Tokoplas.com required javascript enable

Cara Mengoptimasi Cycle Time Injection Molding

Diposting 7 Nov 2022 di Plastic

Tokoplas Ecommerce Indonesia

Cycle time injection molding adalah total waktu yang dibutuhkan dalam proses pencetakan, mulai dari menutup cetakan, injeksi material, pendinginan, membuka cetakan sampai mengeluarkan item dari cetakan. Dalam proses produksi plastik, cycle time injection molding menjadi salah satu aspek yang penting untuk dioptimasi demi meningkatkan efisiensi produksi.


Kenali apa saja hal yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi cycle time injection molding produksi Anda lewat pembahasan di bawah ini!

Mengapa Cycle Time Injection Molding Perlu Dioptimasi?

Cycle time adalah faktor yang krusial dalam proses manufaktur plastik, khususnya injection molding. Melalui cycle time yang optimal, Anda dapat meningkatkan efisiensi dari segi waktu maupun biaya. Apabila Anda dapat menggunakan waktu dan biaya dengan efisien, maka hal tersebut akan mempengaruhi laba serta kuantitas item yang diproduksi. Itulah sebabnya mengapa setiap industri plastik perlu memperhatikan cycle time injection molding mereka dalam setiap produksi.

Faktor yang Memengaruhi Cycle Time Injection Molding

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai langkah mengoptimasi cycle time injection molding, mari kita kenali terlebih dahulu faktor apa saja yang dapat memengaruhi panjang waktu dari satu siklus proses injection molding:


  1. Pemilihan mesin. Kemampuan dan kinerja setiap mesin cetak injeksi plastik dan memastikannya dipasang dan dioptimalkan dengan benar.
  2. Material. Jenis material plastik yang digunakan untuk injection molding memiliki suhu leleh, tingkat tekanan, dan karakteristik aliran yang berbeda. Inilah yang akan mempengaruhi proses pencetakan secara keseluruhan.
  3. Desain cetakan. Berbagai faktor mengenai cetakan seperti ketebalan dinding akan mempengaruhi volume plastik cair yang perlu disuntikkan di setiap siklus.

Tips Optimasi Cycle Time Injection Molding

Nah, bagaimana cara memastikan agar cycle time proses injection molding berjalan optimal yang akhirnya dapat memaksimalkan produksi? Inilah beberapa di antaranya:

1. Jaga Kualitas Mesin

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah kualitas dari mesin. Anda perlu memastikan pula bahwa mesin sudah terpasang dengan baik. Sebab, sering kali dijumpai kualitas mesin yang menurun. Contohnya, mesin tidak mampu menginjeksikan material dengan jumlah dan tekanan yang sama seperti sebelumnya. Oleh karena itu juga Anda perlu melakukan pemeliharaan rutin supaya kinerja mesin tetap terjaga.

2. Perhatikan Kualitas Sumber Daya Manusia

Anda tidak bisa hanya mengandalkan mesin saja untuk produksi, tetapi Anda juga perlu memperhatikan kualitas tenaga kerja yang langsung berhubungan dengan mesin injection molding.


Tenaga kerja yang baik dapat memantau serta melakukan pengaturan terkait kecepatan injeksi, cushion, holding time dan aspek lain yang berpengaruh pada time cycle injection molding. Anda dapat membuat pelatihan untuk karyawan sehingga mereka pun dapat menangani mesin dengan baik.

3. Pertimbangkan Material yang Digunakan

Beberapa bahan plastik memiliki tekanan pengisian atau laju aliran yang lebih tinggi. Artinya, plastik bisa masuk ke cetakan dan mengisi semua rongga lebih cepat atau bahkan sebaliknya. Anda perlu mempertimbangkan jenis bahan yang digunakan sebelum produksi. Sehingga Anda dapat mengurangi waktu siklus lebih optimal.

4. Pastikan Pendinginan Berjalan Baik

Selain bahan, cetakan itu sendiri adalah faktor terbesar dalam waktu pendinginan. Cetakan yang dirancang dengan baik akan memungkinkan distribusi air dan udara sebagai bahan pendingin yang paling umum secara efisien dan efektif.


Saluran pendingin harus dirawat dengan baik dan dibersihkan secara teratur untuk memastikan proses pendinginan berjalan lancar. Pendinginan yang tidak kurang lancar dapat menjadi faktor utama dalam kerusakan suku cadang.

5. Hindari Cetakan dari Suhu Panas

Tanpa insulasi, panas dari material yang mengalir melalui hot runner lalu kemungkinan besar akan berpindah dan menetap di bagian cetakan. Panas di bagian cetakan ini akan berpengaruh besar pada keberhasilan proses injeksi. Sehingga, Anda perlu menjaga cetakan dari suhu panas dengan menjaga insulasi dengan baik.


Demikian ulasan singkat mengenai bagaimana cara mengoptimalkan cycle time injection molding. Jelajahi website kami untuk menemukan berbagai informasi menarik terkait plastik lainnya. Bagi pebisnis plastik, Anda juga bisa mencari berbagai kebutuhan bahan baku plastik Anda di Tokoplas, mulai dari PE, PP, PS, PET, EVA, PC, ABS, Nylon, biji plastik daur ulang, aditif plastik, film plastik, dan pallet plastik.


Temukan resin/biji plastik sesuai kebutuhan Anda hanya di Tokoplas!

Share it

Artikel Terkait