Tokoplas.com required javascript enable
Tentang Kami

Computer Numerical Control (CNC) Machining dan Aplikasinya

Diposting 14 Mar 2022 di Technology

Tokoplas Ecommerce Indonesia

Computer Numerical Control (CNC) machining adalah salah satu proses machining paling efisien yang tersedia saat ini. Salah satu alasannya adalah kerana metode ini dapat digunakan untuk memproses berbagai macam material yang berbeda, termasuk plastik.


Meskipun biasanya metode machining dikenal untuk memproses material logam, nyatanya CNC machining juga cukup efektif digunakan untuk membentuk produk berbahan material plastik. Jika Anda ingin mengetahui bagaimana pengaplikasian CNC machining plastik untuk membuat berbagai variasi produk, simak pembahasan di bawah ini.

Apa itu CNC Machining?

Sebelum masuk kepada pembahasan penerapan CNC machining pada industri plastik, mari kita mengenal terlebih dahulu apa itu yang dimaksud dengan machining dan CNC machining.


Machining merupakan proses pembentukan produk atau bagian produk dimana material dipotong atau dikikis hingga mencapai bentuk akhir produk. Proses ini juga biasa dikenal dengan nama subtractive manufacturing, yang merupakan kontras dari additive manufacturing, dimana pembentukan produk dilakukan lewat pengontrolan penambahan material.


Computer Numerical Control (CNC) machining sendiri merupakan salah satu teknologi machining dimana seluruh proses manufakturnya dijalankan menggunakan program software komputer, untuk mengelola pergerakan mesin.

Plastik dan CNC Machining

CNC machining umumnya digunakan untuk membentuk produk berbahan dasar logam. Namun, saat ini metode CNC machining juga telah banyak digunakan untuk proses manufaktur produk berbahan dasar lain, termasuk plastik. Proses machining yang dilakukan untuk membentuk produk atau komponen plastik biasa disebut dengan plastic machining.


Berikut beberapa contoh pengaplikasian CNC machining plastik pada beberapa industri.

1. Industri Medis

Industri medis mengalami perkembangan yang pesat, dan hal tersebut berbanding lurus dengan meningkatnya kebutuhan akan inovasi-inovasi peralatan medis baru. Karena sifat unik tertentu yang dimilikinya, plastik menjadi pilihan material yang ideal untuk aplikasi medis dimana sterilisasi menjadi aspek yang penting.


Beberapa bahan plastik CNC sangat cocok untuk proses ini karena dapat menahan autoklaf beberapa kali tanpa degradasi. Contoh peralatan medis yang menggunakan plastik antara lain peralatan pencitraan, probe endoskopi, peralatan bedah, nampan sterilisasi, dan masih banyak lagi.

2. Industri Otomotif

Produk otomotif seperti kendaraan membutuhkan bagian atau komponen yang memiliki ketahanan yang kuat terhadap berbagai kondisi lingkungan juga terhadap tekanan. Atas kebutuhan ini, penggunaan machining dengan plasik high-performance menjadi pilihan yang ideal. Mulai dari pembuatan eksterior hingga sasis kendaraan, saat ini banyak diproduksi menggunakan plastic machining.


Selain itu, plastik juga merupakan material yang tepat digunakan untuk membuat prototipe bagian kendaraan yang bisa disatukan dengan mudah dengan kendaraan.

3. Industri Elektronik

CNC machining plastik memiliki pengaplikasian yang sangat luas pada industri elektronik. Hal ini demikian karena industri elektronik membutuhkan produk yang terbuat dari material yang memiliki sifat isolator listrik yang baik, dan plastik merupakan salah satunya.


CNC machining dapat digunakan untuk membuat berbagai macam produk elektronik plastik seperti saklar, bahan isolasi listrik, ponsel, dan masih banyak lagi.

Plastik yang umum Digunakan pada CNC Machining

Jenis plastik yang digunakan pada CNC machining sangat beragam. Namun terdapat beberapa jenis plastik yang memiliki kualitas yang cocok untuk diaplikasikan pada CNC machining, berikut beberapa diantaranya.

1. Poliamida 

Poliamida adalah plastik yang dikenal memiliki karakteristik yang kaku, awet, dan tahan rusak. Sifat-sifat tersebut membuat jenis plastik ini cocok digunakan sebagai bahan pembuatan komponen transmisi seperti gir.


Selain itu, komponen plastik yang terbuat dari poliamida memiliki sifat pelumas karena kandungan minyak mineralnya yang dimodifikasi pada proses polimerisasi.

2. PET

Komponen yang terbuat dari plastik PET memiliki kekakuan dan stabilitas dimensional yang baik. Selain itu, komponen plastik PET juga dapat bertahan pada lingkungan yang terpapar kelembapan dan juga asam.

3. PEEK

PEEK adalah termoplastik semikristalin yang juga dapat berfungsi dengan baik pada cuaca ekstrem. Oleh karena itu, plastik ini juga umum digunakan diaplikasikan pada CNC machining untuk pembuatan berbagai macam komponen seperti slide bearing, roda gigi, dan rantai.

4. Polikarbonat

Polikarbonat yang telah dimodifikasi atau yang umum disebut polikarbonat permeabel biasa digunakan karena ketahanan radiasi UV yang tinggi yang dapat melindungi komponen dari degradasi material. PC juga sangat tahan terhadap beban dinamis, sulit hancur dan terkelupas, sehingga sempurna untuk CNC machining.


Demikian informasi mengenai CNC machining dan pengaplikasiannya pada industri plastik. Jelajahi website kami untuk menemukan berbagi informasi menarik terkait plastik lainnya. Bagi pebisnis plastik, Anda juga bisa mencari berbagai kebutuhan bahan baku plastik Anda di Tokoplas, mulai dari PE, PP, PS, PET, EVA, PC, ABS, Nylon, biji plastik daur ulang, aditif plastik, film plastik, dan pallet plastik.


Temukan resin/biji plastik sesuai kebutuhan Anda hanya di Tokoplas!

Share it

Artikel Terkait