Tokoplas.com required javascript enable
Tentang Kami

Tips Memilih Nucleating Agent dan Clarifier untuk Plastik PP

Diposting 13 Sep 2021 di Plastic

Tokoplas Ecommerce Indonesia

Meskipun telah memiliki sifat-sifat yang unggul, karakteristik fisik, mekanik dan optik dari plastik polipropilena PP dapat lebih ditingkatkan dengan penggunaan zat aditif plastik nucleating agent dan clarifier. Aditif ini membantu dalam kristalisasi PP selama pemrosesan, sehingga meningkatkan karakteristik yang sudah diperoleh.


Untuk memahami bagaimana penggunaan nucleating agent dan clarifying agent serta tips memilihnya untuk meningkatkan karakteristik plastik polipropilena, simak pembahasan di bawah ini.

Peran Nucleating dan Clarifying Agent pada Plastik PP 

Kristalinitas dari polimer semi-kristalin seperti plastik PP akan mempengaruhi beberapa aspek karakteristik dari plastik tersebut, seperti stabilitas dimensi, kejernihan, dan kekerasannya.


Kristalinitas dari suatu polimer sendiri dikendalikan oleh struktur polimer, formulasi, dan kondisi pemrosesan yang menghasilkan keseimbangan tertentu dari pembentukan panas dan tahap pendinginan. Akibatnya, kristalinitas seringkali heterogen, sehingga menghasilkan perbedaan karakteristik antara permukaan dan inti dari produk plastik tersebut.


Nucleating dan clarifying agent pada proses tersebut berperan untuk membantu mempercepat dan menstabilkan kristalisasi sehingga memungkinkan produsen untuk menyesuaikan sifat akhir polimer semi-kristal sesuai dengan fungsi tertentu.

Dalam formulasi polipropilena, penambahan nucleating agent akan menghasilkan peningkatan karakteristik & sifat pemrosesan, seperti:


  1. Peningkatan kejernihan dan pengurangan kabur
  2. Peningkatan kekuatan dan kekakuan
  3. PeningkatanHeat Deflection Temperature (HDT)
  4. Mengurangi cycle time
  5. Mengurangi lengkungan dan penyusutan menjadi lebih seragam
  6. Peningkatan kemampuan proses dalam aplikasi tertentu


Dengan demikian, nukleasi merupakan cara yang ampuh untuk meningkatkan karakteristik fisik, mekanik, dan optik dari plastik polipropilena.

Faktor yang Mempengaruhi Performa Nucleating dan Clarifying Agent

Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi performa nucleating dan clarifying agent sebagai aditif plastik polipropilena.

1. Ukuran dan Distribusi Ukuran Partikel

Ukuran partikel yang lebih kecil akan meningkatkan pembentukan kristal (nucleation). Namun, ukurannya yang kecil membuatnya sulit terpisahkan satu dengan yang lainnya. Beberapa partikel nukleus, seperti natrium benzoat, cenderung akan menggumpal kembali.

2. Suhu Leleh

Untuk menghasilkan tingkat clarifying/kejernihan yang baik, ada beberapa nucleating dan clarifying agent yang membutuhkan suhu leleh yang lebih tinggi agar dapat sepenuhnya larut dan terikat dengan polimer.

Clarifier larut lainnya, larut dalam PP pada suhu yang lebih rendah dan tidak terlalu sensitif terhadap suhu leleh.

3. Bentuk Partikel dan Rasio Aspek

Partikel nukleus dengan bentuk seperti jarum dapat menyebabkan nilai susut yang berbeda. Adanya perbedaan nilai susut dapat menyebabkan lengkungan pada produk akhir.


Pengaplikasian di Berbagai Industri

Nucleating agent dapat meningkatkan beberapa sifat fisik dan mekanik dari polipropilena, seperti kekakuan, ketahanan benturan, dan kekerasan. Hal tersebut membuat aditif plastik ini banyak diaplikasikan untuk pembuatan produk-produk plastik untuk berbagai pengaplikasian yang membutuhkan karakteristik tertentu.


Dari berbagai pengaplikasian nucleating dan clarifying agent, berikut yang paling umum:

  1. Consumer products seperti furnitur, mainan, alat olahraga, furnitur halaman dan taman, pot bunga, gantungan baju, perlengkapan rumah/kantor/kerajinan, koper, alat tulis.
  2. Produk rumah tangga seperti pelapis dan suku cadang lemari es dan pencuci piring, drum mesin cuci, blender, oven pemanggang roti, teko kopi, hair dryer, wadah penyimpanan makanan, pakaian, dan peralatan makan.
  3. Bagian kendaraan seperti panel pintu, panel body, fascia bumper, kotak baterai, pelindung/selubung kipas dan radiator, dan lain-lain.

Tips Memilih Nucleating dan Clarifying Agent untuk PP

Sebelum memilih nucleating dan clarifying agent yang sesuai untuk aplikasi PP Anda, tentukan peningkatan properti seperti apa yang paling Anda minati:


  1. Jika kejernihan yang tinggi merupakan prioritas, maka pilihlah salah satu soluble clarifier seperti sorbitol, nonitol, dan triamida.
  2. Untuk kejernihan yang lebih rendah, ester fosfat dapat digunakan.
  3. Jika modulus tinggi sangat penting, maka pilih salah satu ester fosfat.
  4. Untuk produk yang paling cost-effective, maka pilihlah natrium benzoat.
  5. Jika lengkungan rendah dan sensitivitas pigmen rendah adalah yang paling penting, maka pilihlah garam bicycloheptane.


Demikian informasi mengenai tips memilih nucleating agent dan clarifier untuk plastik PP. Jelajahi website kami untuk menemukan berbagi informasi menarik terkait plastik lainnya. Bagi pebisnis plastik, Anda juga bisa mencari berbagai kebutuhan bahan baku plastik Anda di Tokoplas, mulai dari PE, PP, PS, PET, EVA, PC, ABS, Nylon, biji plastik daur ulang, aditif plastik, film plastik, dan pallet plastik.


Temukan resin/biji plastik sesuai kebutuhan Anda hanya di Tokoplas!

Share it

Artikel Terkait