Tokoplas.com required javascript enable
Tentang Kami

Plastik PETG: Struktur, Kelebihan, dan Pengaplikasiannya

Diposting 4 Jul 2022 di Plastic

Tokoplas Ecommerce Indonesia

Bagi Anda para pebisnis plastik maupun produsen plastik pastinya sudah sangat familiar dengan jenis plastik PET. Salah satu jenis plastik yang paling populer digunakan tersebut memiliki varian yang menawarkan karakterisitik dan kelebihan tersendiri, yaitu plastik PETG atau polietilena tereftalat glikol.


Pelajari apa itu plastik PETG beserta karakteristik, kelebihan, dan penggunaannya dalam berbagai industri lewat pembahasan di bawah ini!

Apa itu Plastik PETG?

PETG merupakan termoplastik poliester yang merupakan turunan dari jenis plastik PET. Dalam strukturnya, jenis plastik ini didapati glikol yang ditambahkan untuk menghasilkan karakteristik kimiawi tertentu. Seperti plastik PET, jenis plastik ini umumnya memiliki warna bening. Plastik PETG sangat mudah dicetak atau dipotong menjadi berbagai bentuk lewat pengaplikasian panas karena termasuk dalam kategori termoplastik. Hal ini membuat plastik PETG memiliki pengaplikasian yang sangat beragam di berbagai industri yang berbeda.

Perbedaan antara Plastik PETG dan PET

Meskipun merupakan salah satu plastik yang paling banyak digunakan saat ini, PET memiliki beberapa kelemahan, termasuk rentan terhadap kristalisasi pada suhu tinggi. Hal ini membuat plastik PET cenderung tidak tahan terhadap suhu panas.


Karena itu, beberapa adaptasi pada plastik PET dilakukan hingga menghasilkan PETG. Pembuatan plastik PETG menggantikan etilena glikol dalam rantai molekulnya dengan monomer yang lebih besar, sikloheksana dimethanol, yang dapat menghentikan kristalisasi. Dengan proses ini, PETG dapat memiliki ketahanan panas yang lebih baik dan menghambat kristalisasi yang bisa merusak tampilannya.


Dengan karakteristik ini, PETG dapat digunakan untuk pemrosesan thermoforming, 3D printing dan aplikasi suhu tinggi lainnya tanpa kehilangan sifat-sifat unggulnya.

Karakteristik Plastik PETG


Kombinasi PET dan glikol membuat plastik PETG memiliki ketahanan panas yang lebih baik dari PET.


Sifat utama lainnya dari PETG yaitu memiliki ketahanan kimia, ketahanan benturan, dan transparansi yang sangat baik. Jenis plastik ini juga mudah diekstrusi dengan stabilitas termal yang baik. Plastik PETG sangat baik untuk pengaplikasian 3D printing karna memiliki suhu ekstrusi antara 220 °C dan 260 °C, dengan kecepatan cetak 40-60mm/s.

Kelebihan Plastik PETG

PETG menawarkan beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan jenis plastik serupa lainnya seperti akrilik dan polikarbonat.

1. Aman untuk pengaplikasian makanan dan bisa didaur ulang

PETG aman digunakan untuk wadah makanan dan botol minuman. Plastik ini juga sepenuhnya dapat didaur ulang, sehingga mengurangi limbah dan potensi dampak negatif lain terhadap lingkungan.

2. Mudah dibentuk

PETG dapat dibentuk dengan metode vakum maupun termal dan dapat menahan tekanan tinggi tanpa retak. Sifat ini membuat PETG dapat dicetak dengan injeksi menjadi berbagai bentuk atau diekstrusi menjadi lembaran.

3. Mudah diwarnai

Alaminya, PETG memiliki tampilan yang transparan. Namun plastik ini juga dapat dengan mudah diwarnai dan dicampur dengan aditif lain untuk menciptakan tampilan yang berbeda.

4. Tidak beracun atau berbau

PETG tidak mengeluarkan racun atau bau, sehingga sangat cocok untuk diolah menjadi produk consumer goods.

Pengaplikasian Plastik PETG

Berbagai kelebihan dari plastik PETG membuatnya memiliki pengaplikasian yang beragam di berbagai industri, termasuk:

1. Wadah makanan dan minuman

Karena memiliki ketahanan kimia yang baik dan mudah dibentuk, PETG banyak digunakan untuk pembuatan produk seperti wadah minyak goreng, botol minum, dan wadah penyimpanan makanan.

2. Peralatan medis dan farmasi

Struktur PETG yang kaku membuatnya dapat bertahan melewati proses sterilisasi yang keras, dan menjadikannya plastik yang ideal untuk diolah menjadi implan medis serta kemasan untuk farmasi dan perangkat medis.

3. 3D printing

PETG cukup populer diaplikasikan sebagai material 3D printing. Filamen PETG dapat dicetak dengan mudah dan memberikan daya rekat lapisan yang sangat baik. Tingkat penyusutannya yang rendah juga memungkinkan pencetakan yang lebih besar dibandingkan dengan material PLA atau ABS. Selain itu, PETG juga kuat, tahan bahan kimia dan tidak berbau saat melalui proses pencetakan.


Demikian pembahasan mengenai jenis plastik PETG beserta pengaplikasiannya. Jelajahi website kami untuk menemukan berbagi informasi menarik terkait plastik lainnya. Bagi pebisnis plastik, Anda juga bisa mencari berbagai kebutuhan bahan baku plastik Anda di Tokoplas, mulai dari PE, PP, PS, PET, EVA, PC, ABS, Nylon, biji plastik daur ulang, aditif plastik, film plastik, dan pallet plastik.


Temukan resin/biji plastik sesuai kebutuhan Anda hanya di Tokoplas!

Share it

Artikel Terkait