Tokoplas.com required javascript enable
Tentang Kami

Memahami Perbedaan Twin Screw Extruder dan Single Screw Extruder

Diposting 5 Des 2022 di Technology

Tokoplas Ecommerce Indonesia

Mesin extruder merupakan salah satu aspek penting dalam manufaktur plastik. Extruder sendiri terbagi menjadi twin screw extruder dan single screw extruder. Apa saja perbedaan antara kedua mesin tersebut? Kali ini Tokoplas akan membahas perbedaannya sebagai berikut.

Apa Itu Single Screw Extruder?

Single screw extruder adalah mesin yang digunakan untuk membentuk produk plastik sesuai bentuk yang diinginkan. Mesin akan memanaskan bahan baku plastik hingga sampai pada titik leleh. Setelah itu cairan didorong melalui cetakan yang membentuk bahan tersebut. Single screw extruder sering digunakan untuk membuat pipa plastik. 


Apa Itu Twin Screw Extruder?

Sedangkan twin screw extruder adalah mesin yang digunakan untuk proses ekstrusi plastik dari dua bahan atau lebih. Proses ini paling cocok saat mengekstrusi bahan polimer reaktif, seperti campuran PVC dan serat kayu.


Dalam mesin ini, terdapat dua sekrup berputar yang melawan satu sama lain. Karena fitur utamanya adalah mencampur bahan, mesin ini juga dan memiliki fitur pencampuran khusus seperti blok pengaduk serta pengaduk yang bergerak maju dan mundur.

Perbedaan Antara Single Screw Extruder & Twin Screw Extruder


Berikut ini adalah perbedaan dari single screw extruder dan twin screw extruder:

1. Pemeliharaan

Secara umum, pemeliharaan dari mesin single screw extruder jauh lebih mudah dibandingkan dengan twin extruder. Hal ini dikarenakan komponen dalam mesin single screw extruder relatif sederhana dan mudah diperbaiki.

2. Kecepatan

Kecepatan mesin single screw extruder bisa dikatakan lebih cepat dan lancar, sedangkan twin screw extruder jauh lebih rumit serta sulit berjalan dengan cepat. Hal ini disebabkan karena screw mempunyai zona intermeshing.


Namun begitu, kondisi aliran yang kompleks pada zona intermeshing mempunyai beberapa keuntungan. Mulai dari pencampuran yang memadai, perpindahan panas yang seragam, serta kemampuan leleh yang kuat.

3. Jenis Baut

Panjang baut terhadap rasio diameter pada mesin single screw extruder jauh lebih kecil, sementara untuk panjang baut twin single extruder jauh lebih panjang. Bentuk ulir bagian sekrup di mesin single screw extruder berbentuk persegi panjang, sedangkan pada twin single screw extruder berbentuk oval.

4. Mekanisme Pengangkutan

Pengangkutan single screw extruder bergantung pada gesekan yang dihasilkan antara material dan barrel. Khusus untuk twin screw extruder, mesin mampu berputar balik serta bergerak maju untuk mendorong material. Selain itu, twin screw extruder juga memiliki efek geser pada material pada posisi penyambungan kedua sekrup.

5. Kemampuan Mencampur Zat Polimer

Dalam hal pencampuran zat polimer, kedua mesin ini mempunyai karakteristik yang berbeda. Mesin single screw berguna untuk mencampurkan palet polimer untuk metode injection molding dan blow molding.


Di sisi lain, mesin twin screw lebih unggul dalam mencampurkan polimer untuk keperluan modifikasi plastik serta pencampuran dua bahan plastik dengan warna yang berbeda.


Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa mesin twin screw extruder dan single screw extruder memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda. Masing-masing mesin juga mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri, contohnya harga mesin single screw extruder cukup murah dibandingkan mesin twin screw extruder. Anda dapat menyesuaikan penggunaan mesin tergantung dari kebutuhan produksi yang ada.


Demikian pembahasan tentang pengertian serta perbedaan dari twin screw extruder dan single screw extruder. Jelajahi website kami untuk menemukan berbagai informasi menarik terkait plastik lainnya. Bagi pebisnis plastik, Anda juga bisa mencari berbagai kebutuhan bahan baku plastik Anda di Tokoplas, mulai dari PE, PP, PS, PET, EVA, PC, ABS, Nylon, biji plastik daur ulang, aditif plastik, film plastik, dan pallet plastik.


Temukan resin/biji plastik sesuai kebutuhan Anda hanya di Tokoplas!

Share it

Artikel Terkait