Tokoplas.com required javascript enable
Tentang Kami

Ketahui 7 Kode Plastik yang Aman untuk Makanan

Diposting 26 Aug 2020 di Plastic

Tokoplas Ecommerce Indonesia

Tidak semua plastik berasal dari material yang sama. Keberagaman material dari plastik tersebut membuat plastik memiliki nilai keserbagunaan yang sangat tinggi. Beberapa plastik bersifat transparan sehingga cocok untuk digunakan sebagai lensa kacamata.


Beberapa plastik memiliki sifat ringan dan kokoh sehingga sangat baik untuk dimanfaatkan sebagai bahan perkakas industrial. Beberapa plastik lainnya bahkan resisten terhadap bakteri sehingga digunakan sebagai peralatan medis dan wadah makanan.


Keberagaman bahan baku dari setiap plastik, juga membuat penanganan proses daur ulangnya berbeda-beda. Sebagian plastik mudah untuk didaur ulang, sementara yang lainnya membutuhkan penanganan yang rumit dalam proses daur ulangnya.


Pada setiap kemasan plastik seharusnya terdapat simbol yang menandai tipe material plastik yang digunakan. Penting bagi Anda untuk memiliki pengetahuan terhadap arti simbol tersebut karena bisa saja kemasan yang Anda gunakan tidak cocok untuk menyimpan makanan.


Yuk, ketahui arti kode pada kemasan plastik yang Anda gunakan sehari-hari!

Apa Arti Kode pada Kemasan Plastik?


Anda mungkin pernah menemukan simbol angka tersemat di bawah atau sisi kemasan plastik dan bertanya-tanya apa arti dari simbol itu. Angka tersebut menunjukan “kode identifikasi resin”, atau biasa juga disebut dengan “simbol daur ulang.” Angka pada kemasan tersebut berguna sebagai petunjuk bagi konsumen yang ingin mendaur ulang kemasannya. 


Pengelompokan plastik yang digunakan untuk produk makanan pertama kali diperkenalkan pada 1988. Dikutip dari Utah State University, terdapat tujuh jenis plastik yang aman untuk makanan. Kode tersebut dijelaskan dalam bentuk simbol angka di bawah kemasan.

7 Kode Kemasan Plastik yang Perlu Anda Ketahui

Kode 1: PETE atau PET

Kode identifikasi jenis plastik PET

Apa itu PETE atau PET? Polyethylene terephthalate (PETE atau PET) adalah plastik yang paling banyak diproduksi di dunia. Plastik ini biasa diolah menjadi polyester dan botol air minum. Bahan plastik jenis ini memiliki keunggulan tahan air, kelembapan dan kimia serta kedap udara.


Digunakan sebagai apa? PET pada umumnya digunakan sebagai kemasan soft drink , air mineral, wadah saus, dan botol minyak sayur.


Kode 2: HDPE

Kode identifikasi jenis plastik HDPE

Apa itu HDPE? High-density polyethylene (HDPE) merupakan materi plastik yang cenderung keras, ringan namun kuat dan tidak tembus pandang. Sifat kokoh dari HDPE dihasilkan dari penyusun molekulnya. Percabangan molekul HDPE cukup jarang dan berjauhan. Sehingga menciptakan kekuatan tensil yang tangguh dan memberi plastik HDPE kelenturan dengan daya tahan yang tinggi.


Digunakan sebagai apa? HDPE biasanya digunakan untuk kemasan makanan dan minuman seperti kotak susu dan jus, wadah sirup cokelat, dan juga plastik belanja.


Kode 3: V atau PVC

Kode identifikasi jenis plastik PVC

Apa itu V atau PVC? Polyvinyl chloride (PVC), adalah plastik yang resisten secara biologis maupun kimiawi. Dua karakter utama PVC tersebut memungkinkan kemasan berbahan PVC untuk tetap menjaga kemurnian produk di dalamnya, maka PVC cocok digunakan sebagai kemasan obat-obatan.


Berbagai keunggulan utama PVC tersebut membuat kemasan berbahan PVC mampu menjaga kemurnian produk di dalamnya jika digunakan sebagai kemasan. PVC juga sering diaplikasikan dalam bahan konstruksi bangunan, contohnya pipa pembuangan air.


Digunakan sebagai apa? Plastik bening ini biasa digunakan sebagai kemasan tahan-rusak obat-obatan dan berbagai peralatan medis lainnya.


Kode 4: LDPE

Kode identifikasi jenis plastik LDPE

Apa itu LDPE? Low-density polyethylene (LDPE) cenderung lebih ringan jika dibandingkan dengan resin polyethylene lainnya seperti HDPE. Sifat lain yang dimiliki oleh LDPE adalah lentur dan Tangguh, mudah diproses, serta tembus pandang.


Digunakan sebagai apa? LDPE biasa digunakan sebagai tutup kaleng kopi, pembungkus roti, dan pembungkus sayur-mayur dan buah-buahan di swalayan.


Kode 5: PP

Kode identifikasi jenis plastik PP

Apa itu PP? Plastik polypropylene (PP) cenderung kaku namun lebih kuat jika dibandingkan dengan tipe plastik yang lain. PP pada umumnya memiliki titik leleh yang tinggi sehingga sangat cocok digunakan sebagai wadah untuk makanan yang butuh dihangatkan di dalam microwave .


Digunakan sebagai apa? PP sering digunakan sebagai bahan kemasan wadah yogurt, sirup maple, sour cream , dan juga botol obat-obatan beresep.


Kode 6: PS

Kode identifikasi jenis plastik PS

Apa itu PS? Polystyrene (PS) adalah plastik tanpa warna yang memiliki tekstur cenderung kaku. Plastik tipe ini bisa diolah menjadi foam atau dicetak sedemikian rupa menjadi bentuk tertentu.


Digunakan sebagai apa? Plastik PS bisa digunakan untuk membuat sendok atau garpu plastik, gelas plastik, dan karton telur.


Kode 7: OTHER

Kode identifikasi jenis plastik OTHER

Apa itu 'OTHER'?  Simbol angka 7 pada kemasan makanan dan minuman mengindikasikan bahwa kemasan tersebut terbuat dari jenis resin yang berbeda dari enam tipe lainnya. Masih banyak tipe plastik yang belum masuk dalam ke enam kategori di atas, contohnya polycarbonate atau bioplastic polylactide (PLA). Kemasan dengan simbol angka 7 juga bisa terbuat dari campuran lebih dari satu tipe plastik.


Digunakan sebagai apa? Kemasan dengan simbol angka 7 sering digunakan sebagai bahan baku galon, botol saus, dan penutup gelas kopi. 


Setelah Anda mengetahui arti dari setiap simbol pada kemasan plastik, sekarang giliran Anda untuk lebih cermat dalam memanfaatkan plastik sesuai dengan kegunaannya. Anda bisa mengunjungi website kami untuk menemukan solusi lain mengenai plastik dan penggunaannya. Semoga infonya bermanfaat!

Share it

Artikel Terkait