Pengaplikasian Plastik Daur Ulang apda Industri Otomotif

Pengaplikasian Plastik Daur Ulang apda Industri Otomotif

Penggunaan plastik sebagai bahan pembuatan komponen kendaraan di industri otomotif setiap tahunnya semakin meningkat. Seiring dengan kemunculan urgensi atas isu-isu keberlanjutan lingkungan, banyak produsen-produsen kendaraan yang berencana mulai atau telah menggunakan plastik daur ulang dalam pembuatan kendaraan yang mereka produksi.

Secara rara-rata, plastik berkontribusi pada kurang lebih 50% bobot kendaraan modern. Hal tersebut menunjukkan bahwa potensi penggunaan plastik daur ulang sebagai bahan pembuatan kendaraan cukup besar. Plastik biasanya digunakan untuk membuat komponen interior kendaraan seperti dashboard, airbag, tombol panel, busa jok, dan komponen lainnya.

Di luar itu, plastik juga lazim digunakan sebagai bahan pembuatan komponen mesin, khususnya untuk kendaraan ICE (Internal Combustion Engine). Lantas bagaimana para produsen otomotif memberdayakan potensi tersebut guna membuat produknya lebih ramah lingkungan?

Bagaimana Plastik Daur Ulang Digunakan di Industri Otomotif?

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, plastik berkontribusi pada kurang lebih 50% bobot kendaraan saat ini. Dari berbagai komponen kendaraan yang terbuat dari plastik, beberapa diantaranya bisa diproduksi menggunakan plastik daur ulang. Sebagai contoh yaitu peredam suara, karpet, interior lining, dan bumper. Untuk selengkapnya terkait penggunaan plastik daur ulang dalam pembuatan kendaraan, berikut contoh penerapannya dari beberapa produsen kendaraan.

Toyota

Dalam laporan Environmental Report nya di tahun 2018, Toyota menyatakan bahwa 20% plastik yang mereka gunakan dalam memproduksi kendaraan merupakan plastik daur ulang atau plastik yang terbuat dari tanaman. Selain itu, Toyota juga mendaur ulang kendaraan uji cobanya (tipe Prius) untuk membuat bangku daur ulang yang ditempatkan di kantor pusatnya.

General Motors

GM merupakan salah satu pelopor dari landfill-free program yang bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh limbah produksi mereka didaur ulang, digunakan kembali, atau dirubah menjadi sumber energi. Salah satu penerapannya yaitu pendaurulangan botol plastik menjadi penutup kedap suara pada mesin mobil Chevrolet Equinox. Selain itu, mereka juga menggunakan tutup kemasan plastik untuk didaur ulang menjadi penutup radiator untuk GMC Sierras.

Ford

Ford merupakan salah satu produsen kendaraan yang cukup aktif memanfaatkan plastik daur ulang dalam produksi kendaraannya. Produsen kendaraan dari Amerika ini menggunakan 1.2 miliar botol plastik per tahunnya untuk didaur ulang guna memproduksi berbagai macam komponen kendaraan. Ford juga mengumpulkan bagian plastik pada kendaraannya yang rusak, bumper misalnya, guna mengolahnya kembali menjadi bumper baru.

Honda

Produsen kendaraan asal Jepang ini memiliki fasilitas Research and Development di Raymond, Ohio, yang dikhususkan untuk melakukan pengembangan pemanfaatan plastik daur ulang untuk pembuatan komponen kendaraan mereka. Salah satu contoh penerapannya yaitu mobil-mobil Acura Honda, yang kain joknya terbuat dari plastik daur ulang.

Chrysler

Chrysler merupakan salah satu produsen kendaraan yang menjadi pioneer dalam pemanfaatan plastik daur ulang pada industri otomotif. Chrysler menggunakan plastik daur ulang untuk memproduksi wheel liner pada Jeep Wrangler dan Chrysler seri 200 nya. Mereka juga mengunakan poliuretana daur ulang pada bantalan jok Grand Cherokee.

 

Demikian sekilas pembahasan mengenai pengaplikasian plastik daur ulang pada industri otomotif. Jelajahi website kami untuk menemukan berbagi informasi menarik terkait plastik lainnya. Bagi pebisnis plastik, Anda juga bisa mencari berbagai produk biji plastik daur ulang di Tokoplas.

 

Temukan resin/biji plastik sesuai kebutuhan Anda hanya di Tokoplas!

© 2021 Tokoplas. All rights reserved