Tokoplas.com required javascript enable
Tentang Kami

Mengenal Pallet Plastik dan Jenis-Jenisnya

Diposting 21 Sep 2021 di Plastic

Tokoplas Ecommerce Indonesia

Terdapat beberapa alasan tersendiri mengapa banyak produsen dan distributor beralih dari pallet kayu menuju pallet plastik.


Pallet plastik merupakan sebuah inovasi platform pengiriman muatan dengan kualitas karakteristik dan pengaplikasian yang lebih baik dari pallet tandingan lainnya. Pallet yang berbahan plastik memiliki bobot yang lebih ringan, awet, mudah dibersihkan, cocok untuk sistem otomasi, dan bisa didaur ulang.


Dengan berbagai kelebihannya tersebut, perusahaan yang telah mengadopsi pallet plastik sebagai platform pengiriman utama dapat menurunkan Total Cost of Business (TCOB) mereka.


Untuk membantu Anda menentukan jenis pallet plastik yang Anda butuhkan, kami telah menyiapkan panduan ini yang berisi berbagai informasi umum mengenai pallet plastik.

Jenis Plastik Apa yang Digunakan untuk Membuat Pallet Plastik?

Setiap jenis plastik pastinya memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Maka, material plastik yang digunakan dalam pembuatan pallet akan mempengaruhi cara penggunaan dan pengaplikasiannya. Beberapa jenis plastik yang biasa digunakan sebagai bahan pembuatan pallet plastik adalah sebagai berikut.

Polyvinyl Chloride (PVC)

PVC adalah salah satu termoplastik paling populer di dunia. Plastik ini sangat padat, keras, dan memiliki tensile strength yang sangat baik. PVC juga cenderung mudah untuk dimodifikasi– dengan menambahkan aditif untuk membuatnya menjadi kaku atau fleksibel sesuai kebutuhan.


Namun, PVC cenderung menjadi rapuh pada suhu rendah, sehingga pallet plastik yang terbuat dari bahan ini tidak cocok untuk digunakan untuk mengirim produk yang membutuhkan suhu dingin.

Acrylonitrile Butadiene Styrene (ABS)

ABS merupakan jenis plastik yang sangat kuat sehingga sering digunakan untuk membuat bumper mobil dan mainan anak seperti LEGO. Karena kekuatannya juga, plastik ini cukup populer diaplikasikan dalam pembuatan pallet plastik. Namun, plastik ini tidak cocok diaplikasikan untuk produk kontainer atau kemasan yang berkontak langsung dengan makanan.

Polyethylene (PE)

PE adalah plastik paling populer di dunia dan digunakan untuk membuat tas belanja, botol air, dan mainan. Plastik ini adalah salah satu plastik paling sederhana dan memiliki densitas yang variatif.


Polietilena sangat kuat, dan stabil pada suhu tinggi maupun rendah. HDPE adalah bahan pilihan untuk pallet berkualitas tinggi karena kekuatannya, stabilitasnya di rentang suhu yang luas, juga kemudahannya untuk didaur ulang.

Dimensi Pallet Plastik

Pallet plastik hadir dalam berbagai dimensi dan ukuran, dan beberapa ukuran pallet hanya digunakan di negara atau industri tertentu.


Untuk memastikan keseragaman ukuran antar pallet, maka muncul standardisasi dimensi oleh International Organization for Standards (ISO).


Standar ISO Ukuran Pallet Plastik


Region

Dimensi (mm)

Amerika

1016x1219

Eropa

800x1200

Australia

1165x1165

Internasional

1067x1067

Asia

1100x1100



Jenis Pallet Plastik berdasarkan Bentuk

Selain ukuran dan dimensi, pallet plastik juga tersedia dalam berbagai macam bentuk sesuai dengan penggunaannya.


Pallet dapat dirancang untuk disusun di atas satu sama lain saat terisi penuh untuk membuat proses transportasi menjadi efisien atau dapat dirancang untuk dapat ditumpuk masuk antara satu dan lainnya saat sedang kosong sehingga memakan sedikit ruang. Jenis bentuk pallet yang paling umum yaitu sebagai berikut.

Three-Runner Pallet

Three Runner Pallet


Three runner pallet merupakan pallet dengan tiga struktur paralel pada bagian dek atasnya. Secara teknis pallet ini memiliki dasar yang cukup licin karena tidak adanya dek bawah.

Nine-Legged Pallet

Nine Legged Pallet

Reversible Pallet

Reversible Pallet


Reversible pallet merupakan kategori pallet lebar yang memiliki dek atas dan bawah. Dek bawah reversible pallet merupakan dek padat yang identik dengan bagian atas pallet atau hanya memiliki permukaan yang cukup untuk menghubungkan titik-titik penopang vital pada pallet.

Drum Pallet

Drum Pallet


Pallet ini dirancang secara khusus untuk membawa produk yang dikirim dalam drum bermuatan lima puluh galon. Dek ini memiliki ceruk yang sesuai dengan keliling drum dan membantu menahannya di tempatnya.


Demikian informasi pallet plastik beserta jenis-jenisnya. Jelajahi website kami untuk menemukan berbagi informasi menarik terkait plastik lainnya. Bagi pebisnis plastik, Anda juga bisa mencari berbagai kebutuhan bahan baku plastik Anda di Tokoplas, mulai dari PE, PP, PS, PET, EVA, PC, ABS, Nylon, biji plastik daur ulang, aditif plastik, film plastik, dan pallet plastik.


Temukan resin/biji plastik sesuai kebutuhan Anda hanya di Tokoplas !

Share it

Artikel Terkait