Apakah Plastik Daur Ulang Lebih Baik dari Plastik Virgin?

Apakah Plastik Daur Ulang Lebih Baik dari Plastik Virgin?

Pemilihan bahan plastik yang tepat sangat penting untuk membuat produk yang berkualitas.

Di samping itu, Anda harus lebih bijak dalam mempertimbangkan dampak bahan plastik terhadap lingkungan. Plastik daur ulang tentu bermanfaat bagi lingkungan, namun ada beberapa pertimbangan lain yang membuat plastik virgin masih diperlukan saat ini untuk beberapa industri.

Saat ini terdapat dua jenis plastik, yaitu plastik virgin dan plastik daur ulang. Plastik daur ulang memang biasa digunakan untuk kebutuhan beberapa sektor industri. Namun, ada beberapa kriteria aspek atau kualitas produk akhir yang hanya mungkin dicapai dengan menggunakan material plastik virgin.

Artikel ini akan menjelaskan apa saja perbedaan mendasar antara plastik virgin dan plastik daur ulang.

Plastik Virgin

Plastik virgin adalah resin plastik yang diproduksi menggunakan gas alam, minyak bumi, dan minyak mentah. Sumber alam yang digunakan untuk memproduksi jenis plastik ini belum pernah diproses sebelumnya. Jadi, plastik virgin merupakan plastik baru tanpa bahan daur ulang.

Kelebihan Plastik Virgin

  • Ekstrusi lebih stabil
  • Tidak ada perubahan struktur molekul ketika dipanaskan

Kekurangan Plastik Virgin

  • Plastik virgin memiliki biaya produksi yang lebih tinggi
  • Penggunaan yang berlebihan juga akan mengurangi bahan bakar fosil

Plastik Daur Ulang

Botol plastik transparan yang biasa digunakan untuk menampung air minum dibuat menggunakan plastik daur ulangBotol plastik transparan yang biasa digunakan untuk menampung air minum dibuat menggunakan plastik daur ulang

Sesuai dengan namanya, plastik daur ulang dibuat menggunakan plastik bekas. Bahan pembuatannya juga berasal dari berbagai jenis plastik. Resin yang dibuat dari plastik daur ulang ini dapat langsung digunakan oleh produsen plastik untuk membuat produk baru.

Post-consumer

Jenis plastik ini dianggap sebagai bahan yang diolah kembali setelah lepas dari tangan konsumen. Misalnya, bahan daur ulang seperti kemasan makanan yang dibawa ke fasilitas daur ulang untuk diproses. Di sana, bahan tersebut dicuci hingga dibuat menjadi pelet plastik untuk menjadi bahan pasca-konsumsi baru.

Post-industrial

Sebaliknya, plastik pasca-industri adalah plastik daur ulang yang hanya digunakan oleh pabrik tersebut, tidak pernah digunakan oleh konsumen secara langsung.

Penggunaan plastik jenis post-industrial ini dilakukan demi menjaga efisiensi dan biaya yang harus dikeluarkan. Nantinya, perusahaan manufaktur plastik akan mendaur ulang plastik yang gagal produk atau mengolah sisa-sisa bahan plastik yang tidak terpakai.

Kelebihan Plastik Daur Ulang

  • Biaya produksi lebih rendah
  • Lebih ramah lingkungan
  • Kualitas hampir sama dengan plastik virgin

Kekurangan Plastik Daur Ulang

  • Adanya kontaminasi
  • Struktur molekul lebih lemah karena sering diproses ulang
  • Semakin sering didaur ulang, semakin tinggi juga scrap rate nya
  • Dibutuhkan pembersihan yang menyeluruh untuk kemasan makanan dan minuman

Nah, itulah penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan plastik virgin dan plastik daur ulang.

Plastik virgin memang memiliki kualitas bahan yang tinggi. Namun, penggunaan yang berlebih akan mengurangi sumber daya nya. Kira-kira, Anda lebih tertarik untuk menggunakan jenis plastik yang mana? Plastik virgin atau plastik daur ulang?

Apabila Anda kesulitan untuk menemukan jenis plastik yang dibutuhkan, segera hubungi Tokoplas untuk menemukan jenis biji plastik sesuai yang Anda inginkan.

© 2020 Tokoplas. All rights reserved