Tokoplas.com required javascript enable
Tentang Kami

Panduan Lengkap Plastic Machining: Pengertian dan Metodenya

Diposting 14 Mar 2022 di Technology

Tokoplas Ecommerce Indonesia

Ketika dibutuhkan pembuatan prototipe produk plastik, 3D printing menjadi metode yang paling umum digunakan. Sedangkan pada produksi skala besar, injection molding menjadi metode pilihan utama. Plastic machining di sisi lain, menjadi pilihan yang tepat ketika Anda membutuhkan manufaktur produk dengan ukuran sedang dan jumlah yang terbatas.


Injection molding membutuhkan proses machining dies dan jigs yang cukup rumit, sehingga secara ekonomis bukan pilihan yang tepat dalam memproduksi komponen plastik dalam jumlah yang cenderung sedikit.


Di sisi lain, menggunakan 3D printing untuk memproduksi komponen dengan jumlah 50 buah misalnya, akan memakan waktu yang cukup lama. Maka dari itu, machining menjadi metode yang paling tepat untuk digunakan pada kasus ini.


Plastic machining juga dapat membantu Anda memproduksi komponen plastik yang memiliki karakteristik lebih baik dibandingkan dengan komponen plastik yang dihasilkan dari 3D printing.


Simak pembahasan di bawah ini untuk mendapatkan informasi lebih dalam seputar plastik machining.

Kapan Perlu Menggunakan Plastic Machining?

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, plastic machining menjadi metode pemrosesan plastik yang tepat digunakan untuk berbagai kasus, berikut beberapa contohnya:


  1. Memproduksi komponen plastik dengan produksi yang terbatas.
  2. Memproduksi komponen dengan ukuran yang lebih besar dari yang bisa diproduksi oleh metode injection molding.
  3. Memproduksi komponen struktural.
  4. Memproduksi komponen yang tidak bisa diproduksi dengan metode 3D printing.

Keuntungan Machining Plastik

Menggunakan metode machining dalam pengolahan plastik dapat menghadirkan keuntungan tersendiri jika dibandingkan dengan metode pemrosesan plastik lainnya, berikut bebera diantaranya:


  1. Tidak membutuhkan biaya desain dan pembuatan mold.
  2. Dapat memproduksi komponen plastik dengan lead time yang pendek.
  3. Memproduksi komponen dengan volume rendah secara ekonomis.
  4. Dapat mengakomodasi komponen dengan bagian yang tebal.
  5. Dapat memproduksi komponen dengan ukuran yang besar.

Metode Plastic Machining

CNC Machining

Computer Numerical Control (CNC) Machining memungkinkan Anda untuk menghasilkan bentuk yang kompleks pada komponen plastik. Metode ini merupakan metode otomatis yang menggunakan berbagai alat machining termasuk milling, sawing, bahkan 3D printing, yang semuanya dioperasikan via program komputer.

Milling

Milling merupakan metode machining yang menggunakan rotary cutter untuk mengikis material menjadi bentuk produk. Proses ini dapat dilakukan pada berbagai sumbu dan arah untuk memungkinkan pembuatan berbagai macam bentuk produk.

Turning

Turning merupakan metode yang ditujukan untuk pembuatan produk atau komponen yang berbentuk bulat atau melingkar.

Laser Cutting

Laser cutting adalah metode machining yang biasanya digunakan untuk akrilik dan umumnya tidak dapat digunakan untuk plastik termoset. Sama seperti CNC machining, metode ini menggunakan model komputer sebagai panduan untuk memotong bahan plastik menjadi bentuk produk akhir..

 

Proses ini dapat menghasilkan hasil akhir yang berkualitas tinggi karena laser bertenaga tinggi akan secara efektif melelehkan, membakar, atau menguapkan material non-plastik yang tidak diinginkan.

Water Jet Cutting

Dalam proses ini, jet bertenaga tinggi yang terdiri dari campuran air dan bahan abrasif digunakan untuk memotong bahan yang sangat keras. Metode ini umumnya diaplikasikan untuk memangkas plastik fibre-reinforced thermosetting, yang tidak dapat dipotong dengan pisau konvensional.

 

Karena tidak ada area komponen yang dipanaskan selama proses berlangsung, struktur keseluruhan dan sifat intrinsik material dapat tetap dipertahankan..

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Machining Plastik

  1. Cutting tools yang digunakan pada proses machining akan bergantung pada kepadatan komponen yang akan dipotong.
  2. Pada plastic machining, semakin padat material yang digunakan akan semakin baik, seperti plastik fibre-reinforced thermosetting, glass reinforced nylon, akrilik atau PEEK.


Demikian informasi mengenai plastic machining dan beberapa tipe metodenya. Jelajahi website kami untuk menemukan berbagi informasi menarik terkait plastik lainnya. Bagi pebisnis plastik, Anda juga bisa mencari berbagai kebutuhan bahan baku plastik Anda di Tokoplas, mulai dari PE, PP, PS, PET, EVA, PC, ABS, Nylon, biji plastik daur ulang, aditif plastik, film plastik, dan pallet plastik.


Temukan resin/biji plastik sesuai kebutuhan Anda hanya di Tokoplas!

Share it

Artikel Terkait