Tokoplas.com required javascript enable
Tentang Kami

Memahami Plastik Jenis PP Homopolymer

Diposting 3 Aug 2020 di Plastic

Tokoplas Ecommerce Indonesia

PP homopolymer adalah salah satu jenis turunan dari plastik polypropylene. Meskipun memiliki daya tahan sedikit di bawah polyethylene jenis HDPE dan LDPE, semua jenis polypropylene memiliki kemampuan yang lebih tinggi dalam menahan temperatur dan tekanan.

Apa itu PP Homopolymer ?

Apa itu PP Homopolymer ? - Sumber Gambar: commons.wikimedia.com


Sebagai salah satu polypropylene yang paling sering digunakan, PP homopolymer memiliki karakteristik yang lebih kaku dan kuat jika dibandingkan dengan copolymer.


PP homopolymer mudah disambung dan digabungkan dengan bahan lain, serta memiliki ketahanan terhadap bahan kimia. Inilah kenapa plastik jenis ini sering digunakan di berbagai jenis industri, baik di bagian produksi maupun kemasan.

Karakteristik Material PP Homopolymer

Karakteristik Material PP Homopolymer - Sumber Gambar: pixabay.com


Karena rentang penggunaannya yang luas, plastik jenis homopolymer tersedia dalam berbagai bentuk seperti tali, lembaran, strip, dan film.

Plastik yang ringan ini memiliki sejumlah kelebihan lain yaitu tahan terhadap noda karena permukaannya yang licin, tidak menyerap kelembapan, dan tahan terhadap bahan kimia. Namun, homopolymer dapat menyerap aroma menyengat dan bahan yang mengandung tinggi klorin.

Tahan pada Beban yang Kuat

Homopolymer memiliki sifat yang semi-rigid . Artinya, ia bisa digunakan untuk menahan beban yang cukup berat tergantung dengan ketebalannya.

Sangat Tahan Terhadap Senyawa Kimia

Kepadatan dan struktur atom PP homopolymer membuatnya memiliki permukaan yang licin dan halus. Hal tersebut membuat plastik jenis ini bisa menahan senyawa kimia—cocok sebagai wadah produk rumah tangga dan industri.

Tidak Menyerap Air

Kemampuannya untuk tidak menyerap air juga disebabkan oleh strukturnya yang padat dan karakter fisiknya yang licin. Ini berarti, homopolymer juga bagus untuk menampung bahan kering.

Antikorosi

Meski bisa menahan senyawa kimia, homopolymer tahan terhadap korosi. Plastik tidak akan berubah sifat atau terkikis walaupun bersentuhan langsung dengan senyawa kimia yang memiliki pH rendah dalam waktu yang lama.

Dapat Disambung dengan Baik

Sifatnya yang termoplastik membuat homopolymer bisa dilas dengan baik. Ini membuat homopolymer bisa digunakan di instalasi yang besar.

Ringan

Kepadatan homopolymer berkisar antara 0,904 – 0,908 g/cm 3 sehingga memiliki berat yang cukup ringan dibandingkan dengan jenis plastik lainnya.

Tidak Beracun

PP homopolymer adalah salah satu dari kelompok material polyolefin yang terkenal tidak beracun. Inilah mengapa plastik jenis homopolymer aman untuk digunakan sebagai wadah atau penampung makanan.

Tidak Mudah Bernoda

Permukaan homopolymer mudah dibersihkan bahkan jika sudah terkontak dengan berbagai jenis bahan kimia atau organik. Namun, perlu diingat bahwa homopolymer mudah menyerap aroma sehingga mungkin masih membekas setelah dibersihkan.

Tahan Terhadap Tarikan yang Kuat

Ketahanan terhadap tarikan membuat homopolymer sering digunakan di struktur sederhana yang memerlukan gerakan berulang dalam jangka waktu yang lama. Salah satu contohnya adalah engsel tipis pada botol bahan pembersih.

Kegunaan PP Homopolymer

Kegunaan PP Homopolymer - Sumber Gambar: wallpaperflare.com


Karena mudah dibentuk dan tersedia dalam berbagai bentukan, PP homopolymer bisa diaplikasikan ke berbagai kegunaan. Berikut adalah contoh penggunaan di macam-macam bidang:

Berbagai Perangkat Medis

Alat prostetik dan ortotik seperti alat bantu jalan dan penyangga tubuh banyak yang menggunakan plastik PP homopolymer karena sifatnya yang ringan dan keras.

Wadah untuk Bahan Kimia

Sifatnya yang ringan, tahan lama, serta mudah dibentuk menjadi keunggulan untuk dijadikan wadah berbagai jenis cairan kimia seperti cairan pembersih rumah tangga dan industri.

Tangki Penyimpanan

Karena tahan terhadap bahan kimia, panas, dan tidak mudah mengalami korosi, PP homopolymer cocok untuk digunakan sebagai tangki penyimpanan.

Mesin Cuci

Sebagian besar instalasi mesin cuci menggunakan bahan PP homopolymer sebagai bahan dasarnya. Selain bisa menampung air dengan baik, PP homopolymer juga tidak akan tergerus oleh bahan kimia detergen yang masuk ke dalam bak cuci setiap hari.

Gelas Plastik

Gelas plastik yang sering ditemui di gerai makanan dan minuman biasanya terbuat dari bahan PP homopolymer bening. Plastik ini aman untuk menampung air dan tidak akan melepaskan senyawa kimia berbahaya ke minuman.

Karung Plastik

Karung plastik berbahan dasar PP homopolymer biasanya ditemukan dalam bentuk woven atau anyaman. Terdiri dari untaian benang PP yang tipis, karung plastik kuat untuk menampung berbagai jenis bahan.

Terpal

Mirip dengan karung plastik, terpal dalam lembaran yang cukup besar juga biasanya terdiri dari anyaman untaian plastik PP. Anyaman yang kuat dan padat membuat terpal bisa digunakan untuk menghalau air dan digunakan sebagai tutup atau alas suatu area.

Packaging Makanan Food Grade

Salah satu kelebihan plastik PP untuk kemasan makanan adalah kemampuannya untuk dipakai secara berulang. Jadi, lebih ramah lingkungan dan aman untuk dikonsumsi.

Sedotan

Meski pernah menuai kontroversi, nyatanya sedotan plastik PP homopolymer adalah alat minum yang aman dan mudah dibersihkan jika ingin digunakan secara berulang.

 

Fleksibilitas PP homopolymer dalam pembentukannya membuat plastik ini populer di dunia manufaktur dan industri. Meski warna dasarnya adalah putih susu, plastik ini bisa dibentuk dan diberi warna sesuai dengan kebutuhan produksi.


Untuk informasi lebih lanjut mengenai PP homopolymer dan jenis plastik lainnya, Anda bisa langsung menghubungi Tokoplas dan temukan solusi terbaik untuk kebutuhan plastik Anda.

Share it

Artikel Terkait