Tokoplas.com required javascript enable

Kegunaan Plastik HDPE dalam Kehidupan Sehari-Hari

Diposting 18 Jul 2020 di Plastic

Tokoplas Ecommerce Indonesia

HDPE adalah salah satu plastik terpopuler untuk pembuatan benda kebutuhan sehari-hari. Kegunaan plastik HDPE sangat beragam, mulai dari produk rumah tangga, kemasan produk, hingga material konstruksi. Paduan kepadatan struktur serta kemudahan produksi membuatnya tak tergantikan sebagai bahan penting untuk pembuatan barang-barang kita.

Kelebihan dan Kekurangan Plastik HDPE

Botol galon hasil olahan dari plastik HDPE


Sebagai hasil produksi pemanasan minyak bumi, HDPE memiliki karakteristik unik, termasuk kelebihan dan kekurangan. Berikut ini adalah beberapa contohnya.

Kelebihan

Murah dan Mudah Diproduksi

HDPE terkenal memiliki titik leleh tinggi, tetapi ketika dipanaskan hingga melewati batas lelehnya, bahan ini sangat mudah dibentuk (misalnya lewat proses HDPE injection). Hal ini membuatnya populer sebagai bahan pembuatan botol, jeriken, plastik pembungkus, dan kotak penyimpanan.

Tahan Suhu Ekstrem dan Kelembapan

HDPE mampu menahan suhu ekstrem antara -100 hingga 80 derajat Celsius. Permukaannya juga mampu menahan kelembapan. Cocok untuk menyimpan berbagai makanan dan minuman.

Tahan Efek Sinar UV

HDPE adalah plastik berdaya tahan cukup tinggi terhadap efek sinar UV. Hal ini membuat permukaannya tidak mudah memudar sehingga cocok sebagai material produk-produk yang diwarnai.

Anti Bocor dan Karat

Kepadatan permukaan HDPE mencegah tembusnya cairan sehingga cocok sebagai bahan pipa serta wadah makanan karena tidak akan bocor. Permukaannya juga tidak mudah berjamur atau mengembangkan reaksi korosif.

Tahan Terhadap Kontak dengan Bahan Kimia

HDPE resin tahan terhadap reaksi kimia karena reaksi antar molekulnya sendiri sangat kuat. Hal ini membuat mereka tidak mudah bereaksi terhadap berbagai senyawa asam maupun basa.

Mudah Dibersihkan

Kepadatan dan kekuatan HDPE membuatnya mudah dibersihkan serta dicuci. Anda bisa membasuhnya dengan air hangat dan deterjen. Produk berbahan HDPE plastik juga bisa dicuci di mesin pencuci piring.

Kekurangan

Mudah Mengembang

Walau tak mudah retak, HDPE cenderung mengembang saat panas. Hal ini bisa terjadi ketika produk plastik terekspos temperatur tinggi terus-menerus.

Kuat tetapi Kaku/Tidak Fleksibel

HDPE merupakan jenis plastik yang kuat dan sanggup menopang beban berat. Akan tetapi, HDPE termasuk jenis plastik yang kaku atau tidak fleksibel seperti LDPE atau LLDPE

Kegunaan Plastik HDPE Pada Kebutuhan Harian

Mainan beruang hasil olahan dari plastik HDPE


Prosedur pembuatan dan pembentukan plastik seperti HDPE blow molding menciptakan banyak variasi produk untuk kebutuhan sehari-hari. Inilah beberapa contoh penggunaan HDPE untuk penggunaan harian.

Botol Plastik

Botol plastik HDPE biasanya hadir sebagai botol minum isi ulang. Produk ini terkenal dengan permukaan yang sedikit buram, tebal, dan kaku—cocok untuk menyimpan minuman bersuhu dingin atau hangat.

Mainan

Mainan anak yang ideal harus kuat, tidak mudah pecah atau menimbulkan serpihan, dan tidak melepaskan senyawa berbahaya. HDPE yang kuat serta antikorosi populer sebagai bahan pembuatan mainan seperti balok susun, figur mini, atau mainan aktivitas seperti masak-masakan. HDPE juga tidak mudah pudar dan bisa mempertahankan warna mainan lebih lama.

Wadah untuk Bahan Kimia

Kemampuan HDPE resin menahan efek kontak dengan bahan kimia membuatnya populer sebagai wadah berbagai senyawa. Bahan ini mampu menahan efek cairan asam, basa, alkohol, minyak sayur, dan keton.


Akan tetapi, beberapa senyawa seperti minyak mineral, hidrokarbon aromatik, dan agen oksidasi karena senyawa kimia tersebut juga mudah mengoksidasi bahan-bahan lain seperti logam dan plastik.

Sistem Pipa

Sistem pipa ideal harus kuat, tahan karat, tidak mudah bocor, mampu menahan suhu ekstrem, mudah disesuaikan dengan beragam konstruksi, serta tidak terlalu mahal. Karakteristik HDPE membuatnya cocok sebagai bahan sistem pipa. Kemampuannya menahan efek kontak dengan bahan kimia juga membuatnya cocok untuk pembuatan sistem pipa industri.

Di Mana Memesan Plastik HDPE?

Botol sampo hasil olahan dari plastik HDPE


Ketangguhan serta karakteristik spesial plastik HDPE membuatnya sesuai untuk pembuatan barang kebutuhan sehari-hari. Anda bisa mendapatkan plastik ini dengan mudah untuk berbagai kebutuhan. Itulah beberapa kegunaan plastik HDPE, Anda dapat memesan plastic HDPE dengan mudah melalui Tokoplas.

 

Sumber:

  1. https://www.acplasticsinc.com/informationcenter/r/common-uses-of-hdpe
  2. https://www.calpaclab.com/hdpe/
  3. http://polymerdatabase.com/Plastic%20Products/PlasticToys.html
  4. https://www.raepak.com/hdpe-bottles-vs-pet-bottles/
Share it

Artikel Terkait