Tokoplas.com required javascript enable
Tentang Kami

Tren Pasar Global Nucleating dan Clarifying Agent sampai tahun 2026

Diposting 1 Oct 2021 di Business

Tokoplas Ecommerce Indonesia

Pasar global nucleating dan clarifying agent diprediksi mengalami pertumbuhan dari 4.4 miliar USD di tahun 2021 mencapai 6.6 miliar USD di tahun 2026, dengan CAGR (Common Annual Growth Rate) sebesar 8.3% pada periode perkiraan.


Nucleating agent adalah zat kimia yang dapat meningkatkan kristalisasi dari polimer yang merupakan semi-kristalin. Zat ini umumnya digunakan sebagai bahan aditif untuk polimer semi-kristalin yang diaplikasikan untuk meningkatkan karakteristik fisik, mekanik, dan optik dari plastik.

Faktor Pendorong dan Penghambat Pertumbuhan Pasar Nucleating dan Clarifying Agent

Faktor utama yang menjadi pendorong berkembangnya pasar nucleating dan clarifying agent adalah adanya peningkatan konsumsi plastik secara global. Peningkatan penggunaan plastik pada industri farmasi beberapa tahun belakangan ini juga menjadi katalis bagi pertumbuhan pasar aditif plastik yang satu ini.


Selain itu, terdapat juga peningkatan permintaan akan nucleating dan clarifying agent pada industri kemasan, khususnya dalam aplikasi pembuatan rigid packaging dan kemasan makanan. Hal tersebut demikian karena pengaplikasian nucleating agent dapat membantu produsen untuk mereduksi waktu yang dibutuhkan untuk memproses polimer dalam pembuatan produk. Dengan berkurangnya waktu proses, maka tentu proses produksi akan menjadi lebih efisien sehingga membantu produsen untuk lebih produktif dan menghemat pengeluaran.


Namun, terdapat berbagai hal yang diprediksi dapat menjadi penghambat bagi berkembangnya pasar nucleating dan clarifying agent. Salah satunya adalah meningkatnya kesadaran akan dampak negatif penggunaan plastik terhadap lingkungan. 

Segmentasi Pasar Nucleating dan Clarifying Agent

Pasar Nucleating dan Clarifying Agent berdasarkan Jenis Polimer

Nucleating dan clarifying agent dapat diaplikasikan pada berbagai jenis polimer semikristalin seperti polipropilena (PP), polietilena (PE), polietilena tereftalat (PET), dan masih banyak lagi.


Dari sekian jenis polimer tersebut, plastik PP diprediksi menjadi pangsa pasar terbesar bagi nucleating dan clarifying agent. PP merupakan polimer yang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk proses kristalisasi nya. Maka dari itu, nucleating dan clarifying agent digunakan untuk meningkatkan proses kristalisasi, dan karakteristik optik dari plastik ini.

Pasar Nucleating dan Clarifying Agent berdasarkan Bentuk

Nucleating dan clarifying agent tersedia di pasaran dengan berbagai macam bentuk mulai dari bubuk, granul, sampai cair.


Nucleating dan clarifying agent dengan bentuk bubuk diprediksi akan mendominasi pasar aditif plastik ini dikarenakan kemampuannya yang dapat menghasilkan tekstur yang halus bagi produk jadi dari plastik.

Pasar Nucleating dan Clarifying Agent berdasarkan Pengaplikasian

Nucleating dan clarifying agent dapat diaplikasikan dalam pembuatan berbagai macam produk plastik dari beberapa industri seperti industri kemasan, consumer products, otomotif, dan elektronik.


Dari beberapa pengaplikasian tersebut, sektor industri kemasan merupakan pasar terbesar dari nucleating dan clarifying agent.

Pasar Nucleating dan Clarifying Agent berdasarkan Region

Jika dilihat dari segmentasi pasar berdasarkan region, Asia-Pasifik merupakan region yang diprediksi akan mengalami pertumbuhan paling tinggi bagi pasar nucleating dan clarifying agent.


Pertumbuhan pasar di Asia-Pasifik utamanya didorong oleh meningkatnya daya beli dari konsumen. Dengan meningkatnya daya beli, maka permintaan akan produk-produk yang lebih berkualitas pun akan turut mengalami peningkatan. Di sini, nucleating dan clarifying agent memiliki peran yang sangat krusial untuk meningkatkan kualitas produk-produk plastik seperti kemasan makanan dan consumer products lainnya.


Demikian informasi mengenai tren pasar global nucleating dan clarifying agent beberapa tahun ke depan. Jelajahi website kami untuk menemukan berbagi informasi menarik terkait plastik lainnya. Bagi pebisnis plastik, Anda juga bisa mencari berbagai kebutuhan bahan baku plastik Anda di Tokoplas, mulai dari PE, PP, PS, PET, EVA, PC, ABS, Nylon, biji plastik daur ulang, aditif plastik, film plastik, dan pallet plastik.


Temukan resin/biji plastik sesuai kebutuhan Anda hanya di Tokoplas!

Share it

Artikel Terkait