Segala yang Perlu diketahui tentang Plastik Film

Segala yang Perlu diketahui tentang Plastik Film

Film plastik merupakan material plastik tipis, yang biasanya digulung, atau dipotong menjadi lembaran. Pada umumnya, plastik film tersedia dengan ketebalan 0.06mm hingga 0.25mm. Jika material plastik lebih tebal daripada ukuran tersebut, maka material tersebut bukan lagi merupakan plastik film, melainkan lembaran plastik (plastic sheet).

Plastik film dapat dibuat dari resin yang berbeda-beda. Masing-masing resin memiliki kombinasi sifat unik yang membuatnya menjadi material ideal untuk aplikasi tertentu. Misalnya, film yang terbuat dari LDPE memiliki sifat isolasi udara yang baik. Karakteristik tersebut sangat diperlukan untuk pengemasan daging ayam, yang mana cepat rusak jika terpapar oksigen.

Film polivinil klorida (PVC), di sisi lain, kedap udara cocok digunakan untuk mengemas hal-hal seperti daging merah, yang membutuhkan sedikit oksigen di dalam paket agar tetap segar. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai kelebihan dan kegunaan dari plastik film, mari kita simak bersama pembahasan berikut.

Pengaplikasian Plastik Film

Produk Kemasan Pangan

 

Pembungkus kemasan botol minuman yang terbuat dari plastik filmPembungkus kemasan botol minuman yang terbuat dari plastik film

Plastik film dapat digunakan untuk kemasan makanan non-beku, boil-in-bag (plastik film yang digunakan untuk mengemas makanan yang proses persiapannya dimasukkan ke dalam air mendidih), pembungkus permen dan kembang gula, bungkus daging, ayam juga seafood.

Produk Kemasan Non Pangan

Tampak dekat bubble wrap yang biasa digunakan untuk packing barangTampak dekat bubble wrap yang biasa digunakan untuk packing barang

Kemasan film produk non pangan digunakan sebagai liner industrial, karung/kantong pengiriman, bubble packing, amplop, multiwall sack liner, dan overwrap.

Produk Non Kemasan

Atap rumah kaca untuk industri pertanian yang menggunakan plastik filmAtap rumah kaca untuk industri pertanian yang menggunakan plastik film

Plastik film juga juga banyak digunakan sebagai bahan pembuatan produk yang bukan merupakan kemasan. Misalnya pada industri pertanian, yang menggunakan film pada aplikasi rumah kaca, fumigasi, dan masih banyak lagi. Plastik film juga banyak digunakan pada industri konstruksi sebagai penghalang uap di dinding, pelapis cat dan tirai, dan masih banyak lagi.

 Resin yang digunakan untuk Membuat Plastik Film

Seperti yang telah disinggung di atas, plastik film bisa dibuat dari berbagai macam resin. Berikut adalah penjelasan dari beberapa resin yang biasa digunakan untuk membuat plastik film.

LLDPE / LLDPE

Kedua resin polietilena ini memiliki sifat yang serupa, yaitu bening atau tembus pandang, tahan terhadap kelembapan udara, dan sangat fleksibel. Karena beberapa sifatnya yang serupa, keduanya juga sering digunakan dalam aplikasi yang sama, termasuk namun tidak terbatas pada stretch wrap, shrink wrap, boil-in-bag, bubble wrap, liner, kantong belanja, kantong sampah, dan film pertanian juga konstruksi.

Meskipun begitu, keduanya tetap memiliki beberapa perbedaan. Misalnya, pemilihan LDPE karena tingkat beningnya yang lebih tinggi, lebih mudah diproses dan tingkat kilap yang lebih tinggi. LLDPE, di sisi lain, dipilih karena ketahanan regang dan ketahanan benturannya yang lebih baik, serta daya tahan panasnya.

HDPE

HDPE film juga sering digunakan pada banyak aplikasi yang serupa seperti LDPE dan LLDPE. Misalnya, sebagai kantong roti, liner industri, kantong belanja, kemasan kaos, film pertanian, film konstruksi serta banyak produk lainnya.

PP

Plastik film PP memiliki karakteristik unggul diantaranya resisten akan kelembapan, tembus pandang, mengkilap, dan ketahanan renggang yang cukup baik. Resin ini juga memiliki titik leleh yang tinggi sehingga sering digunakan sebagai kemasan produk yang memerlukan sterilisasi di suhu tinggi. Film PP biasanya digunakan untuk mengemas barang-barang seperti rokok, permen, makanan ringan, produk roti, keju, dan barang sanitasi.

PVC

Plastik film PVC dapat ditemukan dalam bentuk stretch wrap, shrink wrap, liner, pita perekat, label, dan kantong darah. Film dengan bahan ini juga digunakan untuk mengemas daging merah segar karena sifatnya yang bisa menjaga sirkulasi udara.

PET

Plastik film PET banyak digunakan sebagai film fotografi, film x-ray, film rekaman audio dan video magnetik. PET memiliki sifat mekanik (kuat dan kaku), juga sifat termal yang baik. PET juga bisa dibuat bening atau berwarna untuk penyesuaian pada aplikasi tertentu.

Keuntungan dari Penggunaan Plastik Film

Mereduksi Penggunaan Bahan Baku

Salah satu keuntungan yang utama dari penggunaan plastik film adalah kemampuannya untuk mengurangi jumlah bahan yang dibutuhkan untuk membuat produk. Bagaimana bisa?

Plastik memiliki rasio kekuatan-berat yang tinggi, hal itu memungkinkan produsen untuk dapat menggunakan lebih sedikit bahan dalam pembuatan produk. Misalnya, dalam kemasan minuman ringan 450 ml, dibutuhkan 30 gram material plastik. Sedangkan pembuatan kemasan yang sama membutuhkan 200 material gelas.

Biaya Produksi 

Rasio kekuatan-berat film plastik yang tinggi juga berperan penting dalam memangkas biaya produksi. Karena film plastik yang dibutuhkan sangat sedikit, maka produsen hanya perlu membeli sedikit bahan baku.

Selain itu dengan sedikitnya bahan baku yang digunakan juga akan mengurangi kebutuhan energi dalam proses produksi, tidak membutuhkan ruang produksi yang besar, dan juga beban distribusi yang lebih sedikit.

Serbaguna

Manfaat lain yang didapatkan dari penggunaan plastik film adalah keserbagunaannya. Plastik film dapat digunakan secara terpisah, digunakan bersama dengan resin plastik lain, atau bahkan digunakan bersama material non plastik lain seperti kertas dan aluminium. Sifat fleksibilitas dari plastik film tersebut memungkinkan produsen untuk membuat kemasan dengan fungsi yang spesifik dan beragam.

Telusuri informasi lebih dalam mengenai plastik fim dan temukan solusi terbaik untuk kebutuhan plastik Anda bersama Tokoplas.

© 2020 Tokoplas. All rights reserved