Tokoplas.com required javascript enable

Mengenal Film BoPET, Proses Pembuatan dan Kelebihannya

Diposting 18 Okt 2021 di Plastic

Tokoplas Ecommerce Indonesia

BoPET (biaxially-oriented polyethylene terephthalate) adalah film polyester yang terbuat dari stretched polyethylene terephthalate (PET) yang memiliki berbagai properti unggul seperti kekuatan tensilitas yang tinggi, stabilitas dimensional dan kimiawi yang baik, transparan, resisten terhadap gas dan bau, juga isolator listrik yang baik.


Pelajari berbagai informasi seputar film boPET termasuk karakteristik, proses pembuatan, serta pengaplikasiannya pada pembahasan di bawah ini.

Proses Pembuatan dan Karakteristik Film BoPET

Proses pembuatan film boPET dimulai dengan ekstrusi lelehan PET menjadi bentuk gulungan. Film kemudian diorientasikan secara biaksial dengan proses drawing. Cara paling umum untuk melakukan ini adalah melalui proses sekuensial, dimana film pertama-tama ditarik ke arah mesin menggunakan roller yang dipanaskan dan kemudian ditarik ke arah melintang, secara ortogonal dalam oven yang dipanaskan.


Setelah proses drawing selesai, film kemudian melalui proses kristalisasi di bawah tekanan pada oven dengan suhu di atas 20 °C. Proses ini dilakukan guna mencegah film untuk mengkerut kembali seperti bentuk aslinya sebelum ditarik dan juga untuk ‘mengunci’ orientasi molekul dari film. Orientasi rantai polimer bertanggung jawab atas tingginya kekuatan dan kekakuan dari film boPET, yang memiliki modulus Young sekitar 4 GPa (0,58 × 106 psi).


Jika diproduksi tanpa aditif, permukaan film boPET akan sangat halus sehingga lapisan akan menempel kuat satu sama lain ketika film digulung, mirip dengan menempelnya pelat kaca saat ditumpuk. Untuk memudahkan penanganan film, partikel anorganik mikroskopis, seperti silikon dioksida, biasanya ditambahkan dalam PET untuk membuat permukaan film menjadi lebih kasar.


Film boPET dapat dimetalisasi dengan deposisi uap (vapor deposition) dari film tipis aluminium, emas, atau logam lain. Proses tersebut akan menghasilkan film yang memiliki permeabilitas terhadap gas yang jauh lebih kecil (penting pada pengaplikasian kemasan makanan) dan memantulkan hingga 99% cahaya, termasuk sebagian besar spektrum inframerah.


Untuk beberapa aplikasi seperti kemasan makanan, film boPET aluminized dapat dilaminasi dengan lapisan polietilen, yang memberikan kemampuan segel dan meningkatkan ketahanan tusukan yang baik. Sisi polietilen dari laminasi tersebut akan tampak kusam dan sisi boPET mengkilap.

Pengaplikasian Film BoPET

Film boPET umumnya dapat diaplikasikan untuk pembuatan beberapa produk di bawah ini:

Kemasan Fleksibel dan Kemasan Makanan

  1. Laminasi metallized boPET foil untuk menjaga makanan dari oksidasi dan bau tak sedap. Dapat meningkatkan waktu simpan makanan.
  2. Roasting bag.
  3. Lembaran logam yang dilaminasi (aluminium atau baja) yang digunakan dalam pembuatan kaleng.
  4. Substrat web boPET bening digunakan sebagai penutup untuk makanan siap saji segar atau beku.

Material Isolasi

  1. Material isolasi listrik.
  2. Isolasi untuk rumah dan tenda.
  3. Selimut darurat film boPET berlapis logam menjaka panas tubuh korban.
  4. Isolasi lampu untuk taman indoor.

Elektronik dan Akustik

  1. Material pembuatan diafragma untuk headphone, loudspeaker, dan mikrofon.
  2. Kemasan CD atau vinyl.


Demikian informasi seputar film boPET beserta proses produksi dan pengaplikasiannya. Jelajahi website kami untuk menemukan berbagi informasi menarik terkait plastik lainnya. Bagi pebisnis plastik, Anda juga bisa mencari berbagai kebutuhan bahan baku plastik Anda di Tokoplas, mulai dari PE, PP, PS, PET, EVA, PC, ABS, Nylon, biji plastik daur ulang, aditif plastik, film plastik, dan pallet plastik.


Temukan resin/biji plastik sesuai kebutuhan Anda hanya di Tokoplas!

Share it

Artikel Terkait