Tokoplas.com required javascript enable
Tentang Kami

Segala Hal Seputar Mold Tooling yang Perlu Anda Ketahui

Diposting 5 Jan 2023 di Technology

Tokoplas Ecommerce Indonesia

Yang dimaksud dengan tooling dalam injection molding adalah proses pembuatan komponen alat-alat mesin injection molding untuk membuat produk plastik. Artikel berikut akan membahas tentang injection mold tooling serta komponen penting di dalamnya. 

Langkah dalam Injection Mold Tooling 

Injection mold tooling adalah satu bagian penting dari proses produksi produk plastik. Sebab, desain tooling ini akan menentukan progres dan hasil akhir dari injection molding yang Anda jalankan. Berikut langkah-langkah tooling:

1. Review Manufakturabilitas dan Kelayakan

Review manufakturabilitas mencakup penentuan standar bahan yang akan digunakan serta penggabungan detail tool untuk menciptakan desain yang paling kuat namun tetap realistis untuk diproduksi. Untuk memastikan apakah produk memungkinkan dan layak untuk diproduksi, para engineer juga akan melakukan Failure Mode And Effects Analysis (PFMEA) secara komprehensif.

2. Desain

Desain awal dibuat dalam format 2D ​​dan 3D untuk memberikan gambaran akurat tentang geometri dan ukuran molding. Jika desain awal sudah disepakati, barulah desain akhir akan dilakukan. Desain akhir biasanya dibuat menggunakan perangkat lunak khusus. Adapun yang penyesuaian yang dilakukan pada tahap ini sudah ditentukan ketika review desain awal. 

3. Pembuatan Primary dan Secondary Tools

Pada tahap ini, gambaran dan tinjauan konstruksi setiap tool akan dilakukan. Tahapan ini membutuhkan pemantauan seksama, mulai dari verifikasi desain gambar sampai tahapan akhir. Meskipun demikian, hasil akhir produk juga tetap harus diperiksa dengan rinci.

4. Menggunakan Sampel Tool

Pembuatan sampel tool akan langsung dilakukan begitu proses pencetakan beserta parameternya sudah ditetapkan. Ketika sampel selesai dibuat, sampel akan diuji dari segi kualifikasi dan dicek fungsionalitasnya untuk proses manufaktur.

5. Koreksi Akhir

Sampel yang sudah diperiksa dan memenuhi kualifikasi akan didokumentasikan untuk produksi mendatang. Namun jika sampel tidak memenuhi kualifikasi, beberapa penyesuaian akan dilakukan terkait kualifikasi yang ada.


Akan tetapi, pihak manufaktur tidak langsung menggunakan tool yang sudah mendapatkan approval untuk produksi skala besar. Umumnya produsen akan membuat contoh komponen plastik yang diproduksi menggunakan tool tersebut, kemudian menyerahkannya ke client. Bila client sudah cocok dan setuju dengan hasil akhirnya, barulah produksi skala besar akan dilakukan.

Contoh Komponen Penting dalam Injection Mold Tooling 

Inilah contoh bagian penting dalam injection molding tooling:

1. Gate

Bagian gate terdapat pada awal dan akhir runner yang langsung mengarah ke aliran plastik cair menuju ke rongga cetakan. Tipe gate sangat beragam dari segi ukuran dan bentuk, tergantung desain dan bahan plastik yang digunakan.


Desain sebuah gate menjadi hal yang sangat krusial. Itulah sebabnya para engineer juga perlu memperhitungkan faktor untuk penentuan jenis dan lokasi gate untuk mencapai aliran optimal, tekanan pengisian, waktu pendinginan, serta dimensinya. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari cacat produk.

2. Draft Angle

Salah satu poin yang tidak boleh ketinggalan dalam desain cetakan adalah kemudahan saat melepas produk akhir saat selesai produksi. Oleh sebab itu, implementasi draft angle harus diperhitungkan dengan baik.


Angka derajat sudut tergantung pada beberapa faktor, seperti material yang digunakan dan kedalaman rongga cetakan serta penyusutan. Umumnya, semakin dalam rongga cetakan, semakin tinggi sudut draft angle yang dibutuhkan. Ukuran draft angle sangat bervariasi dari 1 sampai 5 derajat.

2. Finishing Permukaan

Finishing permukaan merupakan aspek penting dari desain produk, dimana tooling dan desain mold memainkan peran penting dalam menentukan hasil finishing permukaan produk.


Finishing permukaan produk juga bergantung pada faktor-faktor seperti mold cooling, pendinginan produk, dan pengaturan suhu. Resin plastik yang berbeda membutuhkan suhu mold dan waktu pendinginan yang berbeda untuk mendapatkan hasil akhir yang diinginkan.


Selain itu, desainer produk juga sering menyertakan pola dan tekstur pada permukaan cetakan untuk menciptakan hasil akhir yang diinginkan.

Itulah ulasan singkat mengenai injection mold tooling yang perlu diketahui oleh Anda sebagai praktisi manufaktur. Jelajahi website kami untuk menemukan berbagai informasi menarik terkait plastik lainnya. Bagi pebisnis plastik, Anda juga bisa mencari berbagai kebutuhan bahan baku plastik Anda di Tokoplas, mulai dari PE, PP, PS, PET, EVA, PC, ABS, Nylon, biji plastik daur ulang, aditif plastik, film plastik, dan pallet plastik.


Temukan resin/biji plastik sesuai kebutuhan Anda hanya di Tokoplas!

Share it

Artikel Terkait