meningkatkan kekuatan dan printability-nya. Selain itu, kalsium karbonat juga dimanfaatkan sebagai material pengganti sebagian porsi penggunaan plastik virgin guna meningkatkan keuntungan.

Demikian informasi mengenai pemanfaatan kalsium karbonat pada plastic PP dan PVC. Bagi Anda pebisnis plastik, Anda dapat menemukan produk kalisum karbonat untuk kebutuhan plastik Anda di Tokoplas.

Tokoplas merupakan online marketplace resin/ biji plastik pertama dan terbesar di Indonesia yang memfasilitasi transaksi antara penjual dan pembeli resin/biji plastik dengan informasi yang lengkap, transparan, dan harga yang bersaing.

Temukan semua kebutuhan resin/biji plastik Anda hanya di Tokoplas!

© 2021 Tokoplas. All rights reserved