Tokoplas.com required javascript enable
Tentang Kami

Mengenal Plastik rPET (Recycled Polyethylene) serta Kelebihannya bagi Lingkungan

Diposting 7 Nov 2022 di Plastic

Tokoplas Ecommerce Indonesia

Ada banyak jenis plastik alternatif yang lebih ramah lingkungan. Satu dari sekian banyak jenis plastik ramah lingkungan tersebut adalah plastik rPET. Mengapa dapat dikatakan demikian? Berikut adalah ulasan singkat mengenai apa itu plastik rPET, proses pembuatan, kelebihan, sampai implementasinya.

Apa Itu rPET?

rPET adalah singkatan dari recycle polyethylene terephthalate. Seperti yang diketahui, polyethylene terephthalate atau dikenal sebagai PET merupakan salah satu plastik yang sering digunakan dalam kehidupan masyarakat. Jadi, rPET merupakan plastik PET yang telah didaur ulang sehingga mempunyai nilai lebih dan dapat digunakan kembali.


Plastik recycle polyethylene terephthalate sepenuhnya berasal dari daur ulang serta dapat didaur ulang berulang kembali. Hal ini membuat rPET dianggap menjadi salah satu plastik ramah lingkungan, karena dapat membantu menurunkan penumpukan sampah plastik.

Kelebihan rPET

Keunggulan rPET tidak hanya sebatas ramah lingkungan. Ada berbagai kelebihan lain dari rPET selain dapat mengurangi sampah plastik, yakni:

  1. Mampu mendukung kelestarian alam sekaligus menjaga keberlangsungan bisnis;
  2. Mengurangi penggunaan energi dan jejak karbon sebuah industri manufaktur;
  3. Mendorong inovasi bisnis untuk menciptakan produk yang ramah bagi lingkungan.
  4. Menekan emisi gas rumah kaca dibandingkan dengan PET murni;
  5. Meminimalisir pencemaran laut akibat limbah plastik.

Bagaimana Proses Daur Ulang PET Menjadi rPET?

Berikut proses recycle plastik PET menjadi rPET:

1. Pembuangan

Berbagai sampah PET seperti botol plastik sekali pakai biasanya langsung dibuang begitu saja. Padahal, akan lebih baik jika plastik PET dibuang dengan cara dipisahkan dari jenis plastik lain untuk memudahkan daur ulang.


Inilah pentingnya kesadaran dari masyarakat untuk membuang sampah plastik PET secara terpisah. Untuk memudahkan, biasanya di bawah plastik menunjukkan sebuah kode yang menjelaskan bahwa plastik tersebut berjenis PET.

2. Pengumpulan dan Pemisahan Tahap Awal

Setelah sampah PET dibuang, plastik akan dikumpulkan dan dipindahkan ke tempat daur ulang. Limbah PET akan dipisahkan dari limbah lainnya jika masih terkumpul dengan sampah lain. Kemudian plastik akan dibentuk menjadi tumpukan bal plastik.

3. Penyortiran dan Pembersihan

Selanjutnya bal PET akan dibuka, disortir, dan dibersihkan untuk membersihkan label atau isi yang masih tersisa. Lalu plastik akan diparut dan digiling menjadi serpihan plastik. Di tahap ini, setiap serpihan akan dicek jenis dan warnanya.


Serpihan plastik dipisahkan berdasarkan jenis dan warna, dibersihkan kembali dari kontaminan yang tersisa sampai benar-benar bersih. Setelah selesai, plastik bersih akan masuk ke silo pencampuran.

4. Merumuskan Aditif

Untuk membuat plastik dapat menjadi barang jadi yang dapat digunakan, perumusan formulasi aditif dan plastik akan dilakukan. Penambahan aditif dapat memastikan pembentukan kembali rantai molekul yang tepat sehingga mampu memenuhi kualitas yang dibutuhkan dan mempertahankan kualitas intrinsiknya.

5. Compouding

Plastik kemudian dilelehkan dan dicampur dengan aditif. Penyaringan lelehan sangat krusial dalam tahapan ini karena dapat membantu menyaring bahan dari kontaminan yang tidak meleleh. Pemantauan secara teliti akan dilakukan untuk memastikan plastik memiliki kualitas tinggi.


Setelah melalui proses daur ulang, barulah rPET dapat diubah menjadi barang baru yang siap pakai. Implementasi dari rPET sendiri sangat beragam, mulai dari wadah makanan, minuman, tikar, sampai pakaian.

Pengaplikasian Plastik rPET

Meskipun PET dapat didaur ulang 100%, namun plastik ini tidak dapat didaur ulang menjadi bentuk semula, terutama jika plastik PET tersebut merupakan PET food-grade.Hal tersebut demikian karena plastik daur ulang cenderung sulit untuk dibersihkan hingga mencapai standar food-grade.


Namun di luar dari itu, rPET tetap dapat diolah menjadi berbagai macam produk seperti:

  1. Botol plastik
  2. Fiber untuk dalaman bantal
  3. Insulasi atap
  4. Karpet mobil
  5. Baju renang atau outdoor gear


Itulah pembahasan tentang recycle polyethylene terephthalate atau rPET. Jelajahi website kami untuk menemukan berbagai informasi menarik terkait plastik lainnya. Bagi pebisnis plastik, Anda juga bisa mencari berbagai kebutuhan bahan baku plastik Anda di Tokoplas, mulai dari PE, PP, PS, PET, EVA, PC, ABS, Nylon, biji plastik daur ulang, aditif plastik, film plastik, dan pallet plastik.


Temukan resin/biji plastik sesuai kebutuhan Anda hanya di Tokoplas!

Share it

Artikel Terkait