Tokoplas.com required javascript enable
Tentang Kami

Jenis Plastik yang Biasa Digunakan Sebagai Saluran Pipa

Diposting 12 Mei 2022 di Plastic

Tokoplas Ecommerce Indonesia

Bahan yang digunakan untuk saluran pipa telah mengalami banyak perubahan. Selama beberapa dekade, logam dan keramik adalah bahan pipa yang paling umum. Lalu mulai pada tahun 1970-an, tembaga menggantikan baja galvanis dan saat ini merupakan logam yang paling umum digunakan dalam sistem perpipaan.


Namun bagaimanapun, material plastik memiliki bagian penting dalam industri perpipaan. Berbagai jenis pipa air dan limbah plastik lebih mudah digunakan jika dibandingkan dengan pipa yang tebuat dari tembaga. Pipa plastik pertama kali digunakan pada tahun 1930-an, dan pada tahun 1960-an mereka semakin populer berkat kemajuan dalam pembuatan plastik yang membuat pipa-pipa ini lebih berguna secara umum.


Selama bertahun-tahun, plastik abu-abu yang disebut polibutilen biasa digunakan untuk sistem perpipaan. Tetapi plastik ini tidak lagi digunakan karena pecah dan menimbulkan kebocoran dan digantikan dengan jenis-jenis plastik lainnya yang lebih modern. Berikut adalah tiga jenis pipa air plastik yang saat ini paling umum digunakan.

1. Polyvinyl Chloride (PVC)


PVC mungkin merupakan material yang paling familiar dengan Anda karena banyak diaplikasikan pada produk rumah tangga selain perpipaan. Sebagian besar saluran air utama terbuat dari PVC. Plastik ini tidak sefleksibel beberapa jenis plastik lainnya, dan karena dapat melengkung pada suhu tinggi (di atas 60°C) maka plastik ini tidak digunakan untuk saluran air panas atau dalam aplikasi dapur. Pipa air plastik jenis ini tidak akan menimbulkan korosi dan memiliki konduktivitas panas yang rendah.

2. Chlorinated Polyvinyl Chloride (CPVC)


CPVC merupakan pipa PVC yang telah melalui klorinasi dengan klorin. CPVC lebih tahan lama pada suhu dan tekanan yang lebih tinggi daripada PVC sehingga umum diaplikasikan dalam pipa industri.


Untuk perumahan, pipa ini sangat vaik untuk mengalirkan air minum dan menangani saluran air panas yang tidak cocok untuk PVC. CPVC juga lebih fleksibel, namun rentan retak jika membeku, sehingga CPVC tidak begitu cocok untuk saluran air yang harus dikubur di dalam tanah.

3. Cross-Linked Polyethylene (PEX)


Bahan plastik PEX ( Cross - Linked Polyethylene ) sering digunakan dalam sistem pipa rumah berbagai kelebihan karakteristiknya. Jenis pipa air plastik ini dapat digunakan untuk pengapliaksian pipa air panas dan dingin, dan merupakan pipa favorit yang digunakan dalam membawa air tawar di dapur dan kamar mandi.


PEX merupakan material yang sangat fleksibel, sehingga cocok dengan sebagian besar ruang dan cenderung rendah biaya serta mudah digunakan. Muncul dalam berbagai warna, pipa ini juga memudahkan untuk mengidentifikasi jalur panas dan dingin untuk pekerjaan perpipaan.


Demikian pembahasan mengenai jenis plastik yang biasa digunakan sebagai bahan sistem perpipaan. Jelajahi website kami untuk menemukan berbagi informasi menarik terkait plastik lainnya. Bagi pebisnis plastik, Anda juga bisa mencari berbagai kebutuhan bahan baku plastik Anda di Tokoplas, mulai dari PE, PP, PS, PET, EVA, PC, ABS, Nylon, biji plastik daur ulang, aditif plastik, film plastik, dan pallet plastik.


Temukan resin/biji plastik sesuai kebutuhan Anda hanya di Tokoplas !

Share it

Artikel Terkait