Tokoplas.com required javascript enable

Jenis Laminating film dan Cara Memilihnya yang Tepat

Diposting 8 Jun 2022 di Plastic

Tokoplas Ecommerce Indonesia

Ketika memilih laminating film, penting bagi Anda untuk memerhatikan kebutuhan proyek laminating dan tipe laminator yang Anda miliki. Setiap mesin laminating memiliki kebutuhan yang berbeda, dan menggunakan peralatan laminating (termasuk laminating film) yang keliru dapat berujung pada kesalahan produksi bahkan kerusakan mesin.


Laminating film sendiri tersedia dalam beberapa jenis. Tergantung pada kebutuhan, Anda akan membutuhkan laminating film dengan spesifikasi tertentu agar hasil laminating sesuai dengan yang Anda harapkan.


Artikel ini akan membahas mengenai jenis laminating film apa saja yang populer digunakan dan hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih laminating film yang tepat.

Jenis Laminating Film

Secara garis besar, laminating film yang tersedia di pasaran bisa dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu thermal lamination film dan cold lamination film.

1. Thermal Lamination Film

Thermal lamination film adalah film yang telah diekstrusi dan dilapisi oleh thermal adhesive menggunakan panas dan tekanan. Jenis laminating film ini biasanya digunakan untuk aplikasi satu sisi seperti laminasi produk komersial dan printer kemasan.


Karakteristik lenturnya memungkinkan laminator untuk memisahkan lembaran dengan mudah. Selain itu, thermal lamination film juga kompatibel dengan berbagai teknik pelapisan seperti spot UV, embossing atau foil.

2. Cold Lamination Film

Cold lamination film merupakan salah satu inovasi baru dalam industri laminasi. Film ini dilapisi oleh perekat dingin (cold adhesive) yang peka terhadap tekanan. Oleh karena itu, laminating film ini sangat ideal untuk produk laminating yang sensitif terhadap suhu panas, misalnya vehicle wrap vinyl.


Cold lamination film memiliki kualitas perekat yang unggul, dan dapat diaplikasikan di atas permukaan produk hanya dengan memanfaatkan tekanan—tidak membutuhkan pengaplikasian panas.


Film ini cocok untuk laminasi pada papan kertas maupun untuk laminasi karton. Meskipun umumnya memiliki harga yang cenderung tinggi, film ini dapat menjadi solusi yang lebih terjangkau jika Anda menggunakan mesin yang lebih ringan seperti laminator non-heated.

Hal yang Perlu Dipertimbangkan saat Memilih Laminating Film


Ada beberapa hal utama yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih laminating film untuk proyek Anda, berikut beberapa yang utama.

1. Finishing

Laminating film tersedia dengan bermacam-macam finishing permukaan, mulai dari matte sampai yang berkilau. Laminating film dengan finishing matte memiliki permukaan yang anti-silau dan dapat menghindari noda seperti bekas sidik jari. Namun, film dengan finishing ini juga memiliki permukaan yang cenderung kasar. Untuk itu, film dengan finishing matte ideal untuk diaplikasikan pada poster, artwork, dan display.


Laminating film dengan finishing glossy memiliki permukaan yang mengkilap dan memiliki warna yang lebih cerah. Karena itu, film dengan finishing ini cocok untuk diaplikasikan pada buku menu, ID card, dan foto.

2. Ketebalan

Ketebalan laminating film diukur dalam satuan mil; satu mil sama dengan 1/1000 inci atau 0.0254 mm. Ketebalan mil dari laminating film akan menentukan pengaplikasiannya


Misalnya, film 1,5 mil yang sangat tipis ideal untuk barang yang dicetak pada medium yang berat, seperti kartu nama. Film 10 mil, di sisi lain, sangat kaku dan sulit ditekuk. Biasanya digunakan untuk ID badge, reference sheets, dan buku menu yang tidak perlu dilipat.

3. Ukuran Panjang dan Lebar

Ukuran panjang dan lebar dari laminating film akan menentukan tipe laminator yang digunakan. Banyak laminator memiliki kemampuan untuk menangani berbagai ukuran lebar laminating film, jadi yang paling penting adalah memastikan rol film yang Anda beli dapat bekerja dengan laminator Anda. Untuk panjangnya, kebanyakan film memiliki panjang standar yang sama.


Demikian pembahasan seputar jenis-jenis laminating film serta cara memilihnya yang tepat untuk proyek Anda. Jelajahi website kami untuk menemukan berbagi informasi menarik terkait plastik lainnya. Bagi pebisnis plastik, Anda juga bisa mencari berbagai kebutuhan bahan baku plastik Anda di Tokoplas, mulai dari PE, PP, PS, PET, EVA, PC, ABS, Nylon, biji plastik daur ulang, aditif plastik, film plastik, dan pallet plastik.


Temukan resin/biji plastik sesuai kebutuhan Anda hanya di Tokoplas!

Share it

Artikel Terkait