Tokoplas.com required javascript enable
Tentang Kami

Mengenal Grade Performance Polypropylene Baru

Diposting 16 Aug 2021 di Plastic

Tokoplas Ecommerce Indonesia

Plastik polipropilena secara umum memiliki rentang karakteristik dan kegunaan yang cukup luas. Namun terdapat dua tema yang menonjol dari generasi baru resin high-performing polipropilena yang akan menjadi pembahasan kali ini.


Yang pertama adalah terobosan kompetitifnya melawan commodity resin lainnya seperti PS dan PET, bahkan juga dengan plastik engineering polymer yang lebih mahal seperti nilon dan PC. Tema yang kedua yaitu keunggulannya dari segi keberlanjutan, tanpa harus berkompromi dengan kualitas dan performanya.


Beberapa grade plastik PP baru yang menawarkan dua kelebihan tersebut meliputi plastik PP yang lebih ringan seperti foamed PP, carbon-fiber reinforced PP, dan plastik PP yang terbuat dari material daur ulang dan biobased. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai inovasi-inovasi baru produk resin polipropilena, simak pembahasan di bawah ini.

Plastik PP yang Sustainable

Dalam menanggapi kebutuhan akan produk resin yang lebih sustainable, portfolio SABIC Trucircle menawarkan plastik virgin PP terbarukan yang bebas-hewani dan terbuat dari limbah pembuatan pulp kayu. Trucircle juga mencakup grade PP yang dirancang agar bisa didaur ulang dengan mudah sehingga membantu mereduksi volume limbah, serta produk daur ulang mekanis dan produk sirkular bersertifikat dari bahan baku limbah plastik campuran.


Selain SABIC, brand PE dan PP I’m Green dari Braskem juga menawarkan resin PCR (post-consumer recycled), meskipun belum diproduksi dengan skala industrial. Di bulan Juli tahun lalu, Braskem menjadi anggota pendiri utama PP Recycling Coalition, yang bertujuan untuk meningkatkan pemulihan dan daur ulang PP di Amerika Serikat.

Performance PP untuk Pengaplikasian Otomotif

Belakangan ini ExxonMobil meluncurkan dua grade PP baru untuk memenuhi permintaan industri otomotif dalam mereduksi bobot kendaraan dengan mengaplikasikan bagian kendaraan yang lebih tipis dan ringan namun tetap kokoh dan tahan bentur.


Produk baru Achieve Advanced PP7925E1 untuk pasar Amerika, dan ExxonMobil PP7495E1 untuk pasar Asia-Pasifik didesain khusus untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut. Dengan fitur 100 MFR (Melt Flow Rate), kedua plastik tersebut memungkinkan proses pencetakan yang lebih efisien untuk membuat bagian kendaraan yang lebih tipis.


Perusahaan produsen resin lainnya, SABIC, pun mengeluarkan PP bebas-halogen dan tahan bakar dengan short dan long glass reinforcement. Produk ini memiliki ketahanan suhu, dan karakteristik mekanis yang sangat cocok digunakan untuk pengaplikasian komponen otomotif maupun elektronik, seperti electric-vehicle power trains, pemutus sirkuit miniatur, konektor, saklar dan soket, housing perkakas listrik, dan bagian struktural dalam konstruksi bangunan. Plastik ini memiliki rentang suhu penggunaan sampai dengan 100°C sehingga cocok digunakan sebagai pengganti aplikasi material nilon 6 dan 66.

Pengaplikasian Foamed PP

Pengalihan dari material solid tradisional menuju material foamed yang lebih ringan menjadi sebuah tren di berbagai industri mulai dari sektor kemasan, otomotif, konstruksi bangunan sampai dengan barang konsumsi.


Pada umumnya, pengaplikasian material foam didominasi oleh polimer amorf seperti PS, PUR dan PVC. Sedangkan foamed PP semikristalin terbilang relatif baru dan belum cukup populer di pasaran. Namun beberapa bulan belakangan ini ExxonMobil meluncurkan foamable Achieve Advanced PP6302, yang mudah diproses, dan ramah lingkungan untuk aplikasi dengan volume tinggi. PP HMS (high-melt-strength) baru ini memiliki kekakuan 30% lebih tinggi dari PP HMS foam standar dan dapat mereduksi pengeluaran produk secara signifikan pada berbagai aplikasi.

PP Generasi Baru untuk Pengaplikasian Kemasan

Pengalihan penggunaan PS menuju PP untuk pembuatan kemasan rigid injection molded masih terus berkelanjutan, dikarenakan PP dan dan PP foam yang memiliki densitas lebih rendah dari PS.

Karena densitasnya yang lebih rendah, PP dan PP foam dapat menggunakan sistem daur ulang dengan metode pemisahan float / sink.

Untuk itu, SABIC meluncurkan Flowpact FPC75, phthalate-free PP impact copolymer untuk injection molding yang menawarkan pemrosesan yang lebih cepat untuk kemasan tipis produk pangan maupun non-pangan.


Braskem juga baru-baru ini meluncurkan grade thermoforming Inspire baru yang dapat menggantikan PET. Grade baru ini menawarkan sifat optik yang mirip dengan PET dengan ketahanan panas yang lebih baik daripada PET atau PP kopolimer acak. Plastik ini ditargetkan untuk aplikasi yang menuntut keseimbangan antara kejernihan dan ketahanan panas yang tinggi, misalnya seperti kemasan makanan siap saji.


Demikian informasi mengenai beberapa grade baru plastik performance polyethylene. Jelajahi website kami untuk menemukan berbagi informasi menarik terkait plastik lainnya. Bagi pebisnis plastik, Anda juga bisa mencari berbagai kebutuhan bahan baku plastik Anda di Tokoplas, mulai dari PE, PP, PS, PET, EVA, PC, ABS, Nylon, biji plastik daur ulang, aditif plastik, film plastik, dan pallet plastik.


Temukan resin/biji plastik sesuai kebutuhan Anda hanya di Tokoplas!

Share it

Artikel Terkait