Tokoplas.com required javascript enable
Tentang Kami

Penerapan Otomasi pada Proses Injection Molding

Diposting 6 Okt 2022 di Technology

Tokoplas Ecommerce Indonesia

Injection molding merupakan salah satu teknik dalam manufaktur plastik yang cukup umum digunakan. Untuk meningkatkan produktivitas, Anda dapat mulai menerapkan otomasi dalam proses injection molding. Apa keuntungan implementasi injection molding automation dalam proses produksi? Simak lengkapnya di bawah ini!

Keuntungan Injection Molding Automation

Tujuan umum mengapa otomasi digunakan dalam manufaktur adalah untuk meningkatkan produktivitas. Begitu pula dalam injection molding. Berikut beberapa keuntungan penerapan otomasi untuk proses injection molding:

1. Produksi Lebih Cepat

Dengan otomasi , mesin dapat bekerja secara terus-menerus tanpa jeda, kecuali ketika mesin harus melalui proses pemeliharaan berkala. Karena itulah otomasi dapat membantu proses produksi menjadi lebih cepat dengan kuantitas yang besar.

2. Meminimalisir Cacat Produk

Mesin yang digunakan dalam injection molding yang diotomasi sudah mengalami penyesuaian sehingga mampu menghasilkan produk berdasarkan kriteria tertentu. Alhasil, tingkat cacat produk plastik atau rusak pun juga dapat diminimalisir.

3. Meningkatkan Keamanan Kerja

Penggunaan mesin robotik yang terotomasi dalam tahapan injection molding tidak membutuhkan campur tangan dari karyawan setiap waktu. Hal ini secara tidak langsung dapat membantu meningkatkan keamanan kerja, karena karyawan terhindar dari potensi kecelakaan yang diakibatkan oleh mesin.

4. Optimalisasi Mesin Lebih Baik

Sistem otomasi dalam injection molding terkoneksi satu sama lain dalam kontrol terpusat. Interkonektivitas dan komunikasi silang ini dapat membantu identifikasi dan analisis yang berguna untuk pengoptimalan mesin. Apabila ada bagian mesin yang mengalami gangguan, operator dapat langsung mengetahuinya dari sistem pusat tersebut.

Pertimbangan Sebelum Menerapkan Injection Molding Automation

Meski terlihat sangat menguntungkan untuk produksi manufaktur, Anda tetap harus mempertimbangkan berbagai macam hal sebelum mengimplementasikan otomasi ini. Ada pun yang harus Anda pertimbangkan yaitu:

1. Kondisi Tempat Produksi

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum menggunakan mesin otomatis untuk proses injection molding adalah mempelajari kondisi tempat produksi yang Anda miliki. Ruangan yang terlalu kecil dapat memengaruhi kinerja mesin jadi lebih terbatas.


Sama halnya dengan mesin lainnya, mesin injection molding pun juga harus diservis secara berkala. Luas tempat produksi yang terbatas pun juga menyulitkan Anda untuk melakukan pemeliharaan mesin. Terdapat berbagai macam komponen mesin yang sulit dijangkau dan mengharuskan Anda untuk melakukan pembongkaran mesin. Nah, pembongkaran inilah yang membutuhkan ruang dengan luas yang cukup.

2. Kemampuan Karyawan

Menggunakan mesin otomatis tidak serta merta menghilangkan tenaga kerja. Sebuah mesin tetap membutuhkan operator untuk mengontrol mesin dan teknisi untuk melakukan pemeliharaan rutin.


Jika Anda mulai mengimplementasikan mesin jenis baru, itu artinya Anda perlu melakukan pelatihan untuk karyawan. Proses pelatihan ini yang akan menentukan apakah implementasi mesin otomatis baru bisa berjalan lancar atau tidak.

3. Penyelarasan dengan Cetakan

Seluruh proses dalam otomasi injection molding dilakukan oleh robot.Penyelarasan robot dengan mesin press dalam proses produksi. Jika cetakan tidak ditempatkan dengan benar, mesin perlu kembali “mempelajari” cetakan yang benar. Proses ini dapat memakan waktu. Maka dari itu, pastikan untuk memposisikan ulang cetakan dan peralatan terkait setelah penggantian cetakan atau ketika cetakan dilepas untuk pemeliharaan rutin.


Demikian ulasan singkat mengenai keuntungan dari penerapan injection molding automation dan apa yang harus dipertimbangkan sebelum penerapannya. Jelajahi website kami untuk menemukan berbagai informasi menarik terkait plastik lainnya. Bagi pebisnis plastik, Anda juga bisa mencari berbagai kebutuhan bahan baku plastik Anda di Tokoplas, mulai dari PE, PP, PS, PET, EVA, PC, ABS, Nylon, biji plastik daur ulang, aditif plastik, film plastik, dan pallet plastik.


Temukan resin/biji plastik sesuai kebutuhan Anda hanya di Tokoplas!

Share it

Artikel Terkait