Tokoplas.com required javascript enable
Tentang Kami

Tren Pasar Global Plastik Medis Beberapa Tahun ke Depan

Diposting 8 Agt 2022 di Business

Tokoplas Ecommerce Indonesia

Plastik medis merupakan bahan khusus untuk keperluan medis yang berasal dari material termoplastik. Oleh karena itu, plastik medis pun mudah dibentuk ketika dipanaskan. Secara umum plastik yang digunakan dalam industri medis memiliki ketahanan akan zat kimia serta memiliki rentang suhu guna yang tinggi. Kini, penggunaan plastik medis mulai meningkat seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat.


Seperti apa perkembangan plastik medis secara global? Dan bagaimana proyeksi penggunaannya di masa depan? Apa yang membuat penggunaan plastik medis meningkat? Simak ulasannya di bawah ini!

Perkembangan Pasar Plastik Medis Global dari Waktu ke Waktu

Perkembangan pasar plastik medis belakangan ini mulai meningkat dari waktu ke waktu. Pada tahun 2019, pasar plastik medis global bernilai $24,1 miliar USD dan diproyeksikan mencapai $37,2 miliar pada 2027. Di beberapa negara besar seperti Amerika Serikat dan Kanada, permintaan plastik medis kian meningkat. Kondisi pertumbuhan pasar plastik medis pun cenderung stabil.


Wilayah Asia Pasifik menyumbang pangsa pasar plastik medis tertinggi. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya aplikasi plastik medis di negara berkembang seperti Cina, India, dan Korea Selatan. Kondisi ini didorong oleh investasi yang kuat dalam riset dan pengembangan, ditambah dengan digitalisasi dalam ekosistem perawatan kesehatan.


Segmen peralatan dan perlengkapan medis sekali pakai menjadi penyumbang permintaan plastik medis tertinggi dikarenakan meningkatnya permintaan untuk produk sekali pakai dalam pemeriksaan umum dan tindakan prosedural.

Hal yang Mempengaruhi Kenaikan Permintaan Plastik Medis 

Meningkatnya keilmuan geriatri di Amerika Utara, Eropa, dan Jepang serta meningkatnya permintaan untuk perawatan kesehatan di rumah merupakan faktor utama yang mendorong pertumbuhan penjualan plastik medis.


Penegakan dan peningkatan berbagai standar pencegahan infeksi ditambah dengan meningkatnya volume prosedur bedah dan rawat jalan diperkirakan juga mendorong pertumbuhan pasar selama periode ke depan.


Tak hanya itu, kemasan farmasi pun kini telah mendongkrak pasar plastik medis. Banyak perusahaan farmasi yang menggunakan plastik medis untuk membuat kemasan untuk produk seperti pengemasan plastik steril untuk darah dan kantong untuk larutan parenteral.

Jenis Plastik Medis yang Diminati di Pasar Global

Dengan perkembangannya yang cenderung meningkat dari waktu ke waktu, ada beberapa jenis plastik medis yang meraup penjualan cukup tinggi. Polyvinyl Chloride (PVC) merupakan salah satu jenis plastik medis yang paling sering dicari. Hal ini disebabkan oleh munculnya permintaan untuk plastik medis yang transparan dengan harga yang cenderung murah. Meningkatnya permintaan plastik ini diperuntukan pencetakan implan 3D dan operasi prostetik.


Kemudian, Polyphenylsulfone (PPSU) juga mendominasi pasar global yang menyumbang lebih dari 51% pendapatan keseluruhan pada tahun 2021. Polyphenylsulfone merupakan jenis plastik memiliki ketahanan panas dan kimia yang baik yang membuatnya ideal digunakan dalam ruang lingkup medis.


Tekstur Polyphenylsulfone sangat lentur dengan ketahanan benturan yang membuatnya cocok untuk memproduksi alat bedah sekali pakai atau yang dapat digunakan kembali. Kemampuannya tahan di suhu tinggi membuatnya cocok untuk perangkat medis yang perlu disterilkan dengan uap berulang kali.


Selanjutnya ada Polypropylene (PP) yang sering digunakan untuk pembuatan kemasan pelindung dan peralatan medis karena daya tahannya yang tinggi. Selain itu, ikatan kimia yang kuat membuatnya cocok untuk pembuatan komponen perlengkapan dan peralatan medis seperti jarum suntik sekali pakai, konektor, prostesis sendi jari, gelas kimia, tabung reaksi, dan lain-lain.


Demikian pembahasan mengenai tren pasar plastik medis secara global. Jelajahi website kami untuk menemukan berbagi informasi menarik terkait plastik lainnya. Bagi pebisnis plastik, Anda juga bisa mencari berbagai kebutuhan bahan baku plastik Anda di Tokoplas, mulai dari PE, PP, PS, PET, EVA, PC, ABS, Nylon, biji plastik daur ulang, aditif plastik, film plastik, dan pallet plastik.


Temukan resin/biji plastik sesuai kebutuhan Anda hanya di Tokoplas!

Share it

Artikel Terkait