Tokoplas.com required javascript enable

Mengenal BOPP Film, Kelebihannya dan Pengaplikasiannya

Diposting 26 Okt 2021 di Plastic

Tokoplas Ecommerce Indonesia

Film boPP atau biaxially oriented polypropylene saat ini merupakan salah satu film kemasan paling populer digunakan di seluruh dunia. BoPP adalah film kemasan yang sangat serbaguna dengan karakter kilap dan kejernihan yang menonjol.


Hal ini membuat film boPP cocok digunakan untuk berbagai produk kemasan seperti film kotak parfum, kemasan CD, kemasan kotak rokok, dan masih banyak lagi.


Pelajari berbagai informasi seputar film boPP termasuk karakteristik, kelebihan, serta pengaplikasiannya pada pembahasan di bawah ini.

Apa itu Film BoPP?

BoPP (biaxially-oriented polypropylene) adalah film polyester yang terbuat dari stretched polypropylene. Film ini dibuat dengan cara meregangkan film dalam dua arah—ke arah mesin dan melintang. Teknik tersebut menghasilkan film transparan yang stabil, mengkilap dan dapat diaplikasikan di berbagai packing line otomatis.


Beberapa karakteristik yang dimiliki oleh film boPP antara lain:

  1. Memiliki sifat kilau yang baik dan transparansi tinggi sehingga memberikan tampilan dan hasil akhir yang halus.
  2. Resisten terhadap kelembapan dan bahan kimia.
  3. Kejernihan yang sangat baik.
  4. Stabilitas dan kerataan dimensi yang baik.
  5. Rendah muatan elektrostatis jika ditambahkan antistatic agent
  6. Tahan uap air.
  7. Memiliki sifat printability yang baik.
  8. Tahan terhadap zat minyak dan lemak.
  9. Tahan tusukan.
  10. Dapat didaur ulang.

Kelebihan Film Plastik BoPP

Terdapat beberapa elemen yang menjadi kelebihan dari film boPP jika dibandingkan dengan film plastik lainnya yang lebih tradisional.


Hal pertama yang membuat plastik boPP unggul dari film plastik lainnya yaitu fleksibilitas pengaplikasiannya. Karakter film plastik boPP yang lebih tahan kerut, transparansi yang baik, kemampuan sealing yang baik menjadikan plastik film ini sangat serbaguna dan sulit ditandingi oleh film lainnya.


Selain itu, film plastik boPP juga termasuk ramah lingkungan, dapat menjaga produk yang dikemasnya tetap kering, dan tidak membutuhkan delaminasi.

Pengaplikasian Film BoPP

  1. Kemasan produk makanan seperti roti, makanan ringan, biskuit, kue, makanan hewan, permen, sayur, es krim dan makanan beku.
  2. Sebagai film untuk alat kelistrikan, laminasi dan sampul buku.
  3. Kemasan produk farmasi dan medis.
  4. Pita perekat dan pressure sensitive tape.


Demikian informasi seputar film boPP beserta karakteristik dan pengaplikasiannya. Jelajahi website kami untuk menemukan berbagi informasi menarik terkait plastik lainnya.


Bagi pebisnis plastik, Anda juga bisa mencari berbagai kebutuhan bahan baku plastik Anda di Tokoplas, mulai dari PE, PP, PS, PET, EVA, PC, ABS, Nylon, biji plastik daur ulang, aditif plastik, film plastik, dan pallet plastik.


Temukan resin/biji plastik sesuai kebutuhan Anda hanya di Tokoplas!

Share it

Artikel Terkait