Tokoplas.com required javascript enable

Apakah Plastik Bisa Menjadi Material Pengganti Logam?

Diposting 24 Feb 2021 di Plastic

Tokoplas Ecommerce Indonesia

Dalam konteks historis, plastik sering ditempatkan sebagai material pengganti ‘murahan’ untuk material yang lebih mahal. Namun pada faktanya, plastik mulai populer saat masa Perang Dunia II ketika penjatahan perang (war rationing) yang mengharuskan pencarian substitusi material pengganti logam.


Fakta tersebut menunjukkan bahwa alasan penggantian bahan logam menjadi plastik bukan semata didasarkan pada faktor ekonomis saja, melainkan juga meliputi faktor kualitas dan karakteristik fisik dan mekanis dari material plastik.


Meskipun saat ini plastik masih identik sebagai pilihan manufaktur yang lebih terjangkau, namun tidak dapat dipungkiri bahwa plastik telah merevolusi tren dan kemajuan produksi di berbagai sektor. Hal tersebut menjadi sebuah bukti bahwa plastik tidak bisa dianggap sebagai material ‘murahan’ semata. Plastik dapat membuat produk menjadi lebih kuat, awet, tahan karat, tahan akan zat kimia, dan perlahan menggantikan logam sebagai material yang mendominasi pengaplikasian industrial.


Walaupun penemuan plastik engineering-grade pada tahun 1950-an telah memperkenalkan plastik sebagai material pengganti logam, namun saat ini masih banyak yang belum mengetahui kelebihan dari plastik terhadap logam. Untuk itu, artikel ini akan membahas mengenai bagaimana plastik bisa menjadi material alternatif pengganti logam.

Bagaimana Plastik dan Logam Berbeda dari Sudut Pandang Teknis

Plastik memang merupakan material yang bisa digunakan sebagai pengganti logam. Tetapi, hal tersebut bukan berarti keduanya merupakan material yang serupa. Plastik dan logam adalah dua material yang berbeda. Setiapnya memiliki karakteristik fisik dan mekanis masing-masing yang harus Anda ketahui sebelum mensubtisuti material satu dengan yang lainnya. Berikut beberapa perbedaan teknis antara plastik dan logam:


  1. Tidak seperti logam yang memiliki titik leleh yang pasti, plastik memiliki titik leleh yang lebih tidak tetap yang disebut dengan ‘glass transition temperature’.
  2. Material plastik cenderung menunjukkan creep perubahan bentuk akibat tekanan terus menerus, sedangkan logam tidak.
  3. Plastik dapat terurai di udara sedangkan logam menimbulkan korosi.
  4. Plastik dapat dipengaruhi oleh serangan bakteri, sedangkan logam tidak.
  5. Pemuaian pada plastik 20 kali lebih tinggi dibandingkan dengan logam.
  6. Plastik lebih lama melepas panas dibandingkan dengan logam.
  7. Titik leleh plastik jauh lebih rendah dari titik leleh logam
  8. Plastik lebih lentur dari logam

Mengapa Memilih Plastik Dibandingkan dengan Logam

1. Biaya

Salah satu keuntungan utama dari mengganti material logam dengan plastik adalah Anda dapat melakukan penghematan biaya dan menaikkan kualitas produk. Sebagai contoh kasus, proses injection molding plastik memiliki siklus produksi yang cenderung lebih cepat jika dibandingkan dengan pengolahan bahan logam. Dengan begitu, Anda dapat menghasilkan produk lebih banyak per jamnya. Selain itu, produk yang dihasilkan juga lebih seragam.

2. Berat

Batasan bobot yang ketat juga menjadi salah satu alasan utama mengapa material plastik diutamakan dalam beberapa kasus. Sektor dirgantara sebagai salah contohnya, dimana bobot bagian pesawat terbang merupakan hal yang krusial untuk dipertimbangkan.

3. Menambah Keawetan Produk

Produk yang terbuat dari logam dapat mengalami korosi dan oksidasi. Hal tersebut tidak berlaku pada plastik yang lebih resisten terhadap zat kimia dan tidak terpengaruh oleh senyawa yang dapat membuat logam mengalami korosi.


Demikian beberapa faktor yang patut dipertimbangkan ketika Anda ingin mengganti bagian produk berbahan logam dengan plastik.Tentu masih terdapat beberapa faktor lainnya yang belum sempat dibahas pada artikel ini. Namun, setidaknya informasi tersebut bisa menjadi pijakan awal Anda untuk menemukan informasi yang lebih dalam lagi.


Tokoplas merupakan pasar digital resin/ biji plastik pertama dan terbesar di Indonesia yang memfasilitasi transaksi antara penjual dan pembeli resin/biji plastik dengan informasi yang lengkap, transparan, dan harga yang bersaing.


Temukan resin/biji plastik kebutuhan Anda hanya di Tokoplas!

Share it

Artikel Terkait