Tokoplas.com required javascript enable
Tentang Kami

Hal yang Perlu DIketahui dalam Pembuatan Stretch Film Berkualitas

Diposting 25 Aug 2021 di Plastic

Tokoplas Ecommerce Indonesia

Penggunaan stretch film merupakan salah satu kunci utama dari menghindari kerusakan produk atau palet pada tahap transportasi. Sifat elastisnya membuat stretch film dapat melapisi berbagai produk dan kontainer dan melindunginya dari kerusakan pada tahap distribusi.


Seiring dengan meningkatnya tren jual beli dan pengiriman barang, kebutuhan akan stretch film yang berkualitas pun semakin tinggi. Hal itu menjadi tantangan tersendiri bagi produsen plastik stretch film dalam memenuhi ekspektasi tersebut.


Untuk itu, artikel ini akan mencoba membahas secara singkat mengenai komponen apa saja yang dibutuhkan dalam memproduksi stretch film yang berkualitas.

Komponen Penting dalam Pembuatan Stretch Film

Terdapat setidaknya tiga komponen penting yang harus diperhatikan produsen dalam memproduksi stretch film, yaitu pemilihan material, penggunaan feedblock/die, dan proses penggulungan.

Material Berkualitas

Pemilihan material menjadi salah satu komponen utama dan terpenting dalam pembuatan stretch film. Agar dapat menghasilkan stretch film yang berkualitas, dibutuhkan pemilihan produk resin yang mendukung untuk mencapai karakteristik tertentu.


Dalam hal itu, ExxonMobil menawarkan beberapa produk yang didesain khusus untuk pembuatan stretch film, yaitu:


  1. Resin Enable metallocene-based PE (mPE) yang menawarkan produk dengan ketahanan kendur yang tinggi pada film yang tipis.
  2. Resin Exceed mPE yang menawarkan produk dengan ketahanan kendur dan ketahanan bolong tinggi namun tetap fleksibel.
  3. Polimer performance Vistamaxx yang merupakan elastomer berbasis propilena yang menawarkan produk dengan ketahanan sobek tinggi namun tetap elastis.

Feedblock & Nanolayer

Banyaknya lapisan dalam formulasi plastik stretch film akan mempengaruhi karakter teknis dan ketahanan tusuk film tersebut. Pada masa awal pengembangannya, standar jumlah lapisan dari sebuah stretch film adalah tiga lapis. Lalu ketika resin metallocene pertama kali diperkenalkan secara komersial pada pertengahan dekade 1990, standar jumlah lapisan stretch film meningkat menjadi lima lapis.


Sampai saat ini, seiring dengan berkembangnya teknologi dan ketersediaan material yang lebih baik, stretch film sudah dapat diproduksi dengan jumlah lapisan sebanyak lebih dari 50 lapis.


Sementara jumlah lapisan semakin meningkat demi menghasilkan stretch film yang lebih kuat, ukuran ketipisan stretch film juga tidak bisa dikompromi. Maka muncul pengaplikasian teknologi nanolayer pada stretch film sehingga memungkinkan stretch film tetap tipis meskipun memiliki lapisan yang banyak.


Untuk mencapai ekspektasi tersebut, dibutuhkan software, tooling, dan teknik pemrosesan yang lebih memumpuni. Feedblock dengan pengaplikasian teknologi nanolayer biasanya akan lebih besar ketimbang feedblock konvensional.

Penggulungan

Proses penggulungan sangat penting untuk diperhatikan guna menghindari kerusakan pada stretch film. Tantangan utama yang dihadapi selama penggulungan biasanya berkaitan erat dengan proses ekstrusi. Maka dari itu, penanganan proses ekstrusi dan penggulungan harus terintegrasi dengan erat.


Selain itu, setiap jenis stretch film pun memiliki fleksibilitas, ketahanan tusuk, dan ketahanan regang yang berbeda-beda. Semua parameter ini akan mempengaruhi bagaimana proses penggulungan idealnya dilakukan. Misalnya, tegangan gulung dari thin film super power stretch wrap harus serendah mungkin untuk mencegah kerusakan di sisi dalam gulungannya.


Selain itu, pengaplikasian film juga mempengaruhi dimensi gulungan. Untuk machine wrap, gulungan setidaknya memiliki diameter gulungan standar sekitar 25 cm dan lebar film tetap 50-100 cm. Untuk hand-wrap, idealnya digunakan film dengan lebar 25-50 cm dan diameter gulungan kurang dari 25 cm.

Demikian informasi mengenai tren pengaplikasian plastik engineering beberapa tahun ke depan. Jelajahi website kami untuk menemukan berbagi informasi menarik terkait plastik lainnya. Bagi pebisnis plastik, Anda juga bisa mencari berbagai kebutuhan bahan baku plastik Anda di Tokoplas, mulai dari PE, PP, PS, PET, EVA, PC, ABS, Nylon, biji plastik daur ulang, aditif plastik, film plastik, dan pallet plastik.


Temukan resin/biji plastik sesuai kebutuhan Anda hanya di Tokoplas!

Share it

Artikel Terkait