Tokoplas.com required javascript enable
Tentang Kami

Smart Manufacturing dan Penerapannya pada Industri Plastik

Diposting 6 Jun 2022 di Technology

Tokoplas Ecommerce Indonesia

Sebuah survei yang dilakukan oleh Manufacturers Alliance for Productivity and Innovation dan Deloitte menunjukkan 85% manufacturer percaya bahwa smart factory (pabrik pintar) akan menjadi penggerak utama dari kompetisi di dunia manufaktur.


Konsep smart manufacturing, atau yang biasa disebut juga dengan istilah Internet of Things (IoT) atau Industrial IoT (IIoT) saat ini terus mengalami perkembangan seiring dengan munculnya teknologi-teknologi baru di bidang sensor, serta pengambilan dan analisis data. Lalu, dampak apa yang terjadi pada industri plastik dari penerapan smart manufacturing? Simak pembahasan di bawah ini untuk mendapatkan jawabannya!

Apa Itu Smart Manufacturing?


Sebelum membahas mengenai pengaplikasian konsep smart manufacturing pada industri plastik, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu yang dimaksud dengan smart manufacturing.


Smart manufacturing (SM) adalah pendekatan berbasis teknologi yang menggunakan mesin yang terhubung ke Internet untuk memantau proses produksi. Tujuan dari smart manufacturing adalah untuk mengidentifikasi peluang dalam mengotomatisasi operasional produksi dan menggunakan analisis data untuk meningkatkan kinerja manufaktur.


Penerapan SM melibatkan penyematan sensor pada mesin manufaktur untuk mengumpulkan data tentang status dan kinerja operasionalnya. Pada manufaktur konvensional, informasi tersebut biasanya disimpan di database lokal dan hanya digunakan untuk menilai penyebab kegagalan pada peralatan produksi setelah kegagalan itu terjadi.


Namun saat ini, dengan menganalisis data dari seluruh mesin pabrik, atau bahkan antar beberapa fasilitas secara real-time, Anda dapat mengidentifikasi bahkan memprediksi kemunculan permasalahan pada mesin atau kegagalan produksi.


Bahkan produsen juga dapat menggunakan tren dalam data yang terkumpul untuk mengidentifikasi langkah produksi mana yang masih kurang efisien dan dengan cepat mengambil keputusan yang akurat terhadap solusi dari permasalahan tersebut.

Keuntungan dari Penerapan Smart Manufacturing

Smart manufacturing utamanya diterapkan untuk mendapatkan efisiensi produksi, meningkatkan kualitas produksi, dan mengurangi waktu produk sampai ke pasar. Dengan kehadiran teknologi IoT, saat ini mesin dapat mengomunikasikan titik kegagalan dan mengumpulkan data yang dapat digunakan untuk mengambil keputusan prediktif dan preventif terkait proses produksi.


Dengan kata lain, kehadiran smart manufacturing membuat pemecahan masalah manufaktur menjadi jauh lebih efisien, yang tentunya menguntungkan produsen dan juga pelanggan.

Penerapan Smart Manufacturing pada Industri Plastik

Penerapan konsep smart manufacturing pada industri manufaktur plastik berkutat pada proses pengumpulan dan analisis data produksi. Sensor pada mesin molding bertugas dalam mengumpulkan data dan jaringan atau network berperan untuk menyebarkan data tersebut.


Pada pabrik pintar (smart factory), seluruh peralatan dan mesin produksi akan terhubung dengan jaringan internet. Perangkat dan mesin tersebut juga dilengkapi dengan sensor yang memiliki kemampuan untuk memantau, mengumpulkan, bertukar, dan menganalisis data operasional pabrik tanpa diperlukannya interaksi manusia sama sekali. Proses ini juga membuat pengambilan keputusan seputar operasional pabrik menjadi lebih efisien.


Dalam kasus injection molding misalnya, data yang dikumpulkan dan dianalisis dapat membantu memastikan siklus molding berjalan dengan optimal sehingga menghasilkan kualitas produk yang konsisten, dan menurunkan jumlah cacat produk plastik.


Selain itu, IoT membantu produsen untuk mengumpulkan dan menganalisis data dapat digunakan dalam menentukan tindakan preventif dalam perawatan mesin. Dengan begitu, masalah seperti waktu henti yang tidak direncanakan dapat dihindari.


Demikian pembahasan seputar penerapan smart manufacturing dalam industri plastik. Jelajahi website kami untuk menemukan berbagi informasi menarik terkait plastik lainnya. Bagi pebisnis plastik, Anda juga bisa mencari berbagai kebutuhan bahan baku plastik Anda di Tokoplas, mulai dari PE, PP, PS, PET, EVA, PC, ABS, Nylon, biji plastik daur ulang, aditif plastik, film plastik, dan pallet plastik.


Temukan resin/biji plastik sesuai kebutuhan Anda hanya di Tokoplas!

Share it

Artikel Terkait