Tokoplas.com required javascript enable

Mengenal Apa itu Plastik Metalize dan Pengaplikasiannya

Diposting 15 Jun 2022 di Plastic

Tokoplas Ecommerce Indonesia

Ingin tahu bagaimana cara melapisi plastik dengan logam serta perlukah Anda menerapkan metode ini untuk produk plastik Anda? Simak informasi mengenai beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang plastik metalize, termasuk manfaatnya serta proses yang paling efektif untuk mengaplikasiannya lewat pembahasan di bawah ini!

Apa itu Proses Metalisasi?

Untuk memahami apa itu plastik metalize, maka Anda perlu terlebih dahulu mengetahui proses yang menghasilkannya, yaitu proses metalisasi (metallizing process).


Metalisasi adalah istilah umum yang mengacu pada pengaplikasian lapisan logam ke permukaan logam atau non-logam lainnya. Tergantung pada hasil yang diinginkan, pelapis dapat terdiri dari berbagai jenis logam seperti seng, emas, aluminium atau perak.


Proses metalisasi dapat melindungi produk dari kerusakan eksternal seperti korosi, aus, pelapukan, juga meningkatkan fungsionalitas dan meningkatkan penampilan produk karena dapat memberikan tampilan yang mengkilap. Beberapa industri yang menggunakan metalisasi dalam proses manufaktur mereka diantaranya industri kedirgantaraan, otomotif, minyak & gas, pertahanan, listrik dan banyak lagi.

Apa itu Plastik Metalize

Setelah mengetahui apa itu proses metalisasi, maka tentu Anda sekarang lebih mudah memahami apa itu yang disebut dengan plastik metalize.


Plastik metalize merupakan produk plastik yang melalu proses metalisasi, atau pelapisan dengan material logam. Tujuan dari proses pelapisan pada produk plastik ini bisa sangat beragam. Mulai dari untuk memunculkan fitur atau fungsionalitas tertentu, hingga untuk meningkatkan nilai estetika dari produk plastik.

Keuntungan dari Metalisasi Produk Plastik

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, plastik dapat dimetalisasi baik untuk tujuan estetika dan meningkatkan aspek mekanisnya. Saat dilapisi logam, plastik memiliki tampilan yang mengkilap dan reflektif, serta memiliki kualitas tambahan seperti ketahanan abrasi dan konduktivitas listrik.


Plastik metalize juga dapat digunakan dalam pengaplikasian yang serupa dengan produk berbahan dasar logam. Dalam kasus ini, plastik metalize biasanya dipilih karena cenderung memiliki bobot yang lebih ringan, ketahanan yang lebih tinggi terhadap korosi, tingkat konduktivitas yang dapat dikontrol, dan biaya produksi yang lebih rendah dibandingkan dengan produk berbahan dasar logam.

Jenis Plastik yang Dapat Dimetalisasi

Kemampuan plastik untuk dilapisi dengan logam akan bergantung pada sifat resistensinya terhadap zat kimiawi. Beberapa jenis plastik yang dapat melalui proses metalisasi dengan baik antara lain ABS, polikarbonat, dan polieter imida (PEI). Sedangkan plastik PE dan PVC cenderung sulit bahkan tidak bisa untuk dilakukan metalisasi.

Metode Metaliasasi Plastik

Hal penting lainnya yang perlu diketahui tentang plastik metalize adalah metode apa saja yang digunakan dalam pembuatannya. Secara umum, setidaknya ada dua metode populer yang digunakan untuk melapisi produk plastik dengan logam, yaitu penyemprotan termal (dengan plasma atau api) dan vacuum metalizing.


Penyemprotan Termal

Dalam penyemprotan termal (menggunakan plasma atau api), perangkat genggam digunakan untuk menyemprotkan lapisan logam pada substratโ€”dalam kasus ini plastik. Serbuk logam akan dipanaskan dan dilelehkan oleh api dengan bahan bakar oksigen dan gas.


Metode metalizing ini memiliki tingkat deposisi yang tinggi dan dapat menghasilkan lapisan yang tebal dan tahan lama. Tetapi, proses ini juga cenderung menghasilkan lapisan yang berpori dan kasar. Penyemprotan termal dapat digunakan untuk menerapkan pelapis logam ke area tertentu, dengan bagian yang rumit atau berbentuk tidak biasa.


Vacuum Metalizing

Vacuum metalizing adalah proses efisien lainnya yang biasa digunakan untuk melapisis plastik dengan logam. Sebelum proses metalisasi dimulai, plastik mengalami pretreatment. Langkah ini dapat dilakukan secara kimia, mekanis, atau dengan plasma berenergi rendah.


Karena sifat dasar logam yang cenderung tidak terikat baik dengan polimer, pretreatment diperlukan untuk memastikan logam melekat dengan baik pada plastik. Setelah proses itu selesai, logamโ€”biasanya aluminiumโ€”akan diuapkan.


Uap dari logam akan mengembun ke substrat dan membentuk lapisan logam. Untuk mencegah oksidasi, seluruh proses berlangsung di dalam ruang vakum. Plastik metalize yang dihasilkan dari metode ini dapat digunakan dalam berbagai aplikasi, mulai dari suku cadang interior otomotif hingga jenis foil tertentu.


Demikian pembahasan plastik metalize serta penggunaan dan proses pembuatannya. Jelajahi website kami untuk menemukan berbagi informasi menarik terkait plastik lainnya. Bagi pebisnis plastik, Anda juga bisa mencari berbagai kebutuhan bahan baku plastik Anda di Tokoplas, mulai dari PE, PP, PS, PET, EVA, PC, ABS, Nylon, biji plastik daur ulang, aditif plastik, film plastik, dan pallet plastik.


Temukan resin/biji plastik sesuai kebutuhan Anda hanya di Tokoplas!

Share it

Artikel Terkait