Tokoplas.com required javascript enable
Tentang Kami

Memahami Pengaplikasian Talc Powder untuk Modifikasi Plastik

Diposting 4 Jan 2023 di Technology

Tokoplas Ecommerce Indonesia

Penggunaan talc powder pasti tak asing lagi bagi industri plastik. Sudah banyak yang mengetahui bahwa implementasi talc powder dapat meningkatkan kualitas produk. Apa saja manfaat lain dari talc powder untuk plastik dan bagaimana contoh pengaplikasiannya? Untuk selengkapnya, simak ulasan berikut ini.

Karakteristik Talc Powder

Penggunaan talc powder bukan tanpa alasan. Terdapat beberapa karakteristik yang membuat talc powder sering digunakan. Berikut beberapa di antaranya:


1. Memiliki Serpihan Berukuran Mikroskopis

Talc powder mampu meningkatkan kualitas produk plastik karena memiliki struktur yang unik pada serpihannya yang berukuran mikroskopis.

2. Mampu Menjadi Penghalang dan Insulasi Panas

Ketika talc powder ditambahkan dalam resin plastik, tacl powder akan menyebar ke seluruh plastik menjadi sebuah lapisan. Oleh karena itu talc powder mampu menjadi insulasi sekaligus penghalang panas yang baik.

3. Menjadi Agen Nukleasi

Bubuk talc mempunyai tekstur yang licin. Sehingga, talc powder murni yang berukuran di bawah 1μm dapat terdispersi secara seragam dalam plastik dan berperan sebagai agen nukleasi.

4. Menahan Sinar Infrared dan Ultraviolet

Talc, kaolin, mica, dan produk silicon lain yang memiliki mineral dapat menahan sinar infrared dan ultraviolet. Itu sebabnya penambahan talc powder juga bisa menjaga daya tahan produk.

Alasan Pengaplikasi Talc Powder untuk Modifikasi Plastik

Berikut beberapa alasan mengapa talc powder digunakan dalam modifikasi plastik:

1. Struktur

Ketika digunakan dalam produk plastik, talc dapat terdispersi secara merata dan berlapis dalam resin. Struktur talc inilah yang mampu meningkatkan kualitas produk plastik.

2. Kandungan Silikon

Adanya silikon dalam talc powder merupakan sebuah indikasi yang menentukan pengelompokkan grade dari talc powder itu sendiri. Semakin tinggi kandungan silikon dalam bedak, semakin tinggi kemurnian bedak, semakin baik efek aplikasinya dan semakin tinggi harganya.


Namun begitu, Anda tetap harus memperhatikan jenis talc powder seperti apa yang diperlukan dalam proses manufaktur, mengingat setiap proses memiliki kebutuhan talc powder dari jenis yang berbeda-beda.

3. Warna

Warna dari talc powder bisa beragam, mulai dari warna putih, hijau, merah muda, biru, dan lain-lain. Keberagaman warna tersebut bisa meningkatkan estetika pada produk akhir plastik.

4. Sifat Permukaan

Sifat permukaan dari talc powder tidak hanya akan mempengaruhi jumlah aditif, tetapi juga meningkatkan kekuatan ikatan antara struktur resin. Sehingga mampu meningkatkan produk kualitas plastik.

Manfaat Pengaplikasian Talc Powder untuk Produk Plastik

Berikut beberapa manfaat aplikasi talc powder:

1. Menambah Kekerasan dan Ketahanan Terhadap Goresan

Permukaan yang keras dan tahan gores merupakan persyaratan wajib yang harus dipenuhi produk plastik tertentu. Menambahkan talc powder dapat secara efektif membuat permukaan lebih keras dan tahan terhadap goresan.

2. Meningkatkan Kekuatan Tekanan

Penambahan talc powder dalam kisaran tertentu dapat menambah kekuatan plastik terhadap tekanan. Hal ini disebabkan oleh gaya gravitasi antar molekul.

3. Membuat Plastik Tahan Panas

Talc powder memiliki efek yang cukup signifikan dalam ketahanan plastik terhadap suhu panas. Ketika talc ditambahkan, talc akan meningkatkan suhu deformasi termal (HDT) yang mampu membuat plastik tahan panas.


Itulah ulasan singkat mengenai aplikasi talc powder pada produk plastik. Jelajahi website kami untuk menemukan berbagai informasi menarik terkait plastik lainnya. Bagi pebisnis plastik, Anda juga bisa mencari berbagai kebutuhan bahan baku plastik Anda di Tokoplas, mulai dari PE, PP, PS, PET, EVA, PC, ABS, Nylon, biji plastik daur ulang, aditif plastik, film plastik, dan pallet plastik.


Temukan resin/biji plastik sesuai kebutuhan Anda hanya di Tokoplas!

Share it

Artikel Terkait