Polistirena: Apa Perbedaan antara Plastik HIPS dan GPPS?

Polistirena: Apa Perbedaan antara Plastik HIPS dan GPPS?

Polistirena (PS) adalah salah satu termoplastik paling populer di dunia karena dinilai sangat serbaguna. Namun, tergantung pada tujuan pengaplikasiannya Anda harus menentukan jenis plastik polistirena mana yang harus dipilih. Dari beberapa macam polistirena, dua yang paling lazim ditemukan adalah High Impact Polystyrene (HIPS) dan General-Purpose Polystyrene (GPPS).

Masing dari keduanya memiliki sifat dan kelebihan tersendiri yang dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk menentukan plastik mana yang cocok diaplikasikan untuk produk Anda. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memahami perbedaan plastik HIPS dan GPPS terlebih dahulu sebelum menjatuhkan keputusan memilih plastik mana yang akan digunakan.

Kesamaan antara Plastik HIPS dan Plastik GPPS

Sementara terdapat beberapa perbedaan antara plastik HIPS dan plastik GPPS, keduanya merupakan polistirena yang berarti juga berbagi kesamaan karakteristik. Karena merupakan plastik PS, plastik HIPS dan plastik GPPS relatif rendah biaya, kaku, dan juga mudah untuk diproses. HIPS dan GPPS dapat diproses menggunakan metode pencetakan injeksi, ekstrusi, cetak tiup, dan thermoforming.

Kedua plastik ini merupakan material yang aman digunakan sebagai bahan kemasan atau peralatan yang bersentuhan langsung dengan makanan. Selain itu, HIPS dan GPPS dapat dan lazim diaplikasikan sebagai bahan pembuatan peralatan medis, dan peralatan rumah tangga.

Kedua resin polistirena ini memiliki nilai estetika yang cukup baik karena secara alamiah memiliki kilap yang bagus dan mudah untuk dicat, direkatkan, dan dicetak. HIPS dan GPPS juga plastik yang dapat didaur ulang.

Karakteristik Unik dari Plastik High-Impact Polystyrene (HIPS)

Seperti namanya, High-Impact Polystyrene (HIPS) merupakan resin polistirena yang memiliki ketahanan bentur dan stabilitas dimensi yang baik. HIPS secara alami memiliki warna putih. Meskipun tidak transparan secara alami, HIPS dapat dicat dan dilem dengan mudah untuk menambah nilai estetikanya. Contoh kemasan makanan yang menggunakan plastik HIPS adalah wadah yogurt.

Dimana dapat Membeli Plastik HIPS dan Plastik GPPS?

Tokoplas sebagai pasar digital B2B resin/biji plastik pertama dan terbesar di Indonesia yang memfasilitasi transaksi antara penjual dan pembeli plastik HIPS dan plastik GPPS dengan informasi yang lengkap dan transparan. beri tahu kami tentang kebutuhan polistirena Anda dan kami dapat merekomendasikan resin yang tepat untuk Anda.

© 2020 Tokoplas. All rights reserved