Bagaimana Plastik Merevolusi Industri Makanan dan Minuman?

Bagaimana Plastik Merevolusi Industri Makanan dan Minuman?

Plastik merupakan salah satu material bahan baku terpenting yang telah digunakan di berbagai sektor industri di dunia. Karena keunggulannya yang awet dan ekonomis, plastik sering digunakan sebagai material pengganti bahan baku lainnya dalam pembuatan produk.

Berdasarkan dari fenomena tersebut, plastik seringkali disebut sebagai material revolusioner yang behasil merubah corak dan pola produksi di berbagai industri, termasuk industri makanan dan minuman. Pada artikel ini, kami akan secara khusus membahas mengenai peran plastik dalam merevolusi industri makanan dan minuman sampai saat ini.

Bagaimana Plastik Memengaruhi Industri Makanan dan Minuman?

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu dari sekian banyak sektor industri yang banyak menggunakan plastik untuk menghasilkan produk-produknya. Dengan terus meningkatnya permintaan akan pangan di seluruh dunia, produsen dituntut untuk menggunakan material yang serbaguna dan bisa diolah secara massal.

Motif tersebutlah yang mengantar industri ini untuk menggunakan material plastik, sehingga menjadi salah satu sektor industri terbesar di dunia. Berikut beberapa contoh kasus bagaimana penggunaan plastik berdampak pada pengolahan produk industri makanan dan minuman.

 

Peralatan Dapur dan Peralatan Makan

Sendok dan garpu berwarna hijau merupakan salah satu contoh penggunaan plastik di industri makananSendok dan garpu berwarna hijau merupakan salah satu contoh penggunaan plastik di industri makanan

Kayu dan logam merupakan dua material yang biasanya digunakan dalam pembuatan peralatan dapur dan alat makan. Namun, sekitar tahun 1960an plastik mulai digunakan sebagai bahan baku pembuatan peralatan makan yang lebih ekonomis dan ringan.

Penggunaan plastik sebagai bahan baku pembuatan peralatan dapur dan peralatan makan sangat menguntungkan industri restoran dan makanan siap saji. Hal tersebut dikarenakan peralatan makan yang terbuat dari plastik lebih mudah untuk dikemas dan didistribusikan kepada konsumen.

Selain itu, proses pengolahan peralatan makan berbahan plastik juga cenderung lebih mudah jika dibandingkan dengan peralatan makan berbahan material lainnya. Hal tersebutlah yang membuat peralatan makan dan peralatan dapur plastik memiliki akses yang lebih mudah ke pasar yang lebih luas.

Produksi dan Distribusi Botol Plastik

Botol plastik bening sekali pakai yang mudah ditemukan sehari-hariBotol plastik bening sekali pakai yang mudah ditemukan sehari-hari

Seperti halnya pada industri makanan, industri minuman juga menjadi salah satu sektor industri yang paling produktif dan menguntungkan di dunia. Jutaan galon produk minuman didistribusikan kepada konsumen setiap harinya. Hal tersebut dimungkinkan berkat keberadaan botol dan kontainer plastik, yang membuat proses distribusi produk menjadi lebih mudah dan efisien.

Plastik merupakan material yang paling efektif untuk digunakan sebagai wadah penyimpan air, mulai dari gelas, botol, galon, sampai dengan drum. Hal ini berkat sifat unggul plastik yang ringan dan tidak berbau, sehingga tidak mengganggu kualitas produk di dalamnya.

Dengan fakta bahwa permintaan pasar terhadap produk minuman akan terus meningkat, plastik nampaknya akan tetap menjadi material yang digunakan dalam mengemas dan mendistribusikan minuman ke pasaran untuk puluhan tahun ke depan.

Reusable Packaging

Wadah makanan dengan beragam bentuk dan warna yang terbuat dari plastikWadah makanan dengan beragam bentuk dan warna yang terbuat dari plastik

Seiring berjalannya waktu, bukan hanya keserbagunaan plastik semata yang mengalami peningkatan, melainkan juga nilai keberlanjutannya (sustainability). Pembuatan kemasan plastik yang bisa digunakan berulang kali memungkinkan baik industri dan konsumen untuk menggunakan plastik dengan lebih efisien tanpa harus membuangnya menjadi sampah. Hal ini tentu memiliki dampak positif dari sisi konsumen, dan terlebih penting lagi dari sisi lingkungan.

Selain dapat digunakan berulang kali, kemasan plastik juga dapat didaur ulang menjadi produk plastik baru. Pendaurulangan plastik bukan hanya membuatnya menjadi material yang ramah lingkungan, tetapi juga cost-effective. Penggunaan plastik daur ulang dapat membantu produsen untuk menghemat bahan baku plastik secara keseluruhan, sehingga memungkinkan mereka untuk memaksimalkan keuntungan bagi bisnisnya.

Demikian pembahasan mengenai peran plastik dalam merevolusi industri makanan dan minuman. Industri makanan dan minuman sepertinya akan tetap menjadi salah satu yang sektor industri terbesar dan paling produktif di dunia. Pertumbuhan industri ini akan didorong lebih jauh melalui penggunaan bahan plastik untuk membuat berbagai macam produk dan kemasan.

Dengan mengidentifikasi beberapa pengaplikasian plastik dalam industri ini, Anda akan dapat melihat mengapa plastik begitu penting dalam menyokong pertumbuhan industri ini dan memperkirakan bagaimana tren penggunaan plastik selanjutnya di masa yang akan datang.

Jelajahi website kami untuk menemukan berbagi informasi menarik terkait plastik lainnya. Bagi pebisnis plastik, Anda juga bisa mencari berbagai kebutuhan bahan baku plastik Anda di Tokoplas, mulai dari PE, PP, PS, biji plastik daur ulang, sampai dengan aditif plastik.

Temukan resin/biji plastik sesuai kebutuhan Anda hanya di Tokoplas!

© 2021 Tokoplas. All rights reserved