Tokoplas.com required javascript enable

Macam-macam Kegunaan Polivinil Klorida PVC

Diposting 11 Nov 2020 di Plastic

Tokoplas Ecommerce Indonesia

PVC, atau polivinil klorida, adalah jenis plastik yang populer digunakan di banyak industri dengan berbagai pengaplikasian. Kepopuleran plastik PVC dikarenakan berbagai kelebihannya, seperti awet, rendah biaya dan tahan terhadap panas, air dan bahan kimia.


Plastik PVC juga bisa dikombinasikan dengan aditif seperti pelumas, penstabil panas, plasticizer, filler, biosida, dan penstabil sinar UV meningkatkan daya tahannya sehingga membuatnya cocok untuk berbagai aplikasi konstruksi.


Untuk mengetahui lebih dalam mengenai ragam kegunaan plastik polivinil klorida, mari simak pembahasan di bawah ini.

Ragam Kegunaan Polivinil Klorida

Sandang

Salah satu kegunaan polivinil klorida adalah dapat diolah menjadi kulit imitasi dengan tekstur serupa dengan kulit


Plastik PVC dapat dimanipulasi untuk membuat bahan dengan tekstur serupa dengan kulit yang disebut rexine. Jenis kulit imitasi ini biasanya digunakan untuk membuat jaket, sepatu, celana dan kain pelapis.


Sandang yang terbuat dari PVC cenderung lebih murah jika dibandingkan dengan sandang berbahan lateks, kulit dan karet.. Kain yang terbuat dari plastik polivinil klorida juga tahan air, tahan terhadap bahan kimia, tahan lama dan fleksibel.


Kain PVC juga memiliki kilau alami sehingga memungkinkan desainer untuk menciptakan model pakaian yang baru dan inovatif dengan harga yang sangat terjangkau.

Pipa

Tumpukan pipa pvc berwarna putih yang umum digunakan untuk kebutuhan industri dan perkotaan


Menurut “PVC Pipe & Fittings: Underground Solutions for Water and Sewer Systems in North America,” kira-kira setengah dari jumlah semua plastik PVC yang diproduksi, digunakan dalam pembuatan pipa yang digunakan dalam pengaplikasian industrial dan perkotaan.


Pipa PVC memiliki sifat yang kuat dan ringan, sehingga membuatnya cocok untuk diaplikasikan sebagai pipa sanitasi, kabel bawah tanah, dan distribusi air. Pipa air PVC tidak mudah aus, busuk atau berkarat.

Kabel Listrik

Kabel fiber berwarna kuning dan biru yang umum ditemukan berbahan pvc dapat mengisolasi dan melindungi kabel listrik dengan baik


PVC merupakan material plastik yang terjangkau, tahan terhadap panas, dan juga tahan akan abrasi. Beberapa kelebihan tersebut membuat plastik PVC digunakan untuk membuat bahan isolasi pada kabel listrik.


Polivinil klorida memiliki sifat tahan api, tahan bahan kimia dan minyak, stabil secara mekanis, tahan benturan, dan juga elastis. Jaket konduktor PVC mengisolasi kabel listrik dengan baik dan menawarkan perlindungan tambahan untuk kabel di dalamnya.

Botol Kemasan

Botol kemasan berwarna hijau dengan tutup berwarna putih yang digunakan sebagai wadah sampo terbuat dari bahan plastik pvc

Plastik PVC juga sering digunakan untuk pembuatan botol kemasan. Polivinil klorida sangat tahan terhadap zat organik berbahaya, basa kuat, dan asam kuat. Botol yang terbuat dari PVC sangat baik untuk digunakan sebagai wadah cuka, minyak mineral, sampo, saus salad, dan kosmetik, dikarenakan ketahanannya terhadap bahan kimia, panas, minyak, dan lemak.

Penggunaan Lainnya

Piringan hitam atau vinyl berwarna hitam yang pagarnya terbuat dari bahan plastik pvc


Kegunaan lain dari PVC termasuk sebagai bahan pembuatan selang medis, pagar vinyl, bingkai jendela PVC, pembungkus daging/roti, shrink wrap, kantong darah, piringan hitam, selang taman dan talang vinil.


Begitulah sedikit penjelasan mengenai berbagai macam kegunaan plastik PVC. Jika Anda membutuhkan informasi mengenai plastik lainnya, atau sedang membutuhkan material plastik bermutu dengan harga bersaing, Tokoplas bisa menjadi solusi Anda.

Share it

Artikel Terkait