Tokoplas.com required javascript enable
Tentang Kami

Digital Manufacturing dan Manfaat Penerapannya

Diposting 18 Aug 2021 di Business

Tokoplas Ecommerce Indonesia

Digital manufacturing, atau yang biasa dikenal dengan industri 4.0, merupakan pendekatan terintegrasi atas metode manufaktur yang berfokus pada penggunaan sistem komputer untuk memonitor dan meningkatkan performa proses produksi. Proses ini mengikutsertakan peran mesin, human input, dan data yang dihasilkan oleh komputer untuk menghasilkan proses produksi yang mengutamakan efisiensi.


Proses digital manufacturing menggunakan sensor untuk memonitor operasional mesin manufaktur, dan digabungkan dengan analisis ekstensif gua memberikan informasi mengenai seberapa baik mesin atau metode dapat bekerja dan bagaimana cara untuk meningkatkan performanya.

 

Proses digital manufacturing ini dapat diterapkan oleh berbagai industri dan sektor, termasuk juga industri plastik. Apa pun model bisnis dan produk yang dihasilkannya, siapapun target audience-nya, digital manufacturing dapat menawarkan keuntungan yang cukup banyak untuk bisnis industri plastik Anda.


Untuk itu, dalam artikel ini kami akan memberikan informasi mengenai manfaat utama apa saja yang bisa didapatkan bisnis dengan menerapkan digital manufacturing dan bagaimana penerapannya di situasi pandemi seperti saat ini.

Manfaat Penerapan Digital Manufacturing

1. Meningkatnya Efisiensi Operasional

Penerapan digital manufacturing dengan penggunaan cloud-based system dapat membantu Anda dalam mempersingkat alur produksi, mengakses informasi analitik, meningkatkan kualitas pengambilan keputusan, mengirimkan produk ke pasar lebih cepat, juga sembari meningkatkan kualitas dan mengurangi limbah produksi.


Beberapa keuntungan tersebut tentunya akan berdampak positif pada efisiensi operasional produksi bisnis Anda.

2. Mereduksi Pengeluaran

Digital manufacturing dapat membantu bisnis untuk mengidentifikasi permasalahan rantai pasokan dengan lebih cepat dan lebih baik. Hal ini dapat membantu meminimalisir kesalahan baik pada tahap produksi maupun distribusi yang tentunya merugikan.

3. Meningkatkan Kepuasan Konsumen

Digital manufacturing dapat membantu bisnis dalam mendesain solusi atau produk yang dipersonalisasi sehingga akan meningkatkan kepuasan konsumen.  

Digital Manufacturing dan Pandemi

Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung lebih dari satu tahun ini telah membawa disrupsi di berbagai lini. Pola rantai pasokan mengalami perubahan, ekonomi dunia menghadapi resesi, sedangkan di sisi lain permintaan akan material tertentu kian meningkat, seperti polikarbonat dan PTEG.


Kehadiran pandemi lantas memaksa seluruh industri untuk menerapkan perubahan dalam upaya beradaptasi dengan situasi. Maka dari itu, diperlukan inovasi metode baru untuk diterapkan pada industri manufaktur.

 

Di dunia dimana kita harus menciptakan tempat kerja dengan jarak sosial untuk menghindari penularan virus, penggunaan proses manufaktur digital dan otomatis menjadi sangat relevan.


Selain itu,ketika angka penularan virus melonjak di wilayah tertentu, penutupan pabrik dan menghentikan sebagian besar operasinya merupakan salah satu risiko yang harus dihadapi. Dengan menjalankan proses manufaktur yang terintegrasi secara digital, pemantauan operasional pabrik dari jarak jauh akan dimungkinkan sehingga operasional produksi dapat terus berjalan.


Demikian informasi mengenai digital manufacturing dan manfaat penerapannya. Jelajahi website kami untuk menemukan berbagi informasi menarik terkait plastik lainnya. Bagi pebisnis plastik, Anda juga bisa mencari berbagai kebutuhan bahan baku plastik Anda di Tokoplas, mulai dari PE, PP, PS, PET, EVA, PC, ABS, Nylon, biji plastik daur ulang, aditif plastik, film plastik, dan pallet plastik.


Temukan resin/biji plastik sesuai kebutuhan Anda hanya di Tokoplas!

Share it

Artikel Terkait