Tokoplas.com required javascript enable
Tentang Kami

Inspirasi Produk Daur Ulang Plastik untuk Bisnis Anda

Diposting 5 Aug 2022 di Environment

Tokoplas Ecommerce Indonesia

Barang-barang dari plastik telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan. Meskipun demikian, penggunaan produk ini menjadi masalah yang cukup penting bagi lingkungan karena memicu penumpukan sampah yang berlebih. Prosedur reduce, reruse, recycle atau dikenal sebagai 3R dapat menjadi cara yang cukup tepat untuk mengatasinya. Di bawah ini adalah beberapa rekomendasi produk daur ulang plastik yang dapat menjadi inspirasi untuk bisnis plastik daur ulang!


1. Furnitur 3D Printing

Salah satu hal yang membuat sebuah kota tampak indah desain eksteriornya. Siapa sangka jika plastik yang tak terpakai bisa didaur ulang menjadi funitur 3D yang dapat diletakkan untuk mempercantik ruang publik? Tak hanya baik untuk lingkungan, produk ini juga dapat berguna bagi masyarakat urban yang biasa berlalu lalang di wilayah tersebut.


2. Traffic Cone


Produk daur ulang plastik berikutnya yang berguna untuk kehidupan sehari-hari ialah traffic cone. Sering ditemukan di jalanan, traffic cone atau kerucut lalu lintas merupakan penanda lalu lintas. Fungsi utama barang ini adalah untuk menjauhkan kendaraan dari suatu area jalan untuk sementara waktu. Bahan dasar traffic cone umumnya terbuat dari serta diwajibkan diharuskan memiliki warna mencolok seperti oranye atau merah yang dilengkapi dengan pemantul cahaya.


3. Bahan Pembuatan Jalan

Berbagai inovasi yang muncul di seluruh dunia mencoba strategi baru untuk mengurangi sampah plastik. Satu dari sekian inovasi yang ditemukan adalah melebur produk plastik yang sudah tak terpakai dan menggabungkannya bahan tambahan lalu campuran tersebut digunakan untuk membuat jalan raya. Tak hanya mengurangi penumpukan plastik, cara ini pun berguna untuk mengurangi jejak karbon.


4. Pot Tanaman


Kemasan plastik berukuran besar bisa dimanfaatkan menjadi media tanam berupa pot. Contoh produk plastik yang bisa langsung didaur ulang menjadi pot adalah galon air mineral. Ukuran galon air dan bahannya yang kokoh sangat pas sebagai tempat untuk tanaman seperti bunga bertumbuh.


5. Kantong Sampah

Kantong sampah adalah benda yang pasti dibutuhkan oleh semua orang untuk memudahkan membuang sampah. Sebagian besar kantong sampah terbuat dari plastik. Alih-alih membuatnya dari bahan plastik baru, sesungguhnya kantong sampah plastik juga dapat dibuat dari plastik daur ulang. Proses pembuatan kantor sampah dari plastik daur ulang relatif menghasilkan emisi gas rumah kaca yang rendah.


6. Botol Shampoo


Botol plastik untuk deterjen, sampo, serta pembersih rumah tangga sebagian besar berasal dari plastik. Plastik daur ulang yang memiliki kadar polyethylene yang tinggi dapat digunakan sebagai bahan pembuatan botol shampoo dan beberapa produk lainnya . Kemudian produsen dapat menambahkan pigmen kepada botol untuk memberikan ciri atas merek tertentu supaya lebih dikenali masyarakat.


8. Karpet

Botol plastik daur ulang yang dilebur dan dipintal menjadi serat yang tahan lama dan lembut dapat dibuat menjadi karpet. Kemudian, karpet ini sering digunakan untuk mempercantik ruangan dalam sebuah rumah. Memperindah ruangan supaya nyaman bisa tetap ramah lingkungan, bukan?


7. Kemasan Pengiriman


Plastik polystyrene daur ulang sering digunakan dalam pembuatan kemasan pengiriman untuk melindungi barang agar aman sampai tujuan. Satu dari sekian produk pengemasan yang terbuat dari plastik polystyrene adalah styrofoam. Tekstur dari styrofoam bisa relatif kenyal atau kaku tergantung cara pembuatannya.


Itulah ulasan mengenai berbagai macam produk daur ulang plastik. Jelajahi website kami untuk menemukan berbagi informasi menarik terkait plastik lainnya. Bagi pebisnis plastik, Anda juga bisa mencari berbagai kebutuhan bahan baku plastik Anda di Tokoplas, mulai dari PE, PP, PS, PET, EVA, PC, ABS, Nylon, biji plastik daur ulang, aditif plastik, film plastik, dan pallet plastik.


Temukan resin/biji plastik sesuai kebutuhan Anda hanya di Tokoplas !

Share it

Artikel Terkait