Tokoplas.com required javascript enable
Tentang Kami

Cara Mencegah dan Mengatasi Injection Molding Bubbles

Diposting 4 Jan 2023 di Technology

Tokoplas Ecommerce Indonesia

Kemunculan bubble pada injection molding adalah salah satu masalah yang paling sering dijumpai namun cukup sulit diatasi. Masalah ini bisa mengurangi penampilan dan daya jual produk plastik. Tentu saja hal tersebut akan merugikan pihak manufaktur. Nah, bagaimana cara mengatasi serta mencegah munculnya injection molding bubbles? Simak ulasannya di bawah ini!


Penyebab Munculnya Bubbles di Injection Molding

Bubble merupakan sebuah kecacatan produk yang disebabkan oleh gas dalam produk plastik. Adanya gas tersebut bisa menyebabkan “gelembung” pada permukaan plastik. Gelembung ini bisa ditemukan di berbagai jenis permukaan, baik permukaan yang tebal maupun tipis. Bentuk dan diameter dari gelembung tersebut juga sangat bermacam-macam.


Apa yang menyebabkan munculnya gas pada permukaan plastik? Inilah beberapa di antaranya:

1. Kondisi Mesin Injection Molding yang Tidak Baik

Munculnya gelembung pada permukaan plastik bisa disebabkan oleh kondisi dan pengaturan mesin yang kurang baik. Jika posisi gate dari injection molding tidak tepat atau bagian gate terlalu kecil, maka runner utama dan runner yang lain tidak mampu berjalan seperti kondisi normal. Hal ini bisa memicu munculnya bubble.

2. Terlalu Banyak Kadar Air di Material Plastik

Penyebab selanjutnya mengapa bubble bisa muncul di produk plastik adalah kualitas material yang kurang mumpuni. Seperti yang diketahui, ada banyak sekali jenis plastik dengan karakteristik masing-masing yang berbeda. Material plastik yang mengandung kadar air atau volatil terlalu banyak akan menyebabkan munculnya udara selama proses dan mempengaruhi kualitas plastik.


Tak hanya itu, material plastik yang tidak mampu meleleh dengan rata akan menyebabkan munculnya kontaminan. Kemudian kontaminan ini pula juga bisa memicu gas pada produk plastik.

3. Proses Injection Tidak Maksimal

Selain kondisi dari mesin itu sendiri, kualitas dari proses injection yang tidak maksimal pun bisa memicu adanya udara berlebih dan akhirnya menyebabkan bubble. Contoh proses yang tidak maksimal tersebut adalah:


  1. Tekanan injection molding yang terlalu rendah;
  2. Mesin injection molding berjalan terlalu cepat;
  3. Jumlah material yang dimasukkan ke mesin terlalu sedikit atau terlalu rendah;
  4. Proses pendinginan tidak merata atau tidak mencukupi;
  5. Suhu material dan molding tidak dikontrol dengan baik.

Cara Mengatasi Bubbles di Injection Molding

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya. Namun, penting diperhatikan bahwa Anda perlu memahami jenis bubble dan apa penyebabnya terlebih dahulu sebelum mengambil tindakan.


Selain itu, banyak orang yang sulit membedakan antara bubble dan vacuum void. Cara menentukan apakah bagian tersebut adalah bubble atau vacuum void, Anda perlu menghangatkan area bagian yang berisi gelembung secara perlahan hingga lunak. Jangan gunakan api karena justru bisa membuat plastik meleleh. Sebagai gantinya, gunakanlah heat gun.


Jika bagian yang dicurigai bubble tersebut berisi gas, maka gas akan memanas dan mengembang atau naik ke permukaan. Tak jarang bubble juga akan meletup saat permukaan mulai melunak. Jika gelembung akan runtuh karena tekanan mendorong permukaan bagian yang lunak, berarti bagian tersebut adalah vacuum void dan tidak ada gas di dalamnya.


Selain memahami cara mengatasi bubble yang muncul pada injection molding, Anda pun juga sebaiknya memahami bagaimana pencegahannya. Jaga kinerja mesin injection molding dalam ritme yang sesuai, tidak terlalu cepat maupun terlalu lama. Anda juga perlu memastikan bahwa material yang digunakan untuk injection molding merupakan material yang kompatibel serta mampu meleleh secara merata.


Itulah ulasan singkat mengenai cara mencegah dan mengatasi injection molding bubbles. Jelajahi website kami untuk menemukan berbagai informasi menarik terkait plastik lainnya. Bagi pebisnis plastik, Anda juga bisa mencari berbagai kebutuhan bahan baku plastik Anda di Tokoplas, mulai dari PE, PP, PS, PET, EVA, PC, ABS, Nylon, biji plastik daur ulang, aditif plastik, film plastik, dan pallet plastik.


Temukan resin/biji plastik sesuai kebutuhan Anda hanya di Tokoplas!

Share it

Artikel Terkait