Produk Apa Saja yang Bisa Dihasilkan dari Plastik Ekstrusi?

Produk Apa Saja yang Bisa Dihasilkan dari Plastik Ekstrusi?

Metode pembentukan plastik yang digunakan akan memengaruhi karakter dan kekuatan dari produk plastik yang dihasilkannya. Maka dari itu, setiap jenis plastik memiliki kegunaan dan pengaplikasian yang berbeda, bergantung pada bagaimana plastik tersebut dibentuk.

Sebagai salah satu metode pembentukan plastik, ekstrusi plastik merupakan cara yang cukup efisien dalam membuat produk-produk yang digunakan baik pada sektor industrial maupun rumahan. Berikut beberapa contoh produk plastik yang sering Anda temukan sehari-hari yang diolah menggunakan metode ekstrusi.

Kabel Berisolasi

Isolasi kawat listrik merupakan salah satu contoh produk plastik ekstrusiIsolasi kawat listrik merupakan salah satu contoh produk plastik ekstrusi

Pada proses pembuatan isolasi kawat listrik, kawat ditarik menggunakan die, kemudian plastik isolasi diekstrusi sehingga membaluti kawat tersebut. Untuk kawat dapat bekerja dengan sempurna, plastik isolasi harus dapat menyelimuti dan melindungi kawat dengan baik namun harus tetap lentur. Plastik isolasi juga mencegah kawat dari reaksi negatif dengan air maupun kaca.

Sifatnya yang non-korosif dan non-reaktif juga memungkinkan plastik untuk mengisolasi semua jenis kawat—kawat listrik maupun kawat non-listrik.

Sistem Perpipaan

Ragam jenis pipa yang terbuat dari plastik Ragam jenis pipa yang terbuat dari plastik

Pipa merupakan salah satu produk yang paling sering dihasilkan menggunakan metode ekstrusi, meskipun material yang digunakan, ukuran dan kekuatannya akan bergantung pada pengaplikasian produk tersebut.

Sebagai contoh, PVC dapat diekstrusi untuk membuat pipa air dan pipa pembuangan. PVC merupakan salah satu material yang paling banyak digunakan dalam pembuatan pipa, meskipun masih banyak jenis plastik lainnya yang juga digunakan untuk pembuatan pipa, HDPE salah satunya.

Pipa yang terbuat dari plastik memiliki ukuran dan kegunaan yang bervariasi, mulai dari yang paling sederhana dan sering kita gunakan seperti sedotan, sampai dengan selang medis, atau juga pipa pembuangan.

Produk Blow Moulding

Proses pembuatan botol plastik menggunakan metode blow moldingProses pembuatan botol plastik menggunakan metode blow molding

Botol plastik bermula dari plastik yang diekstrusi. Plastik diekstrusi dan disalurkan ke dalam mold hingga mencapai ukuran tertentu. Setelah mencapai ukuran optimal, plastik akan dijepit dan ditutup di salah satu ujungnya, lalu disuntikkan dengan tekanan udara guna mengembangkan plastik mengikut bentuk dalam mold. Proses tersebut kemudian menghasilkan plastik dengan bentuk botol yang kita lihat dan gunakan sehari-hari.

Plastik Film dan Plastik Lembaran

Plastik dapat diekstrusi menjadi bentuk film dan lembaran yang memiliki rentang pengaplikasian yang luas, baik pada sektor domestik maupun komersial. Mulai dari cling film yang biasa Anda gunakan untuk membungkus makanan, hingga lembaran atau panel plastik yang digunakan sebagai pengganti kaca, semuanya dibentuk melalui proses ekstrusi.

Material Konstruksi

Plastik ekstrusi dapat dibuat menjadi berbagai ukuran dan bentuk sehingga sangat cocok digunakan pada industri konstruksi. Penggunaan plastik ekstrusi pada industri konstruksi yang paling umum yaitu dalam pembuatan decking planks dan kursi taman. Plastik ekstrusi cocok untuk kedua pengaplikasian tersebut karena jauh lebih ringan dan hemat biaya dibandingkan dengan material tandingannya yaitu kayu.

Demikian informasi mengenai beberapa produk yang lazim dihasilkan dari proses pencetakan plastik ekstrusi. Jelajahi website kami untuk menemukan berbagi informasi menarik terkait plastik lainnya. Bagi pebisnis plastik, Anda juga bisa mencari berbagai produk biji plastik ekstrusi mencakup HDPE, LDPE, LLDPE, PP, dan HIPS.

Temukan resin/biji plastik sesuai kebutuhan Anda hanya di Tokoplas!

© 2021 Tokoplas. All rights reserved